Rabu, 26 Juni 2019 - 07:13:15 WIB
363 Penerima PKH Kabupaten Ciamis Undur DiriKategori: Jawa Barat - Dibaca: 1020 kali

Baca Juga:Rehab Ruang Kelas SDN Gadingan 1 Secara SwakelolaDua Pasien Hidrosepalus Dirujuk ke RSCMAnggaran Situ Kelapa Dua Tidak JelasKepala Puskesmas Tulangan Halangi Wartawan Ambil Gambar Proyek

Ciamis, Jaya Pos

Sebanyak 363 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Ciamis menyatakan mundur dari kepesertaan program tersebut.

Secara mandiri atau sukarela, keluarga tersebut menolak menerima kembali bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Hal itu karena mereka merasa sudah berdaya secara ekonomi serta merasa tidak layak lagi menerima bantuan tersebut.

Koordinator PKH Ciamis Indra Ucu Maulana menuturkan, proses graduasi mandiri dari 363 KPM tersebut menjadi kado bagi Pemkab Ciamis yang kini sedang ulang tahun ke 377.

Mundurnya KPM ini bisa menjadi pertanda bahwa keberhasilan program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Ciamis. Jika saat ini di Kabupaten Ciamis ada 154 ribu, maka mundurnya penerima PKH ini telah menurunkan angka kemiskinan sebesar 0,3 persen.

Menurut Ucu, KPM yang graduasi ini memang saat ini sudah mampu menata hidup mereka sehingga kesejahteraannya meningkat. Ada yang mampu bekerja hingga memiliki usaha baru. Itu berkat pembinaan dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang selama ini dilakukan para pendamping.

Dengan adanya graduasi tersebut, Keluarga KPM PKH saat ini berjumlah 48.414 keluarga yang tersebar di 27 kecamatan dengan jumlah pendamping sebanyak 168 orang. “Dengan adanya yang mengundurkan diri, tak lantas membuat jatahnya dialihkan kepada warga miskin lain. Jatah bantuan dari mereka yang mundur, kita kembalikan ke pemerintah pusat,” kata Ucu.

Menurutnya, menggraduasi KPM sangat sulit, tetapi dengan kesungguhan dan kegigihan para pendamping di lapangan, jumlah tersebut berbanding lurus dengan perjuangan para pendamping dan seluruh pihak terkait.

Sementara Kabid Bantuan dan Perlindungan Sosial Dinsos Ciamis Wawan Setiawan mengapresiasi tim PKH Ciamis, terutama pendamping yang telah sukses mengentaskan 363 keluarga dari kemiskinan. “Tentu kami apresiasi, karena itulah gol dari upaya kita selama ini. Dimana warga miskin setelah pembinaan dan pendampingan ternyata mampu bangkit dan berdikari,” kata Wawan.

Dia juga mengatakan hal yang luar biasa, graduasi KPM ini dilakukan secara sukarela. Bahkan tanpa ditakuti oleh pemasangan plang di rumah penerima. “Mudah-mudahan ke depan graduasi ini bisa terus bertambah,” kata Wawan. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59556)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51413)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43427)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14903)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14179)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14004)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13741)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13201)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11022)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9180)
Bedah JayaposGetwien Menduga Ada Pihak Sengaja Rekayasa Kasus Menantunya Untuk Cari NamaRiau, Jaiya Pos Terkait tuduhan dan fitnah yang tersebar di berbagai media yang menyebutkan bahwa Mindo ...


Ketua BPD Bukit Kemuning Tuding Kades Gelapkan DDKangkangi Izin, Aktivitas Mall Matahari dan Gedung Novita Pertaruhkan Nyawa Pengunjung UNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan Rawamang
Laporan KhususBupati OKI Buka Gerak PKK dan BBGRM XVI Kayuagung, Jaya Pos Posisi stategis Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, yang ...


Rencana Proyek RSUD di Pantura Capai Rp 500 MTMMD, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-RakyatBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di Manado