Kamis, 16 Mei 2019 - 06:33:19 WIB
DD Tahap I Sudah Bisa Dicairkan Tahun 2019, Menyerap APBN Sebesar 254 MKategori: Jawa Barat - Dibaca: 803 kali

Baca Juga:SMPN 10 Kota Sukabumi Sekolah Unggulan OlahragaGubernur Terima Perwakilan Pengusaha dan Pekerja, Terkait Usulan Penetapan UMK/UMP BantenEksploitasi Pekerja oleh Outsourching di Disparbudpora SidoarjoPT POS Luncurkan Program Weselpos Rumah Zakat

Ciamis, Jaya Pos

Dana Desa (DD) Tahun 2019 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk seluruh desa di Kabupaten Ciamis mengalami kenaikan kurang lebih Rp 37 miliar dari tahun sebelumnya.

“Tahun 2018 lalu DD sekitar Rp 217 miliar dan tahun 2019 ini mencapai Rp 254 miliar, artinya ada kenaikan sekitar 17 persen,“ ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis H Lily Romli SH MM melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pembinaan Kemasyarakatan, Aman S STP MSi.

Menurutnya, jika dirata-ratakan anggaran 213,8 miliar jika dibagi ke 258 desa, maka setiap desa akan mendapat porsi dana desa Rp 900 juta/tahun. “Hanya pada kenyataannya setiap desa berbeda-beda jumlah dana desanya, tergantung Indeks Membangun Desa (IMD) nya. IMD terbagi ke dalam beberapa kategori, yakni desa mandiri, maju, berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan jumlah dana desa yang diterimanya,” tutur Aman.

Desa kategori tertinggal, kata Aman, tentu akan mendapatkan dana desa lebih besar dari desa mandiri atau maju. “Tahun 2019 ini, untuk dana desa terbesar yakni Desa Sumber Jaya Kecamatan Cihaurbeuti senilai Rp 1,3 miliar dan terendah Desa Kawali Mukti Kecamatan Kawali Rp 813 juta.

Penyaluran dilaksanakan seperti tahun lalu, yakni 3 tahap. Kendati belum ada turun DD, namun roda pemerintahan di setiap pemerintahan desa di Kabupaten Ciamis tetap berjalan lancar. Pasalnya, peruntukan DD hanya untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, sedangkan untuk operasional desa, siltap dan lain sebagainya itu dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang sumber­nya dari APBD.

Dana Desa Cair

Lebih jauh Aman menjelaskan bahwa untuk DD Tahap I terhitung 22 April sebanyak 78 desa sudah menerima transferan ke rekening bank masing-masing desa.

“Bagi desa yang sudah memenuhi persyaratan usulan pencairan, kita proses dan ajukan ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ciamis. Nanti BPKD memperivikasi kembali usulan dari pihak desa, kalau lengkap langsung dicairkan,” jelasnya.

Pihaknya mengaku sudah mengusulkan sebanyak 111 desa ke BPKD. Namun pencairan dilakukan bertahap, baru bisa sebanyak 78 desa. “Sisanya secepatnya cair, dan kami himbau bagi yang belum mengusulkan pencairan DD tahap I agar segera mengusulkan. Penyaluran Dana Desa akan dilaksanakan tiga tahap, tapah pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen,” kata Aman.

Di tempat terpisah Kepala BPKD Kabuapten Ciamis Drs HM Soekiman mengatakan, pencairan DD tahap I harus dilakukan secepatnya, karena pihaknya tidak punya waktu banyak. Anggaran sudah ada di kas daerah, yang sudah masuk usulannya dan sudah dinyatakan lengkap segera dicairkan. Pihaknya juga menghimbau kepada yang belum melengkapi persyaratan untuk segera melengkapinya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59356)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51229)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (32155)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14701)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13989)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13830)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13588)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13001)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9830)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9008)
Bedah JayaposSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruPihak Firman Tampubolon sudah pernah membuat Laporan Polisi dengan No. LP/48/I/2009 tertanggal 13 ...


Gus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ? Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR Proyek U-ditch Dukuh Menanggal III Terindikasi dicurangi Pejabat Pemeriksa, Dinas Tutup Mata?Diduga Oknum DPRD Labuhanbatu Kerjakan Proyek Siluman di Kecamatan PangkatanDugaan Kegiatan Fiktif di Desa Kedung BocokAda Apa Dengan JPU, Otak Pengeroyokan dan Perusakan Dituntut 10 Bulan Penjara
Laporan KhususPatik Dalam Kehidupan BatakCatatan: Aliman Tua Limbong (Wartawan Jaya Pos) - Bagian ke Sepuluh Pada tulisan terdahulu sudah dipaparkan ...


Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018 Pemkab OKI Gelar Safari RamadhanKedua Kalinya, Sergai Raih WTP dari BPK RIPemilu Sudah Usai Saatnya Duduk Bersama Membangun DaerahTanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional