Sabtu, 03 Agustus 2019 - 06:34:15 WIB
Pemprov Kalteng Bantu Pemkab Gumas Bangun Jalan Ke Tumbang AnoiKategori: Kalimantan Tengah - Dibaca: 65 kali

Baca Juga:Disbun Kalbar Gelar Sosialisasi ISPORehab Ruang Kelas Tak Rampung Rekanan dan Konsultan Serta Dinas Pendidikan Diduga BerkolaborasiLSM Jihat Akan Laporkan Penyimpangan DAC Kab Tulungagung ke Polda JatimPNS Kecamatan Tulangan Diduga Nyambi Jadi Makelar Sertifikat

Kuala Kurun, Jaya Pos

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berencana akan membantu Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) membangun jalan menuju Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas.

Hal itu disampaikan Gubernur Kali­mantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran, didampingi Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong, beserta rombongan, saat menghadiri Seminar Internasional dan Ekspedisi Napak Tilas di Desa Tumbang Anoi, Senin (22/7/19).

Saat membuka kegiatan, H Sugianto Sabran mengatakan, mendukung pelaksanaan Napak Tilas Tumbang Anoi tersebut. Bahkan, untuk mensukseskan event besar itu, dia mengajak semua peserta yang hadir untuk mengikuti jejak dan semangat juang tokoh Suku Dayak yang ada di Kalimantan, terutama Damang Batu.

“Dalam hal mempersatukan kerukunan suku dalam membentuk keadilan, ketentraman dan kedamaian itu tidaklah mudah, maka dangan itu, even besar napak tilas 1894 Tumbang Anoi perlu diulas kembali dan kita jaga, agar seluruh suku dayak yang ada di belahan pulau Borneo dapat hidup rukun dan saling menghormati,” ucapnya.

Selain itu, dalam pidatonya Gubernur berjanji bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga akan membantu pembangunan insfrastruktur jalan menuju Desa Tumbang Anoi dan desa sekitarnya agar segera diaspal guna memudahkan elemen masyarakat Dayak dan suku lainnya datang ke tempat itu. “Serta membangun sebuah betang yang cukup besar dan panjang, asalkan lahannya tersedia,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Gumas Jaya S Monong dalam sambutannya, menyampaikan empat hal, pertama mengucapkan selamat datang kepada peserta Napak Tilas Tumbang Anoi yang hadir di event itu. Kedua, selaku tuan rumah dia merasa bangga, karena berkat dukungan semua pihak sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana serta berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

Ketiga, dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, yang telah mendukung suksesnya kegiatan acara tersebut.

Terakhir, selaku tuan rumah mohon maaf kepada peserta Seminar dan Ekspedisi Napak Tilas Damai Tumbang Anoi tahun 2019. Jika dalam kegiatan tersebut, terdapat banyak kelemahan dan kekurangan.

Kegiatan ini juga dihadiri Presiden Borneo Dayak Forum Dato’Dr Jeffry Kitingan beserta pengurus BDF dan rombongan, Sekretaris Jenderal Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Yakobus Kumis, Bupati Gumas Jaya S Monong SE MSi, beserta Forkompimda, para bupati/wakil bupati se-Kalimantan, Ketua DAD Provinsi Kalteng H Agustiar Sabran beserta jajaran pengurus DAD, Organisasi Masyarakat (Ormas) Dayak seluruh Kalimantan, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (Kominfosp/Mandau)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51496)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49434)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14978)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13806)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13302)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11865)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9275)
Bedah JayaposMaladministrasi Pelayanan Mutasi Kendaraan di Samsat Kota Bekasi Semakin ParahBekasi, Jaya Pos Pelayanan mutasi kendaraan di Samsat Kota Bekasi sarat dengan maladministrasi, dimana ...


Punya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorPengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres