Kamis, 04 Juli 2019 - 06:27:49 WIB
Sepuluh Kios di Pasar Manis Ciamis Ludes Diamuk Sijago MerahKategori: Jawa Barat - Dibaca: 130 kali

Baca Juga:Kabid Perkim Kab Pandeglang Segera Tegur PemborongFasum Fasos Diserobot, Diharapkan Walikota Jaksel Buka MataPelanggaran Pembangunan Hotel De 'Java Dibiarkan, Diduga Orang Penting BerperanPenertiban Tambang Liar Parmout Terus Digiatkan

Ciamis, Jaya Pos

Kebakaran melanda Pasar Manis Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (25/6) sekitar pukul 17.45 WIB. Api membakar beberapa kios pakain di Blok B. Saat kejadian pasar sudah tutup.

Pantaun Jaya Pos di lokasi kejadian, terlihat kobaran api membakar bagian tengah Pasar Manis Ciamis, tepatnya depan kompleks Terminal Ciamis. Sesaat setelah kobaran api muncul, warga sekitar pasar langsung menghubungi pemadam kebakaran.

Tak lama kemudian, 2 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung mencoba memadamkan api. Beberapa pemilik toko yang mengetahui pasar terbakar langsung mengamankan barang dagangannya. Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi berusaha memadamkan api.

Tim dari BPBD dan Polres Ciamis juga tampak berjibaku mengamankan lokasi. BPBD berusaha melakukan langkah antisipasi jatuhnya korban luka atau jiwa.

Sementara polisi melakukan penjagaan untuk mengantisipasi potensi penjarahan atau pencurian. Petugas pemadam kebakaran dibantu warga sekitar pasar mencoba memadamkan api yang berasal dari atap dan membakar barang dagangan berupa pakain dan busana. Proses pemadaman masih berlangsung sampai pukul 18.40 WIB.

Api masih melahap bahan kayu dan kain yang mudah terbakar meski api sempat berhasil dipadamkan berkat sigapnya petugas yang terdiri dari petugas pemadam kebakaran dibantu Satpol PP, TNI, dan Polisi, kebakaran terlihat tidak meluas. Sedikitnya ada sepuluh kios yang terbakar.

Sejumlah saksi di lokasi kejadian menuturkan, kebakaran pertama kali diketahui oleh warga yang hendak menunaikan ibahah solat magrib menuju masjid. Mereka terkejut melihat api dan kepulan asap tebal di tengah tengah komplek Pasar Manis Ciamis.

“Setelah didekati api berasal dari deretan kios di blok B. Itu kios penjual pakain,” kata Tata Kostaman alias Otang (35), wiraswasta dari Dusun Saguling Kolot Desa Baregbeg dan Lia binti Kusman (30), wiraswasta warga Dusun Saguling Kolot Desa Baregbeg.

Kabar kebakaran ini membuat ratusan pedagang atau pemilik kios di Pasar Manis Ciamis berdatangan untuk memastikan kondisi kios mereka. Mayoritas mereka datang dalam keadaan panik, khawatir kios mereka ikut terbakar. Beruntung aparat kepolisian dan TNI berhasil mengamankan kepanikan sehingga upaya pemadaman api tetap fokus.

Sementara itu informasi yang dihimpun dari pihak Polres Ciamis, kebakaran itu diduga berasal dari kios penjual dan penyepuh perak di blok B-187 Pasar Manis Ciamis. Sepuluh ruko yang terbakar tersebut, menyambung listrik secara paralel dari kios penjual dan penyepuh emas/perak dengan menggunakan terminal listrik yang terpasang di lampu.

“Jumlah kios yang terbakar sebanyak sepuluh kios yang dimiliki oleh empat orang pemilik kios diantaranya tiga orang pemilik kios penjual pakaian dan satu orang pemilik kios penjual dan pengepuh emas/perak. Pemilik kios diantaranya H Oban Sobandi (67) wiraswasta warga Dusun Barugbug Karang Ampel Kecamatan Baregbeg (pemilik empat kios pakaian), Erwin pemilik dua kios pakaian, Tuti (36) wiraswasta warga Dusun Pawindan pemilik dua kios pakaian, dan kios milik Yayat yang dikontrak oleh Didi Julianda (27) warga Padang yang berpofesi sebagai pencuci emas (satu kios),” ungkap Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH SIK MH.

Terlihat Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis langsung mendatangi TKP kebakaran.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66635)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60961)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52723)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18435)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16290)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15554)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15269)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14958)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14721)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10936)
Bedah JayaposDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKetapang, Jaya Pos Sekjen Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Anti Suap dan Anti Korupsi (LSM Gasak) Ketapang ...


Kejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa SabuDaud Pasaribu SH, : Fakta Persidangan, Objek Perkara Merupakan Harta Warisan Ibu Sinap Untuk Poniyem
Laporan KhususOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiCirebon, Jaya Pos Acep Rianto, Ketua Lacak meminta kepada masyarakat untuk mengawal terus anggaran negara ...


Kerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan MarosEbid Diana Putra: Kita Akan Wujudkan Masyarakat Sejahtera