Jumat, 05 Juli 2019 - 06:20:45 WIB
Kesadaran Kita Dalam Menjaga dan Melestarikan Lingkungan HidupKategori: Sumatera Selatan - Dibaca: 52 kali

Baca Juga:Rawa Glodok Perlu Uluran TanganKabid Perkim Kab Pandeglang Segera Tegur PemborongFasum Fasos Diserobot, Diharapkan Walikota Jaksel Buka MataPelanggaran Pembangunan Hotel De 'Java Dibiarkan, Diduga Orang Penting Berperan

PALI, Jaya Pos

Seiring dengan krisis ekonomi mulai tahun 1997, reformasi tahun 1998, dan bergulirnya otonomi daerah tahun 2000 , pembangunan berwawasan lingkungan hidup telah terabaikan.

Manakala para pemimpin di pemerintahan pusat sampai pemerintahan daerah di negeri ini hilang jiwa kepemimpinannya dan banyak orang- orang yang merasa hebat serta merasa penting dinegeri kita ini juga disibukkan oleh kepentingannya sendiri dan golongannya masing-masing. Disisi lain, rakyat menjerit, menangis dan meminta perlindungan terhadap bahaya yang melanda terhadap dirinya. Rasa kalut, kesal, dan putus asa terlihat dari para korban bencana yang menunggu uluran tangan dan belas kasihan.

Wakil Ketua Peduli Lingkungan Hidup Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Nasir Bidin menjelaskan, kerusakan lingkungan hidup akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, termasuk banjir bandang di daerah PALI. Akibat dari kerusakan lingkungan, karena tidak memiliki kesadaran tentang pentingnya memelihara pelestarian dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Banjir bandang di beberapa wilayah itu merupakan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, maka dari itu saya ingin di hari Lingkungan Hidup Se-dunia ini, semua elemen masyarakat khususnya di PALI memiliki kesadaran terhadap pentingnya menjaga dan melestarikan Lingkungan hidup itu,” kata Nasir kepada Jaya Pos, Sabtu (22/6).

Menurut Nasir, dengan menjaga lingkungan hidup, iklim juga bisa tetap terjaga, tetapi kita semua harus mampu membudayakan lingkungan dengan melakukan penanaman pohon, tidak menebang pohon sembarangan, memelihara habitat hayati hutan, dan tidak membuang sampah pada tempatnya.

“Masih banyak persoalan yang belum kita sadari, salah satunya masih membuang sampah sembarangan, hewan-hewan dan binatang yang ada di hutan ditembaki dan ditangkap, bahkan hasilnya buruannya itu diperjualbelikan. Hutan bukannya ditanami pohon tetapi ditebangi pohonnya mengakibatkan gundul, dan akhirnya menimbulkan bencana alam,” jelasnya.

Lebih lanjut Nasir menyatakan, dengan memperingati hari Lingkungan Hidup se-dunia ini, bisa menggugah kepedulian masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan hidup, menjaga hutan dan membudidayakan hewan langka dan menjaganya.

“Dalam peringatan hari lingkungan hidup se-dunia ini, Nasir mengajak masyarakat agar sadar dengan adanya pelestarian dan kepedulian terhadap lingkungan hidup yang ada di lingkungan kita,” tutupnya. (Jon)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51494)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49388)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14977)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13805)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13301)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11855)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9274)
Bedah JayaposPunya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorSumber, Jaya Pos Seakan tak pernah jera, sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon diduga ...


Pengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka Baru
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres