Minggu, 11 Agustus 2019 - 07:18:05 WIB
Publikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 103 kali

Baca Juga:Proses Pemilihan Kades Sritanjung Tarempa, Kemenangan Fadli Diduga Tidak Sah Guru Yang Lulus Sertifikas di Pungli Oleh Kepala UPTD RejotanganPerpustakaan SMAN 2 Kota Sukabumi Miliki 4.700 Koleksi Judul BukuBeberapa Pejabat Mencari Untung Dibalik Prona Gratis

BOGOR, JAYA POS

Sekretariat Daerah (Sekda) memiliki fungsi strategis, berdasarkan ketentuan dalam Pasal 3 ayat (2) Perbup Kabupaten Bogor Nomor 42 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat Daerah, fungsi Sekretariat Daerah yaitu sebagai penyusunan kebijakan, pengkoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah, pelayanan administratif dan pembinaan ASN di lingkungan pemda.

Dalam melaksanakan fungsi fasilitasi penyusunan kebijakan daerah, Sekda mengkoordinasikan penyusunan Peraturan Daerah, Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati. Peraturan Daerah (Perda) merupakan instrumen kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah dan tugas pembantuan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah, penyalur aspirasi masyarakat di daerah yang pengaturannya tetap dalam kerangka NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 serta sebagai alat pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan daerah yang ditetapkan bersama oleh DPRD dan Bupati, sedangkan Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati ditetapkan oleh Bupati sebagai pelaksanaan dari Peraturan Daerah, peraturan perundang-undangan lainnya dan berdasarkan kebutuhan serta kepentingan daerah.

Dalam kurun waktu Semester I Tahun 2019, Sekda telah menghasilkan 4 Perda, 23 Peraturan Bupati dan 186 Keputusan Bupati serta 17 Perjanjian. Selain itu, Sekda juga memiliki program kegiatan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (Ranham) sebanyak 4 kali penyuluhan, yaitu ke Desa Tarikolot Kec Citeureup, Desa Neglasari Kec Jasinga, Desa Sukamaju Kec Cigudeg dan Desa Cibitung Kulon Kec Pamijahan.

Pengkoordinasian Pelaksanaan Tugas Perangkat Daerah

Pada bulan Januari Sampai dengan Juni 2019, Out Put dari kegiatan Fasilitasi Kerjasama Antara Daerah bagian kerjasama Sekretariat Daerah sudah menghasilkan 8 dokumen kerjasama, dengan rincian 4 dokumen Kesepakatan Bersama antara lain dengan LIPI tentang Penataan Kawasan Cibinong Science Center Botanical Garden (CSC-BG), dengan Pemkot Makasar tentang Sinergitas Potensi Kerjasama Lintas Daerah, dengan Pemkab Cianjur tentang Kerjasama Pembangunan Antar Daerah, dengan Pemkab Pandeglang tentang Kerjasama Antar Daerah. Sedangkan Perjanjian Kerjasama menghasilkan sebanyak 4 dokumen antara antara lain Dinas Damkar Kab.Bogor dan BPBD Kab.Bogor dengan Dinas Damkar Kab.Sukabumi, BPBD Kab.Tangerang, Satpol.PP Kab.Lebak dan Dinas Damkar Kota Depok tentang Penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di wilayah perbatasan.
Adapun dalam kaitanya dengan Kerjasama Non Pemerintahan, Pada Bulan Januari Sampai dengan Bulan Juni 2019 sudah menghasilkan 22 dokumen, dengan rincian 14 dokumen Kesepakatan Bersama dengan Pihak Ketiga dan Perjanjian kerjasama yang dihasilkan dengan pihak Ketiga 8 dokumen.

Kegiatan Fasilitasi Bidang Keagamaan

Salah satu fungsi Sekretariat Daerah adalah melaksanakan fasilitasi pembangunan bidang agama, mengingat tidak ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang secara khusus menangani pembangunan bidang keagamaan karena pengelolaannya berada dalam kewenangan instansi vertical Kementerian Agama.

Khusus dalam kaitannya dengan pembangunan bidang keagamaan, Sekda memfasilitasi Kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Al-Hadits (STQH) XVI Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019. Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Al-Hadits (STQH) XVI Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 27 April s/d 3 Mei 2019 di Kota Bandung.

Perolehan peringkat prestasi daerah yang diraih Kafilah STQ Kabupaten Bogor pada STQH XVI Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 adalah Terbaik III, setelah Kota Bandung dan Kota Bogor. Dalam pembinaan LPTQ Kabupaten Bogor pada STQH XVI Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 meraiah prestasi terbaik I.

Dalam kegiatan pembinaan keagamaan juga dilaksanakan pembinaan Pondok Pesantren dalam rangka mewujudkan Visi ”Terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban melalui Program “Panca Karsa” dan upaya mendukung peningkatan kualitas pengelolaan Pondok Pesantren di Kabupaten Bogor, perlu dilakukan upaya Evaluasi dan Pendataan Pengelolaan Pondok Pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Bogor, salah satu peningkatan kualitas yang harus dilengkapi adalah kelengkapan dokumen dan status Alas Hak Atas Tanah, dengan ini diajukan data Pondok Pesantren se-Kabupaten Bogor yang akan didaftarkan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kegiatan Fasilitasi Penyelenggaraan Bogor Festival (BogorFest)

Penyelenggaraan kegiatan “bogorfest 2019” ini pada dasarnya dimaksudkan sebagai wujud syukur Pemerintah Kabupaten Bogor dan salah satu bentuk perwujudan tekad untuk mempromosikan seluruh potensi, keungggulan kompetitif serta komparatif sektor ekonomi, wisata, budaya dan reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Bogor, dengan Tema Bogorfest 2019 adalah “Bogorfest menuju City Of Sport & Tourism”, sedangkan Logo Bogor Fest melambangkan makna, melalui Bogorfest 2019 ini, peserta dan pengunjung pameran dapat merasakan sema­ngat, seluruh Stake holder Kabupaten Bogor untuk melaksanakan program Pancakarsa dalam rangka mencapai visi, mewujudkan masyarakat Kabupaten Bogor yang Termaju, Nyaman dan Berkeadaban.

Kegiatan Hari Jadi Bogor ke 537

Pada peringatan Hari Jadi Bogor ke 537, selain upacara dan berbagai kegiatan lainnya, Sekda Kab Bogor melalui bagian Kesra mengkoordinasikan kegiatan Anugerah Tegar Beriman Award. Penghargaan Tegar BerimanAward (TBA) sebanyak 34 kategori berprestasi antara lain Camat, Kades, RT, RW, Kesehatan, Pendidikan, Pamswakarsadan lain-lain.

Tahun ini tercatat 43 orang menerima Tegar Beriman Award atau TBA. Penghargaan ini diberikan kepada warga masyarakat yang berdedikasi tinggi terhadap Kabupaten Bogor. Hasilnya, para penerima TBA pun merespon positif atas perhatian yang diberikan Pemkab Bogor, semakin terpacu memberikan yang terbaik dalam pengabdian di bidangnya masing-masing.

Salah seorang penerima TBA dari kategori Ketua RT Teladan, Heriyanto, Ketua RT 03/04 Desa Cidokom, Gunung Sindur menyampaikan terima kasih atas penghargaan Tegar Beriman Award yang diterimanya. Bagi Heriyanto, Tegar Beriman Awards menambah semangat bagi dirinya dalam pengabdian di masyarakat.

Pengadaan Barang dan Jasa

Dalam aspek pengadaan barang/jasa Sekda Kab Bogor melalui bagian Pengadaan Barang Jasa sampai de­ngan bulan Juni 2019, telah melakukan fasilitasi Pengadaan Barang Jasa total permohonan tender dari 28 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebanyak 428 kegiatan dengan total pagu anggaran sebesar Rp 614.808.519.530 terdiri dari 63 kegiatan Pengadaan Barang, 277 kegiatan pengadaan pekerjaan konstruksi, 39 kegiatan pengadaan jasa konsultansi, dan sebanyak 49 kegiatan jasa lain­nya, serta progres pelaksanaan pemilihan penyedia barang jasa dengan rincian sebanyak 86 paket lelang yang selesai dengan pagu anggaran Rp 147.943.903.985 dengan nilai harga penetapan penawaran Rp 136.903.977.039, sehingga terdapat efisiensi sebesar Rp 11.039.926.946 atau sebesar 7,46%, masih proses tender 207 kegiatan, persiapan 117 kegiatan, dan 18 kegiatan yang gagal tender.

Kegiatan Pelayanan Pimpinan

Pengkoordinasian Pelaksanaan Tugas Perangkat Daerah juga dilaksanakan dalam bentuk dukungan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan perangkat daerah dan berbagai pihak lainnya yang mengundang atau melibatkan Pemkab Bogor, antara lain berupa fasilitasi protokoler dan pendampingan acara.

Sepanjang semester I tahun 2019, tercatat lebih kurang 439 atau rata-rata perbulan 78 kegiatan pemdampingan terhadap pimpinan yang telah dilaksanakan oleh Sub Bagian Protokol Bagian Umum Setda Kabupaten Bogor.

Anjungan Koordinasi

Sekda pada Semester I tahun ini juga melakukan suatu terobosan untuk Optimalisasi Tata Hubungan Kerja antara setda dan stakeholder melalui Anjungan Koordinasi.

Anjungan koordinasi adalah sebuah unit atau media pelayanan di bawah koordinasi Asisten Administrasi yang diharapkan memiliki fungsi membantu pimpinan pada Sekda. Anjungan koordinasi sudah ditetapkan melalui Perbup No 32 Tahun 2019 tanggal 24 Juni 2019 tentang Anjungan Koordinasi pada Sekda Kabupaten Bogor yang memiliki fungsi pelayanan pengkoordinasian antara Sekda dengan stake holder berupa:
a. Pemberian informasi tindak lanjut surat menyurat;
b. Pemberian informasi kegiatan peme­rintah daerah antara lain :
1. Informasi kegiatan Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Staf Ahli dan
2. Informasi kegiatan Perangkat Daerah.
c. Pemberian informasi dan data umum daerah;
d. Pemberian informasi pelaksana­an tugas perangkat daerah;
e. Pemberian informasi dan fasili­tasi lainnya terkait pelaksana­an kegiatan stakeholder pada sekda. Saat ini sedang dalam tahapan proses persiapan infrastruktur dan kelengkapan lainnya, diharapkan 2020 anjungan koodinasi sudah berfungsi.(adv/Boston)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59927)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54179)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51773)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15267)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14539)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14350)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14062)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13611)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13465)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9564)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik