Jumat, 17 Mei 2019 - 06:56:11 WIB
Bekali Mental Anak Didik, SMKN 1 Kawali Gandeng Kodim 0613 dan BNNK CiamisKategori: Pendidikan - Dibaca: 65 kali

Baca Juga:SMPN 10 Kota Sukabumi Sekolah Unggulan OlahragaGubernur Terima Perwakilan Pengusaha dan Pekerja, Terkait Usulan Penetapan UMK/UMP BantenEksploitasi Pekerja oleh Outsourching di Disparbudpora SidoarjoPT POS Luncurkan Program Weselpos Rumah Zakat

Ciamis, Jaya Pos

SMK Negeri 1 Kawali melaksanakan kegiatan Pembinaan Bela Negara (PBN) dalam rangka pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bertempat di lapangan sekolah Jl Talagasari No 35 Kawali, beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala SMKN 1 Kawali Drs H Hadi Sumantoro MPd, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa-siswi Kelas XI peserta PKL yang jumlahnya 430 orang disebar ke beberapa instansi dan lembaga yang ada di Kabupaten Ciamis. “Kegiatan ini bekerjasama dengan beberapa instansi salah satunya menghadirkan nara sumber dari Kodim 0613/Ciamis dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kata H Hadi, saat ini masalah narkoba sudah sangat mengkhawatirkan semua pihak terutama di kalangan dunia pendidikan, dimana para korban yang menyalahgunakan tidak hanya orang dewasa saja namun sudah menyasar anak yang masih duduk di bangku sekolah.
Selanjutnya Kepala BNNK Ciamis melalui Konselor dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis Rachman Haerudin SSos memaparkan materinya Lawan Narkoba dengan Prestasi.

“Penyalahgunaan narkoba sangat rentan di kalangan remaja, karena 3 faktor yaitu faktor keluarga yang disebabkan kurangnya perhatian orang tua dan jarangnya komunikasi antara anak dan orang tua sehingga anak cenderung berkomunikasi di luar dengan teman sebayanya, faktor individu anak yang cenderung menutup diri terhadap permasalahan yang ada akan menimbulkan dampak putus asa akan dirinya dan faktor lingkungan dimana lingkungan di luar rumah lebih rentan untuk anak melakukan hal-hal yang negatif karena kurangnya pengawasan dari orangtua,” jelas Rachman.

Adapun hal penting yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi masalah narkoba, ungkap Rachman adalah dengan 5M diantaranya, menciptakan satgas anti narkoba, menciptakan lingkungan bersih narkoba, melaporkan bila ada peredaran narkoba di lingkungan sekolah, menyampaikan pesan-pesan anti narkoba dalam setiap pertemuan/kegiatan serta membantu teman yang menjadi korban penyalahguna narkoba.

Rachman mengajak kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini untuk senantiasa mengisi waktunya dengan yang bermanfaat dan tetap fokus pada tugas pokoknya yaitu untuk belajar dengan sungguh-sungguh untuk mengejar prestasi tanpa narkoba.
Masih di tempat yang sama, setelah mendapat pelajaran berharga dari BNNK Ciamis para pelajar SMKN 1 Kawali mendapat bimbingan dari Kodim 0613 Ciamis tentang masalah bela negara.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio saat memberikan materi tentang wawasan kebangsaan dan bela negara bagi siswa-siswi SMKN 1 Kawali, di lapang olah raga, Kamis (11/4) menegaskan, sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki jiwa patriot dan nasionalisme yang tingi, serta memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila.

Menurut Tri, tujuan penyampaian materi bela negara kepada para pelajar adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi siswa dan siswi yang merupakan generasi muda penerus bangsa.

Tri menyebutkan kegiatan ini merupakan program waba Kodim 0613 Ciamis dalam pembekalan para siswa yang akan melakukan PK. Diharapkan para siswa-siswi agar bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat saat mengikuti kegiatan latihan.

“Kami berharap seluruh peserta sudah mempunyai cita-cita. Orang yang malas, masa depannya akan suram. Kita juga harus tetap terjaga jangan terpengaruh negara asing yang tidak sesuai budaya kita. Percaya kepada Tuhan dan selalu berdo’a maka masa depan ada di tangan kita,” pungkasnya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59628)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51482)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48823)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14065)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13291)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11774)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9257)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019