Sabtu, 18 Mei 2019 - 16:15:35 WIB
Kampung KB 'Magot'Siap Bersaing di Tingkat JabarKategori: Jawa Barat - Dibaca: 69 kali

Baca Juga:Borok Kinerja Kadiskominfo Anambas Mulai TerkuakSMPN 10 Kota Sukabumi Sekolah Unggulan OlahragaGubernur Terima Perwakilan Pengusaha dan Pekerja, Terkait Usulan Penetapan UMK/UMP BantenEksploitasi Pekerja oleh Outsourching di Disparbudpora Sidoarjo

Ciamis, Jaya Pos

Pemerintah Desa Pawindan Kecamatan Ciamis bersama Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Ciamis menggelar kegiatan Pelatihan Pengelola Kampung KB Masyarakat Gotong Royong (Magot) Dusun Pasirpeuteuy Desa Pawindan, beberapa waktu lalu. Kegiatan diikuti sekitar 50 orang, terdiri dari para pengelola kampung KB Magot, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.

Kepala Seksi Pengendalian Penduduk DP2KBP3A Kabupaten Ciamis Ir Jaffar Sidik MSi didampingi Kasi Penyuluhan dan Penggerak Drs Yoyo MSi menyebut kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas Kampung KB ke arah yang lebih baik lagi. Apalagi Kampung KB Magot akan mengikuti lomba tingkat Provinsi Jawa Barat yang penilaiannya dilaksanakan Juni 2019 nanti.

“Kampung KB ini harus terus meningkatkan kualitasnya dengan kepengurusan yang aktif semua, partisipasi masyarakat meningkat, keterlibatan lintas sektoral semakin banyak, dukungan anggaran baik dari pemerintah pusat, APBD meningkat, juga partisipasi masyarakat meningkat. Yang paling penting dampak adanya Kampung KB ini harus dirasakan masyarakat, seperti peningkatan kesejahteraan, derajat kesehatan, pendidikan, kepesertaan KB meningkat dan lainnya,” kata Jaffar.

Lebih lanjut pihaknya optimis Kampung KB Magot bisa menjadi juara lomba di tingkat Provinsi Jawa Barat. Pasalnya Kampung KB Magot Pasirpeuteuy sudah mandiri sejak dibentuk. Selain itu kerap menjadi sasaran studi banding pemerintah dari luar daerah, terakhir kunjungan dari Sulawesi. “Kita inginkan Kampung KB Magot ini jadi percontohan di Kabupaten Ciamis juga luar daerah,” tandasnya.

Sementara Drs Yoyo MSi menambahkan, Kampung KB di Kabupaten Ciamis saat ini jumlahnya mencapai 85. Awal dibentuk yakni Kampung KB Kali Aren Desa Banjarangsana Kecamatan Panumbangan tahun 2016. Kampung KB Kali Aren juga ikut lomba tingkat Provinsi Jawa Barat kategori pembentukan tahun 2016. “Kalau Kampung KB Magot masuk ke lomba tingkat provinsi yang dibentuk tahun 2017,” katanya.

Di lain sisi, Camat Ciamis Drs H Yayat mengaku bangga sebab di Kecamatan Ciamis ada Kampung KB Magot yang sudah maju. Jika melihat partisipasi masyarakat serta peran pemerintahan desa, sinergitas beberapa dinas instansi yang mendukung Kampung KB Magot, pihaknya optimis bisa menjadi juara tingkat provinsi dan mewakili Jabar ke tingkat nasional. “Persiapan tinggal membangun tugu dan gapura Kampung KB Magot, sudah dianggarkan di Dana Desa oleh pemdes Pawindan,” katanya.

Dikatakan, pasca dibentuk Kampung KB Magot sudah banyak memberikan perubahan, termasuk pegiat pengolahan sampah ada kampung KB, ada Bank Sampah. “Masyarakat bisa memilah sampah dan bisa ke Bank Sampah agar bernilai ekonomis,” tandas­nya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59432)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51306)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (36790)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14781)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14082)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13899)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13656)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13083)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10195)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9078)
Bedah JayaposKejati Kalteng Telisik Dugaan Korupsi Proyek Jalan Kapuas Seberang Senilai Rp 5,8 MPalangka Raya, Jaya Pos Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Tengah (Kalteng), saat ini tengah menelisik ...


APBDes Kedungwonokerto Jadi Ajang Cari Untung ?Tim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudWarga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM BersubsidiSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruGus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ?
Laporan KhususDPRD Lahirkan Perda Inisiatif Kepemudaan dan Mengkritisi Kinerja PemkoBukittinggi, Jaya Pos Sidang Paripurna DPRD Kota Bukittinggi yang berlangsung selama tiga hari sejak Rabu ...


Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Pangkal Duri, Fachrori: Jangan Lama-lama Bersedih, Segeralah Pemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutPemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan SumutPatik Dalam Kehidupan Batak Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya Bersilaturrahim