Sabtu, 15 Juni 2019 - 06:23:11 WIB
Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Pangkal Duri, Fachrori: Jangan Lama-lama Bersedih, Segeralah Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 61 kali

Baca Juga:Dinkes Kab Inhu Dituding Selewengkan Dana Jamkesda dan JampersalGara-Gara Cemburu Suami Tega Bunuh IsteriDituding Menipu, Evi Suryawati Menjadi Terdakwa7 Jenderal di Balik Simulator Abal-abal

Jambi, Jaya Pos

Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar MHum menyerahkan bantuan bagi para korban kebakaran di Desa Pangkal Duri Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kamis (23/5).

Fachrori berpesan dan menghimbau seluruh warga yang menjadi korban kebakaran tersebut supaya tidak lama-lama bersedih, dan segera bangkit.
Gubernur juga mengimbau warga Desa Pangkal Duri untuk bersabar. “Ini cobaan dari Allah SWT dan terus berdo’a agar semua keadaan lebih baik lagi,” ujarnya saat memberikan bantuan bagi korban kebakaran.

Turut mendampingi Gubernur dalam peninjauan ini, Bupati Tanjung Jabung Timur H Romi Harianto, unsur Forkompimda Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Staf Ahli Gubernur Jambi Asraf, Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni D, Kepala Biro Kesramas Provinsi Jambi Arsyarnedi, Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi Johansyah.

Bantuan dari pemprov berupa logistik, makanan siap saji, dan perlengkapan untuk kebutuhan dasar bahan sandang dengan total nilai Rp71.737.406. Selain itu, bantuan dana tahap pertama dari para OPD Pemprov Jambi, Bazda, dan Ikatan Jurnalis Provinsi Jambi (IJPJ) Provinsi Jambi senilai Rp 73.876.000.

Gubernur menemui para korban kebakaran dan menyampaikan rasa duka terkait musibah yang melanda warga Desa Pangkal Duri dan berharap kepada korban dapat bersabar, tidak larut dalam kedukaan dan kesedihan, tidak putus harapan, namun tetap semangat, terus berdoa dan berusaha.
“Atas nama Pemprov Jambi dan pribadi, saya turut berduka atas musibah yang melanda warga Desa Pangkal Duri, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran karena ini semuanya ujian dari Allah,” ujar Gubernur yang mengaku waktu kejadian sedang melaksanakan tugas di Jakarta.

Dirinya menambahkan, karena padatnya kegiatan sehingga baru kali ini bisa datang ke Desa Pangkal Duri. “Begitu saya mendengar kejadian ini, saya langsung memerintahkan para OPD terkait untuk segera membantu para korban bencana kebakaran tersebut. Kita jangan berlama-lama bersedih, segeralah bangkit dan kita bersama-sama bangun kembali rumah, mudah-mudahan lebih bagus lagi, mungkin dibalik ini ada hikmahnya,” kata Fachrori.

Selain itu, Fachrori minta para korban kebakaran hendaknya tidak terlalu larut dalam kesedihan. Sebab, setiap kejadian mengandung hikmah. “Yang namanya hikmah datangnya pasti besok atau belakangan. Yakinlah, ada rencana Allah lebih baik dan insya Allah akan ditambah dengan cara tidak kita duga,” ujar Fachrori.

Sebelumnya, Bupati Tanjung Jabung Timur H Romy Harianto menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jambi di tengah-tengah warga. “Sewaktu kejadian beliau langsung menghubungi saya melalui telepon, untuk segera diatasi secepatnya. Kami atas nama warga Tanjung Jabung Timur mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, kehadiran beliau di sini bentuk kecintaan, perhatian, dan kepedulian kepada kita semua,” ungkap bupati.

“Sebelumnya, Pemkab Tanjung Jabung Timur telah menyalurkan bantuannya dan insya Allah dari Kementerian Sosial RI akan turun me­ninjau lokasi, kami akan usa­hakan setiap rumah korban kebakaran akan mendapatkan Rp30 juta ditambah lagi bantuan lainnya,” pungkas Romy.

Kepala Desa Pangkal Duri Khalikin mengatakan, kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar karena daerah tersebut me­rupakan pusat ekonomi desa, terdapat gudang pengumpul pinang, kelapa, dan sawit.

Khalikin mengatakan, kejadian terjadi sangat cepat dalam waktu 1 jam sudah mencapai radius 20 meter. ”Berdasarkan data yang kami catat, kerusakan rumah akibat kebakaran ada sekitar 67 rumah hangus (rusak berat), 2 rusak sedang, dan 6 rusak ringan, serta terdapat 1 orang korban luka bakar. Terdapat 73 KK (208 jiwa) kehilangan rumah­nya,” pungkas Khalikin.

Sementara itu, Gubernur Jambi melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Johansyah SE ME mengucapkan terimakasih kepada Ikatan Jurnalis Provinsi Jambi (IJPJ) yang telah berpartisipasi menyumbangkan dana kepada korban kebakaran di Desa Pangkal Duri, yang sudah diserahkan langsung kepada kepala desa Pangkal Duri.(Adv/Rizal)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59556)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51413)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43429)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14903)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14179)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14004)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13741)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13201)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11022)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9180)
Bedah JayaposGetwien Menduga Ada Pihak Sengaja Rekayasa Kasus Menantunya Untuk Cari NamaRiau, Jaiya Pos Terkait tuduhan dan fitnah yang tersebar di berbagai media yang menyebutkan bahwa Mindo ...


Ketua BPD Bukit Kemuning Tuding Kades Gelapkan DDKangkangi Izin, Aktivitas Mall Matahari dan Gedung Novita Pertaruhkan Nyawa Pengunjung UNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan Rawamang
Laporan KhususBupati OKI Buka Gerak PKK dan BBGRM XVI Kayuagung, Jaya Pos Posisi stategis Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, yang ...


Rencana Proyek RSUD di Pantura Capai Rp 500 MTMMD, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-RakyatBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di Manado