Kamis, 04 Juli 2019 - 06:27:49 WIB
Sepuluh Kios di Pasar Manis Ciamis Ludes Diamuk Sijago MerahKategori: Jawa Barat - Dibaca: 74 kali

Baca Juga:Kabid Perkim Kab Pandeglang Segera Tegur PemborongFasum Fasos Diserobot, Diharapkan Walikota Jaksel Buka MataPelanggaran Pembangunan Hotel De 'Java Dibiarkan, Diduga Orang Penting BerperanPenertiban Tambang Liar Parmout Terus Digiatkan

Ciamis, Jaya Pos

Kebakaran melanda Pasar Manis Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (25/6) sekitar pukul 17.45 WIB. Api membakar beberapa kios pakain di Blok B. Saat kejadian pasar sudah tutup.

Pantaun Jaya Pos di lokasi kejadian, terlihat kobaran api membakar bagian tengah Pasar Manis Ciamis, tepatnya depan kompleks Terminal Ciamis. Sesaat setelah kobaran api muncul, warga sekitar pasar langsung menghubungi pemadam kebakaran.

Tak lama kemudian, 2 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung mencoba memadamkan api. Beberapa pemilik toko yang mengetahui pasar terbakar langsung mengamankan barang dagangannya. Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi berusaha memadamkan api.

Tim dari BPBD dan Polres Ciamis juga tampak berjibaku mengamankan lokasi. BPBD berusaha melakukan langkah antisipasi jatuhnya korban luka atau jiwa.

Sementara polisi melakukan penjagaan untuk mengantisipasi potensi penjarahan atau pencurian. Petugas pemadam kebakaran dibantu warga sekitar pasar mencoba memadamkan api yang berasal dari atap dan membakar barang dagangan berupa pakain dan busana. Proses pemadaman masih berlangsung sampai pukul 18.40 WIB.

Api masih melahap bahan kayu dan kain yang mudah terbakar meski api sempat berhasil dipadamkan berkat sigapnya petugas yang terdiri dari petugas pemadam kebakaran dibantu Satpol PP, TNI, dan Polisi, kebakaran terlihat tidak meluas. Sedikitnya ada sepuluh kios yang terbakar.

Sejumlah saksi di lokasi kejadian menuturkan, kebakaran pertama kali diketahui oleh warga yang hendak menunaikan ibahah solat magrib menuju masjid. Mereka terkejut melihat api dan kepulan asap tebal di tengah tengah komplek Pasar Manis Ciamis.

“Setelah didekati api berasal dari deretan kios di blok B. Itu kios penjual pakain,” kata Tata Kostaman alias Otang (35), wiraswasta dari Dusun Saguling Kolot Desa Baregbeg dan Lia binti Kusman (30), wiraswasta warga Dusun Saguling Kolot Desa Baregbeg.

Kabar kebakaran ini membuat ratusan pedagang atau pemilik kios di Pasar Manis Ciamis berdatangan untuk memastikan kondisi kios mereka. Mayoritas mereka datang dalam keadaan panik, khawatir kios mereka ikut terbakar. Beruntung aparat kepolisian dan TNI berhasil mengamankan kepanikan sehingga upaya pemadaman api tetap fokus.

Sementara itu informasi yang dihimpun dari pihak Polres Ciamis, kebakaran itu diduga berasal dari kios penjual dan penyepuh perak di blok B-187 Pasar Manis Ciamis. Sepuluh ruko yang terbakar tersebut, menyambung listrik secara paralel dari kios penjual dan penyepuh emas/perak dengan menggunakan terminal listrik yang terpasang di lampu.

“Jumlah kios yang terbakar sebanyak sepuluh kios yang dimiliki oleh empat orang pemilik kios diantaranya tiga orang pemilik kios penjual pakaian dan satu orang pemilik kios penjual dan pengepuh emas/perak. Pemilik kios diantaranya H Oban Sobandi (67) wiraswasta warga Dusun Barugbug Karang Ampel Kecamatan Baregbeg (pemilik empat kios pakaian), Erwin pemilik dua kios pakaian, Tuti (36) wiraswasta warga Dusun Pawindan pemilik dua kios pakaian, dan kios milik Yayat yang dikontrak oleh Didi Julianda (27) warga Padang yang berpofesi sebagai pencuci emas (satu kios),” ungkap Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH SIK MH.

Terlihat Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis langsung mendatangi TKP kebakaran.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51494)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49389)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14977)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13805)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13301)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11855)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9274)
Bedah JayaposPunya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorSumber, Jaya Pos Seakan tak pernah jera, sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon diduga ...


Pengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka Baru
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres