Minggu, 16 Juni 2019 - 07:25:23 WIB
Ade Yasin: Dengan Semangat Pancakarsa Wujudkan Visi Kabupaten Termaju, Nyaman dan BerkeadabanKategori: Bogor - Dibaca: 87 kali

Baca Juga:Dinkes Kab Inhu Dituding Selewengkan Dana Jamkesda dan JampersalGara-Gara Cemburu Suami Tega Bunuh IsteriDituding Menipu, Evi Suryawati Menjadi Terdakwa7 Jenderal di Balik Simulator Abal-abal

Bogor, Jaya Pos

Peringatan Hari Jadi Bogor ke 537 dilaksanakan di halaman Tegar Beriman Cibinong, Rabu (12/6). Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Forum Pimpinan Daerah (FPD) dan masyarakat menggelar upacara yang dipimpin Bupati Bogor Ade Yasin, selaku inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Bupati Ade Yasin mengatakan hasil-hasil pembangunan pada masa bakti Bupati Bogor tahun 2013-2018 telah memberikan andil yang cukup besar bagi pembangunan di Kabupaten Bogor. Perekonomian Kabupaten Bogor tumbuh hingga mencapai angka 6,2 persen, naik sebesar 0,01 persen dari tahun sebelumnya.

Demikian pula dengan nilai PDRB atas harga berlaku yang mencapai 221,55 triliun rupiah, naik 19,62 triliun rupiah dari tahun sebelumnya. Di sisi lain, penanganan kemiskinan melalui berbagai sektor telah berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi 7,14 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai angka 8,57 persen, pengangguran di tahun 2018 mencapai angka 9,08 persen, turun sebesar 0,47 persen dari tahun 2017 yang mencapai 9,55 persen.

“Sampai dengan tahun 2018, penduduk Kabupaten Bogor tumbuh menjadi 5,84 juta jiwa, naik sebesar 2,2 persen dari tahun 2017 yang mencapai 5,71 juta jiwa, meskipun secara laju, Pemkab Bogor telah berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,06 persen,” ujarnya.

Bupati juga bertekad pada masa bakti tahun 2018-2023 untuk membawa Kabupaten Bogor terus maju dan berkembang ke arah yang lebih baik, terutama dengan melaksanakan visi dan misi yang akan ditetapkan dalam peraturan daerah tentang rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor tahun 2018-2023.

“Dalam hal ini, upaya memajukan Kabupaten Bogor harus tercermin dari visi mewujudkan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban. Maju memiliki makna bahwa perolehan pembangunan Kabupaten Bogor memiliki laju yang masif, bisa menandingi laju pencapaian pembangunan di tingkat Jawa Barat maupun Nasional,” tambahnya.

Adapun Nyaman menurut Ade Yasin memiliki makna bahwa Kabupaten Bogor dapat menjadi kabupaten yang nyaman untuk beraktifitas, nyaman sebagai hunian dan ramah untuk berinvestasi. Dan Berkeadaban memiliki makna bahwa masyarakat Kabupaten Bogor senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan melestarikan budaya, menjadi parameter di Indonesia sebagai wilayah yang mampu menjadi simbol masyarakat Indonesia yang ramah, toleran dan berakhlakul karimah.

“Untuk mewujudkan visi ini serta sejalan dengan tema Hari Jadi Bogor tahun ini, yakni dengan semangat pancakarsa, kita wujudkan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban. Saya meminta dukungan semua elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk membumikan program-program pancakarsa, dengan semangat dan tujuan agar masyarakat Kabupaten Bogor cerdas, sehat, maju, membangun, dan berkeadaban. Guna menjamin tercapainya tujuan tersebut, Pemkab telah menyiapkan 32 indikator yang dapat digunakan untuk mengukur berapa besar keberhasilan program-program pancakarsa yang telah dicanangkan tersebut dalam seluruh sektor pembangunan,” katanya.

Ia juga menuturkan pembangunan daerah Kabupaten Bogor harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan dengan kualitas dan kuantitas yang lebih baik, terutama dalam upaya menekan pertumbuhan penduduk, menurunkan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dengan seluruh potensi dan peluang yang dimiliki. “Kita akan mampu mewujudkan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban,” tegasnya.

Dalam lima tahun ke depan, Pemkab Bogor akan berupaya mencerdaskan dan membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat usia sekolah untuk bersekolah tanpa kendala, memberikan jaminan pelayanan kesehatan tanpa pandang bulu kepada seluruh masyarakat, terutama bagi masyarakat miskin, akan membantu membuka dan mencarikan lapangan kerja untuk mengurangi jumlah masyarakat miskin melalui aktivitas ekonomi berbasis masyarakat dalam bingkai pengembangan sport and tourism, akan membuka akses jalan dan transportasi umum yang baik dan berkualitas untuk mendukung perputaran roda perekonomian masyarakat, serta membangun banyak ruang publik untuk masyarakat dan mempercantik kota guna meminimalisir kawasan kumuh.

“Mari kita dukung bersama seluruh program pancakarsa, karena pada hakikatnya pembangunan daerah Kabupaten Bogor dilaksanakan oleh kita, dari kita dan untuk kita, dengan bersinergi, bekerja keras dan bekerja cerdas,” ungkapnya.

Bupati menambahkan, mengingat pada kesempatan peringatan Hari Jadi Bogor tahun ini terdapat 43 orang penerima anugerah Tegar Beriman Awards yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara, aparatur militer dan kepolisian serta masyarakat umum.

“Saya mengucapkan selamat, semoga penghargaan tersebut menjadi sumber motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi dalam bidang masing-masing de­ngan tujuan utama meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mendorong kemajuan pembangunan Kabupaten Bogor secara menyeluruh,” tandasnya.(Ric)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59556)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51413)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43430)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14903)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14179)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14004)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13741)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13201)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11022)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9180)
Bedah JayaposGetwien Menduga Ada Pihak Sengaja Rekayasa Kasus Menantunya Untuk Cari NamaRiau, Jaiya Pos Terkait tuduhan dan fitnah yang tersebar di berbagai media yang menyebutkan bahwa Mindo ...


Ketua BPD Bukit Kemuning Tuding Kades Gelapkan DDKangkangi Izin, Aktivitas Mall Matahari dan Gedung Novita Pertaruhkan Nyawa Pengunjung UNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan Rawamang
Laporan KhususBupati OKI Buka Gerak PKK dan BBGRM XVI Kayuagung, Jaya Pos Posisi stategis Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, yang ...


Rencana Proyek RSUD di Pantura Capai Rp 500 MTMMD, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-RakyatBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di Manado