Selasa, 18 Juni 2019 - 06:02:32 WIB
Bupati Bantaeng Pantau Proses Terminal Darah PuskesmasKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 94 kali

Baca Juga:SMPN 42 Surabaya Alergi Wartawan , Diduga Selewengkan Dana BOS dan Jual Buku BSEDugaan Korupsi Rp4,4 M, Jaksa Akan Panggil Pejabat Disdik Kab TangerangDinkes Kab Inhu Dituding Selewengkan Dana Jamkesda dan JampersalGara-Gara Cemburu Suami Tega Bunuh Isteri

Bantaeng, Jaya Pos

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng terus melakukan inovasi di sektor kesehatan. Salah satunya de­ngan penerapan terminal darah di puskesmas.
Bupati Bantaeng DR Ilham Azikin memantau pelaksanaan terminal darah di Puskesmas Bantaeng di Jalan Elang, Kamis, (13/6).

Terminal darah puskesmas adalah salah satu terobosan pus­kesmas di Bantaeng untuk menjamin ketersediaan stok darah di daerah itu.
Dalam kesempatan itu, Bupati Ilham Azikin memantau proses pendaf­taran pendonor dan proses pengambilan darah. Dia juga memantau kesiapan puskesmas untuk melayani pendonor darah. Selain itu, dia juga mengecek kuota bank darah di Dinas Kesehatan.

“Pemantauan ini dilakukan untuk memberikan spirit agar setiap pus­kesmas bisa terus menerapkan inovasi ini,” jelas dia.

Menurutnya, dengan adanya terminal darah ini, maka secara tidak langsung puskesmas bisa menekan angka kematian ibu yang melahirkan.
Ditambahkan, sebagian besar kematian ibu yang melahirkan itu karena kekurangan darah. “Harapan kita, ang­ka kematian ibu yang melahirkan ini bisa ditekan de­ngan terjaminnya stok darah di setiap puskesmas,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupa­ten Bantaeng dr Andi Ihsan mengatakan, terminal darah puskesmas merupakan persinggahan darah sementara di puskesmas. Hal ini dilakukan dalam rangka jaminan ketersediaan darah bagi ibu melahirkan di puskesmas.

“Terminal darah ini merupakan program inovasi, yang diharapkan dapat menjadi rujukan tingkat nasio­nal,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, sebelumnya Kementerian Kesehatan menyebutkan donor darah dilaksanakan di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS). Dinas Kesehatan melakukan inovasi dengan mengubah pelaksanaannya di puskesmas. Selanjut­nya, darah yang terkumpul, juga bisa memasok UTDRS yang ada di Ban­taeng.(Adv/Mudahri)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59929)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54184)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51775)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15269)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14541)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14352)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14064)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13613)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13471)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9566)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik