Rabu, 07 Agustus 2019 - 06:23:32 WIB
Ternyata Program Sanimas di Sukajadi BKM Tidak Kenal KSMKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 141 kali

Baca Juga:Beberapa Pejabat Mencari Untung Dibalik Prona GratisKebanggan Mencari Kades Baru, Diharapkan Dapat Membangun Desa Lebih BaikKapolsek Pulau Buaya Siap Sosialisasikan Lurah dan KeplingDisbun Kalbar Gelar Sosialisasi ISPO

Pandeglang, Jaya Pos

Aneh tapi benar-benar terjadi. Ternyata Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di Desa Sukajadi Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang yang pengerjaannya baru saja berjalan beberapa minggu.

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sudah tidak mengenal Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sebagaimana diucapkan oleh Juned, orang yang dipercaya di lokasi kegiatan selaku BKM. “Saya lupa lagi siapa KSM nya,” aku Juned kepada Wartawan, (29/7).

Begitu juga saat Juned ditanya siapa pelaksana kegiatan serta dari mana sumber swadaya senilai Rp 5.209.000 sebagaimana yang tertera di papan proyek (banner-red), dikatakan bahwa pihaknya menerimanya sudah seperti itu. “Adapun terkait swadaya adalah hasil dari iuran ibu-ibu tapi saya lupa siapa yang mengkoordinirnya,” kata Juned.

Pernyataan Juned berbeda dengan apa yang disampaikan Wiwit selaku Konsultan Pendamping Sanimas Desa Sukajadi. Memang nama pelaksanaya seharusnya ada, barangkali kesalahan cetak. “Adapun terkait swadaya intinya bentuk partisipasi yang konteksnya pada jasa,” sebutnya.

Mencermati persoalan Sanimas Desa Sukajadi yang didanai Islamic Development Bank (IsDB) senilai Rp 425 juta, tugas pokok dan fungsi BKM diduga sudah jauh keluar dari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 24/PRT/M/2016, halaman 25. Pertama BKM mengaku tidak kenal KSM justru BKM lah sebenarnya yang memfasilitasi pembentukan KSM dan KPP kemudian menyusun RKM bersama KSM, melibatkan tandatangan dari salah satu KSM di rekenintg, melakukan pencairan dana bantuan kepada PPK, dan membuat Buku Kas Umum berdasarkan laporan dan bukti yang dibuat KSM.

“Artinya, bukan sebagai pengguna anggaran dan bukan sebagai pelaksana langsung sebagaimana yang terjadi di lokasi kegiatan,” tutur M Yaya, Ketua LSM Gempita DPD Kabupaten Pandeglang.

Masih menurut Yaya, jika hal itu dibiarkan dan diliarkan BKM berjalan diluar rel jangan harap program tersebut dapat berjalan lancar bahkan tidak menutup kemungkinan proses kedepan timbul persoalan-persoalan baru yang erat kaitannya dengan penggunaan anggaran.(Rus)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51496)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49434)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14978)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13806)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13302)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11865)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9275)
Bedah JayaposMaladministrasi Pelayanan Mutasi Kendaraan di Samsat Kota Bekasi Semakin ParahBekasi, Jaya Pos Pelayanan mutasi kendaraan di Samsat Kota Bekasi sarat dengan maladministrasi, dimana ...


Punya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorPengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres