Jumat, 17 Mei 2019 - 07:02:58 WIB
Selama Bulan Ramadhan, Satpol PP Himbau Perusahaan Hiburan dan Rumah Makan Atur Jam OperasionalKategori: Jawa Barat - Dibaca: 91 kali

Baca Juga:SMPN 10 Kota Sukabumi Sekolah Unggulan OlahragaGubernur Terima Perwakilan Pengusaha dan Pekerja, Terkait Usulan Penetapan UMK/UMP BantenEksploitasi Pekerja oleh Outsourching di Disparbudpora SidoarjoPT POS Luncurkan Program Weselpos Rumah Zakat

Ciamis, Jaya Pos

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ciamis menghimbau para pemilik warung nasi, rumah makan, perusahaan catering, dan perusahaan hiburan untuk tidak beroperasi siang hari atau jam operasionalnya diatur pada bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

Plt Kasat Pol PP Kabupaten Ciamis Drs Dedi Iwa Saputra menegaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan selama bulan suci ramadhan dengan cara menghimbau para pelaku usaha makanan dan perusahaan hiburan.

Diharapkan pada bulan suci ramadhan ini sesuai dengan edaran Bupati jangan beroperasi pada siang hari dan kepada para penghuni kos-kosan untuk menjaga etika dengan tidak menyalahgunakan kos-kosan untuk berbuat hal-hal yang dilarang oleh norma-norma agama. Maka dari itu, kepada para pemilik kos-kosan untuk memperingatkan penghuninya bilamana terjadi penyimpangan penyalahgunaan keberadaan kos-kosan.

Menurutnya, di bulan suci ramadhan ini lebih baik diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya dengan memperdalam ilmu dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Ramadhan jangan dinodai oleh perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan norma agama.

Selama bulan suci ramadhan ini kita harus benar-benar khusu menjalankan ibadah puasa, jangan ada gangguan yang membuat ibadah puasa terganggu dan jangan jadikan warung nasi untuk tempat nyemen selama bulan puasa. Masyarakat senantiasa menciptakan sikap tasamuh (toleransi) dalam menjalankan ajaran agama masing-masing. Mengindari perbuatan tercela yang mengarah pada perjudian, minuman keras, prostitusi, tindakan anarkis, dan main hakim sendiri,” jelas Dedi.

Apabila para pelaku usaha makanan dan hiburan tetapi beroperasi di siang hari selama bulan suci ramadhan, kata Dedi, pihaknya tidak akan segan-segan bertindak sesuai aturan yang berlaku. “Kami berharap para pelaku usaha makanan dan hiburan bisa bekerjasama dan harus menghargai orang yang sedang berpuasa. Saya juga meminta agar masyarakat tidak memperjualbelikan dan membunyikan petasan, bedil lodong, serta sejenisnya,” katanya.

Disinggung himbauan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Ciamis untuk tidak melakukan perilaku yang tidak sesuai norma agama selama bulan suci ramadhan, menurut Dedi, sudah ada himbauan langsung dari Bupati kepada ASN yang sudah diedarkan ke setiap SKPD.

Sementara pantauan Jaya Pos, sidak Satpol PP Kabupaten Ciamis, Senin (6/5) ke sejumlah titik warung nasi mulai dari sekitaran Pasar Ma­nis Ciamis, Terminal Ciamis hingga Jl Tentara Pelajar, para petugas memasang selebaran himbauan di depan warung supaya tidak buka pada siang hari. Dari sidak tersebut, petugas menemukan warung yang masih menjajakan makanan siap saji dan terlihat ada bekas orang makan.

“Kita mendapati satu warung nasi yang buka dan menjajakan makanan siang hari, disitu ada bekas orang makan. Padahal sebelumnya, Pemkab melalui Satpol PP telah memberi himbauan supaya tidak berjualan pada siang hari. Namun pada hari pertama bulan ramadhan, tetap saja masih ditemukan warung nasi yang masih buka dan melayani pelanggannya, “ ujar Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Ciamis Yudi Brata saat melakukan operasi dan pemasangan himbauan di sekitar Pasar Manis Ciamis.

Untuk sanksinya, kata Yudi, bagi yang buka memang tidak ada, tetapi kalau mengganggu ketertiban umum dan masyarakat akan kita tutup. Sebetulnya bukan tidak boleh berjualan, tapi tidak boleh melayani di tempat. “Kita telah memasang himbauan di 34 titik berdasarkan edaran Bupati Ciamis 30 April 2019 perihal amaliyah ramadhan 1440 H/2019. Bagi pemilik warung makan dan restoran untuk tidak melakukan pelayanan bagi konsumen pada waktu puasa yang waktunya pagi sampai sore sekitar pukul 15.00 WIB. Jadi setelah lewat jam tersebut, diperbolehkan karena persiapan buka puasa,” katanya.

Selain melakukan sidak, petugas Satpol PP juga melakukan operasi pekat di sejumlah rumah kosan. Hasilnya ditemukan ada dua pasang remaja yang berada di kamar tertutup. Petugas kemudian mendata dan melakukan pembinaan langsung, lalu dikembalikan lagi ke orang tuanya. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59629)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51482)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48824)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14065)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13291)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11774)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9257)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019