Rabu, 22 Mei 2019 - 06:47:14 WIB
Gubernur Jambi Buka Rapat Regional Wilayah Sumatera Ke IIIKategori: Jambi - Dibaca: 125 kali

Baca Juga:7 Jenderal di Balik Simulator Abal-abalIzin Gangguan Diragukan, Pengoperasian SPBE Milik PT PMA Resahkan WargaPekerjaan Drainase Km 177 Tambarana Poso Roboh, Kontraktor Harus BertanggungjawabWawan Ridwan, Sekdes Gandawesi Dituding Dalangi Pemberitaan Sepihak

Jambi, Jaya Pos

Gubernur Jambi Fachrori Umar membuka rapat regional KI Wilayah Sumatera ke III 2019 di Abadi Hotel Jambi, Rabu (15/5/2019).
Fachrori Umar mengatakan, sebagaimana diketahui keterbukaan informasi merupakan salah satu upaya mendorong akuntabilitas pemerintahan kepada masyarakat.

Sebab adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mengharuskan kinerja perangkat daerah atau semua lembaga publik baik lembaga publik pemerintah maupun swasta wajib transparan dalam melakukan kegiatannya.

“Apabila ada yang menanyakan, (baik dari lembaga maupun perorangan) terkait progres kegiatannya, maka berdasarkan amanat UU itu wajib dijawab, karena hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan Keterbukaan Informasi Publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik,” kata Fachrori Umar dalam sambutannya.

Oleh karenanya, keberadaan komisi informasi sebagai lembaga negara di Indonesia yang mengawal keterbukaan informasi publik juga diharapkan memberikan stimulan pembangunan yang berdemokrasi dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan bebas korupsi, sehingga melalui Rapat Koordinasi Regional KI Wilayah Sumatera ke III 2019 ini diharapkan ada persamaan pandangan dan hubungan yang sinergis antara Komisi Informasi Pusat dengan Komisi Informasi Daerah.

“Sejalan dengan hal itu, maka rakor ini merupakan bagian penting dalam menghadapi Rakornas KI se Indonesia nantinya dan melalui forum ini saya sangat berharap agar kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dapat segera membentuk lembaga Komisi Informasi di masing-masing daerah, sesuai dengan amanah undang-undang tersebut,” katanya.

Keikutsertaan para Komisioner Komisi Infomasi dan Dinas Kominfo Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi pada hari ini, salah satunya adalah untuk mewujudkan komitmen Pemerintah dalam mendorong peningkatan transfaransl Pemerintahan dan/atau badan public dalam menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

“Inilah salah satu hal kenapa hari ini kita berada disini, karena Komitmen Pemerintah, Gubernur, Bupati dan Walikota merupakan kunci keberhasilan terselenggaranya keterbukaan informasi di seluruh aspek Pemerintahan,” ujarnya.

Dirinya mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Jambi siap untuk strategi komisi infomasi mewujudkan putusan progresif melalui mekanisme penyelesaian sengketa informasi dalam mendorong peningkatan transparasi badan publik sektor sumber daya alam.

“Saya berharap dapat menggunakan kesempatan ini dengan sungguhsungguh. Memberikan masukan dan saran konstruktif, sehingga mampu menghasilkan komitmen pemerintah daerah terhadap Keterbukaan Informasi dalam upaya mewujudkan Visi Jambi TUNTAS 2021,” harapnya. (Rizal/Revi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59701)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52466)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51553)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15043)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14310)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14134)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13852)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13359)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12433)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9334)
Bedah JayaposPembangunan Infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya Disinyalir Ada KongkalikongDharmasraya, Jaya Pos Pembangunan yang sudah selesai maupun yang tengah berjalan di Kabupaten Dharmasraya ...


Eksekusi bergaya premanisme, Hendra Laporkan ACC Finance ke BPSK Bukittinggi Kasus Tanah Kas Desa RancaudikTerkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RAB
Laporan KhususBupati H Ade Sugianto Melantik Direktur Operasional Pd BPR Artha Galunggung Kabupaten TasikmalayaTasikmalaya, Jaya Pos Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S. IP melantik Direktur Operasional PD Bank ...


Pemdes Sukaramai Jalin Kerjasama Dengan Praktisi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tentang PerikaKetua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliPolsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik