Rabu, 15 Mei 2019 - 07:21:02 WIB
Camat Bukit Raya : Sistem Layanan Terpadu Secara Online Memudahkan Birokrasi Dengan Sistem Satu PintKategori: Riau - Dibaca: 341 kali

Baca Juga:Gubernur Terima Perwakilan Pengusaha dan Pekerja, Terkait Usulan Penetapan UMK/UMP BantenEksploitasi Pekerja oleh Outsourching di Disparbudpora SidoarjoPT POS Luncurkan Program Weselpos Rumah ZakatPT Palma Prima Plantation Diduga Sebagai Penadah Kayu Hasil Pemalakan Liar

Salah satu latar belakang dilaksanakannya reformasi birokrasi adalah kualitas pelayanan publik yang belum memenuhi harapan masyarakat.

Pekanbaru, Jaya Pos

Dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat secara transparan, professional, efektif dan efisien sebagai tolak ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik bagi percepatan reformasi birokrasi di daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan untuk meningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Salah satu latar belakang dilaksanakannya reformasi birokrasi adalah kualitas pelayanan publik yang belum memenuhi harapan masyarakat, dalam arti tingkat kepuasan masyarakat masih rendah, ditandai masih banyaknya keluhan-keluhan terhadap penyelenggara pelayanan publik, baik yang berkaitan dengan prosedur pelayanan yang masih terkesan berbelit-belit, kelambatan dalam pengurusan, biaya yang tidak terjangkau maupun sikap petugas pelayanan yang tidak mencerminkan sikap sebagai abdi masyarakat.

Oleh sebab itu pemerintah daerah diharapkan memiliki solusi dalam meningkatkan pelayanan publik sehingga posisi pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik terjadi peningkatan. Pelayanan publik di daerah dapat dilakukan dengan optimalisasi peran kecamatan dengan menggunakan Sistem Layanan Terpadu secara Online.

Salah satu Kantor Kecamatan yang sudah menggunakan Sistem Pelayanan Terpadu secara Online adalah Kecamatan Bukit Raya yang membawahi lima Kelurahan. Menurut Camat Bukit Raya, Wahyu Idris, S.Hut baru satu-satunya kantor Camat di Pekanbaru yang menggunakan sistem Online.

Sistem Layanan Terpadu adalah Sistem satu pintu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan ini terutama terlihat dari aspek waktu dan biaya pelayanan.

Menurut Wahyu Idris, “Sistem layanan terpadu secara online bertujuan untuk memudahkan Birokrasi dengan sistem satu pintu. Jika saya sedang ke luar kota, saya dapat memberikan Otorisasi tanpa perlu membubuhkan tanda tangan basah sebab sistem ini menggunakan Barcode,” jelasnya kepada Japos.co saat ditemui diruangannya.

Lanjut Wahyu, Kantor Camat Bukit Raya sudah satu tahun lebih melakukan pelayanan dengan sistem Online ini. Dengan sistem ini sangat membantu dan memudahkan Petugas dalam penguru surat-surat penting yang dibutuhkan di kalangan masyarakat yang ada di Kecamatan Bukit Raya, seperti pengurusan Surat Keterangan Domisili, Surat Keterangan Usaha dan lainnya.

Dalam menggunakan sistem Online, Pihak Kecamatan harus memiliki sarana dan prasarana di kantor masing-masing, meliputi fasilitas komputer, koneksi internet, printer, scanner, dan kebutuhan lain yang dianggap perlu untuk mengakomodir aktivitas pelayanan tersebut.

Dengan telah tersedianya fasilitas-fasilitas tersebut, baik sistem maupun sarana yang ada, pengurusan berkas administrasi masyarakat dapat dilayani dengan maksimal oleh masing-masing Kecamatan.

“Dari seluruh kantor kecamatan yang ada di pekanbaru untuk saat ini baru hanya kantor kecamatan Bukit Raya yang memiliki pelayanan dengan sistem online, tentu ini menjadi kebanggaan bagi kita semua,” tutupnya. (AH)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59565)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51425)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43940)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14911)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14184)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14013)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13751)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13212)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11106)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9192)
Bedah JayaposPengelolaan Dana Pokir Desa Bojongkeding Diduga Sarat KKNSubang, Jaya Pos Kultur perilaku korup birokrasi di negeri ini kian hari semakin kompleks dan parah. Korupsi ...


Kantor Terbengkalai Rapat Malah Digelar di Rumah KadesAnggaran Pembelian Kendaraan Roda 4 Diduga Mark Up, Kades Ciawi Berdalih Sisa Lebihnnya DisilpakanGetwien Menduga Ada Pihak Sengaja Rekayasa Kasus Menantunya Untuk Cari NamaKetua BPD Bukit Kemuning Tuding Kades Gelapkan DDKangkangi Izin, Aktivitas Mall Matahari dan Gedung Novita Pertaruhkan Nyawa Pengunjung UNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan Amburadul
Laporan KhususZAF International Semakin Diminati MasyarakatDepok, Jaya Pos ZAF International merupakan lembaga pendidikan yang berkomitmen dengan pengembangan Sumber ...


Pembangunan Tanggul Banjir Blok Pulo Direspon Positif MasyarakatApri Terima Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Wapres JKBupati OKI Buka Gerak PKK dan BBGRM XVI Rencana Proyek RSUD di Pantura Capai Rp 500 MTMMD, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-RakyatBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019