Kamis, 16 Mei 2019 - 06:14:55 WIB
Lulusan SMAN 1 Ciamis Lulusan SMAN 1 Ciamis Mendominasi PTNKategori: Pendidikan - Dibaca: 837 kali

Baca Juga:Gubernur Terima Perwakilan Pengusaha dan Pekerja, Terkait Usulan Penetapan UMK/UMP BantenEksploitasi Pekerja oleh Outsourching di Disparbudpora SidoarjoPT POS Luncurkan Program Weselpos Rumah ZakatPT Palma Prima Plantation Diduga Sebagai Penadah Kayu Hasil Pemalakan Liar

Dari 496 siswa yang diluluskan terdiri dari jurusan MIPA 358 siswa dan jurusan IPS 138 siswa dan saat ini sudah diterima di PTN sebanyak 91 orang.

Ciamis, Jaya Pos

Senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para siswa-siswi SMAN 1 Ciamis yang telah selesai menempuh pembelajaran selama di bangku sekolah dengan hasil yang patut membanggakan sekolah dan guru. Mengapa tidak, semua siswa yang menuntut ilmu di sekolah itu dinyatakan lulus, bahkan beberapa diantaranya telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia.

Dari 496 siswa yang diluluskan terdiri dari jurusan MIPA 358 siswa dan jurusan IPS 138 siswa dan saat ini sudah diterima di PTN sebanyak 91 orang diantaranya, Universitas Pajajaran (UNPAD) 21 orang, Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) 15 orang, Universitas Siliwangi (UNSIL) 7 orang, Institut Pertanian Bogor (IPB) 2 orang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 16 orang, Universitas Sebelas Maret (UNS) 1 orang, ISI Yogyakarta 1 orang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2 orang, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya (Poltekes Tasikmalaya) 7 orang, Politeknik Kesehatan Bandung (Poltekes Bandung) 7 orang, Politeknik Kesehatan Semarang (Poltekes Semarang) 6 orang, Politeknik Negeri Bandung (Polban) 4 orang, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung 1 orang, dan Politeknik Negeri Cilacap 1 orang.

“91 orang tersebut diterima melalui jalur SNMPTN, SPAN PTKIN, Politeknik Negeri, dan Poltekkes Negeri,” kata Kepala SMAN 1 Ciamis kepada para awak media seusai kegiatan wisuda purna siswa tahun ajaran 2018/2019, beberapa waktu lalu di Gedung Islamic Center Ciamis.

Menurutnya, jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Ini tentu prestasi yang patut dibanggakan, mudah-mudahan prestasi tersebut tahun berikutnya bisa lebih ditingkatkan lagi. Kepada siswa yang belum lolos dari jalur SNMPTN, masih ada kesempatan untuk melalui jalur SBMPTN.

Saat ini dari jumlah 496 siswa, 99% melanjutkan ke perguruan tinggi sebanyak 91 sudah diterima di PTN jalur SNMPTN. Sisanya di jalur SBMPTN sambil menunggu hasil dari Perguruan Tinggi lainnya. Melihat kemampuan yang dimiliki para siswa, H Wawan optimistis mereka bisa diterima di Perguruan Tinggi sesuai yang diharapkan.

Komite SMAN 1 Ciamis, R Dida Yudanegara SH MSi mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih para siswa-siswi tersebut. Meski begitu, Dida berharap prestasi tersebut agar lebih ditingkatkan lagi. Karena di Kabupaten Ciamis persentase siswa yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi masih kalah jika dibandingkan dengan di Bandung dan kota lainnya.

Untuk itu, Dida mengajak para pemangku kepentingan pendidikan, terutama kepada kepala sekolah dan guru untuk dapat memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan perilaku yang berbasis kasih sayang dan toleran terhadap realitas keanekaragaman.

“Pembangunan bidang pendidikan kini menjadi salah satu pilar terpenting di Kabupaten Ciamis sehingga pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar, maka itu mari kita dukung bersama. Kepada siswa yang telah tamat, saya ucapkan selamat, saya merasa bangga atas pencapaian peningkatan pendidikan di SMAN 1 Ciamis yang grafiknya setiap tahun selalu naik,” katanya.

Selain itu dirinya meminta kepada adik-adik kelasnya, dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang selama ini dimiliki dalam kehidupan bermasyarakat dan selalu menjaga nama baik almamater SMAN 1 Ciamis dimanapun berada.

Senada diutarakan Kepala KCD Wilayah XIII Provinsi Jawa Barat Drs H Muhammad Suryasa. Menurutnya, atas pencapaian prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2018/2019 sebagai bukti dari hasil pembinaan para guru dan kerja keras siswa itu sendiri untuk menggapai apa yang dicita-citakan.(Mamay)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59356)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51229)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (32156)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14701)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13989)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13830)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13588)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13001)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9830)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9008)
Bedah JayaposSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruPihak Firman Tampubolon sudah pernah membuat Laporan Polisi dengan No. LP/48/I/2009 tertanggal 13 ...


Gus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ? Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR Proyek U-ditch Dukuh Menanggal III Terindikasi dicurangi Pejabat Pemeriksa, Dinas Tutup Mata?Diduga Oknum DPRD Labuhanbatu Kerjakan Proyek Siluman di Kecamatan PangkatanDugaan Kegiatan Fiktif di Desa Kedung BocokAda Apa Dengan JPU, Otak Pengeroyokan dan Perusakan Dituntut 10 Bulan Penjara
Laporan KhususPatik Dalam Kehidupan BatakCatatan: Aliman Tua Limbong (Wartawan Jaya Pos) - Bagian ke Sepuluh Pada tulisan terdahulu sudah dipaparkan ...


Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018 Pemkab OKI Gelar Safari RamadhanKedua Kalinya, Sergai Raih WTP dari BPK RIPemilu Sudah Usai Saatnya Duduk Bersama Membangun DaerahTanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional