Rabu, 19 Juni 2019 - 05:53:26 WIB
SMAN 1 Ciamis Terbuka Bagi Guru AsingKategori: Pendidikan - Dibaca: 61 kali

Baca Juga:SMPN 42 Surabaya Alergi Wartawan , Diduga Selewengkan Dana BOS dan Jual Buku BSEDugaan Korupsi Rp4,4 M, Jaksa Akan Panggil Pejabat Disdik Kab TangerangDinkes Kab Inhu Dituding Selewengkan Dana Jamkesda dan JampersalGara-Gara Cemburu Suami Tega Bunuh Isteri

Di beberapa SMA di Kabupaten Ciamis sudah bisa menerima guru asing dengan kontrak dua tahun. 

Ciamis, Jaya Pos

Kabar Menteri Puan Maharani akan mendatangkan guru dari China dinilai sudah basi dan ketinggalan zaman. Sejak tahun 2010 Indonesia sudah mengimport guru asing dari Amerika dengan berbagai disiplin ilmu yang berbeda. Para guru asing ini ditempatkan di beberapa SMA, termasuk di Kabupaten Ciamis.

“Di beberapa SMA di Kabupaten Ciamis sudah bisa menerima guru asing dengan kontrak dua tahun. Tahun ini SMA Negeri 1 Ciamis bersaing dengan 6 sekolah di Kabupaten Ciamis untuk mendapatkan kuota guru asing dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Sekolah sudah diverifikasi oleh utusan konsulat Amerika,” ujar Kepala Sekolah Drs H Wawan Haryawan MPd, beberapa waktu lalu.

Menurut Wawan, SMA Negeri 1 Ciamis layak mendapatkan guru asing untuk pelajaran Bahasa Inggris. Para guru Bahasa Inggris dan siswa bahkan antusias me­nyambut kedatangan guru asing asal Amerika. “Di Jawa Barat kuota guru asingnya 40 orang, di Kabupaten Ciamis dapat jatah satu orang guru asing diperebutkan enam sekolah. Kami optimis SMA Negeri 1 Ciamis terpilih karena secara syarat sudah layak diberi guru asing,” kata Wawan.

Menurut Wawan, program impor guru Amerika ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Amerika. Guru asing dari Amerika yang dikirim ke Kabupaten Ciamis dijamin aman, tidak akan membawa misi agama dan politik.

Calon guru asing sebelum bertugas akan diajarkan budaya lokal Kabupaten Ciamis dan semua etika budaya Kabupaten Ciamis yang religius. “Nanti di rumah tinggal, sang guru asing akan ditemani ibu angkat yang mengajari tata krama lokal. Tidak ada misi penyebaran agama lain, jadi murni pembelajaran Bahasa Inggris. Para orang tua siswa dan masyarakat diharapkan mendukung program ini, sebab ini demi kemajuan siswa dalam berbahasa inggris,” ujar Wawan.

H Wawan mengaku gembira adanya program guru asing. Selama ini dalam bahasa inggris para siswa tidak bisa fasih karena guru bukan asli penutur inggris. “Siswa kelak punya pengalaman belajar kepada penutur asli inggris. Ini akan memicu semangat belajar siswa,” ujar Wawan.

Program penempatan guru asing ini, kata H Wawan sekaligus memantapkan posisi SMAN 1 Ciamis sebagai barometer sekolah lain. Pasalnya ada kesan dari setiap zaman dahulu SMAN 1 Ciamis adalah sekolah favorit. Oleh sebab itu, semua prestasi belajar siswa harus terbaik agar bisa menjadi contoh sekolah yang lain. Mempertahankan gelar sebagai sekolah favorit tidaklah mudah. Para guru dan siswa harus sama-sama membangun suasana belajar yang berkualitas. Prestasi akademik siswa harus lebih tinggi dari yang biasa, kalau ini tidak terjadi maka level SMAN 1 Ciamis akan turun.

“Alhamdulillah untuk tahun ajaran 2018/2019 sikitar 90% dari total 496 siswa sudah terserap di Perguruan Tinggi diantaranya 63 siswa masuk jalur SNMPTN. Tidak mudah meningkatkan branding sekolah agar tetap menjadi sekolah favorit dalam bidang pelajaran baik akademik maupun non akademik,” pungkas Wawan.(Mamay)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59927)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54179)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51773)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15267)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14539)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14350)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14062)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13611)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13464)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9564)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik