Minggu, 11 Agustus 2019 - 07:41:01 WIB
Desa Nyuruh Berdayakan Potensi Alam Pembangkit ListrikKategori: Kalimantan Barat - Dibaca: 44 kali

Baca Juga:HUT HARIAN JAYA POS KE-VProses Pemilihan Kades Sritanjung Tarempa, Kemenangan Fadli Diduga Tidak Sah Guru Yang Lulus Sertifikas di Pungli Oleh Kepala UPTD RejotanganPerpustakaan SMAN 2 Kota Sukabumi Miliki 4.700 Koleksi Judul Buku

Kab. Melawi, Jaya Pos

Karya masyarakat Desa terpencil memperdayakan alam menjadi sangat berarti bagi. Masyarakat patut diancung jempol. Dalam keadaan negara kita krisis Energi Listrik. Desa Nanga Nyuruh mampu berdiri sendiri.

Mengharapkan Pembangkit listrik Negara mengalir ke desa desa terpencil yang jauh dari akses jaringan memerlukan waktu lama.Banyak pedesaan di Kabupaten Melawi sampai sekarang belum di aliri listik negara, masalah kebutuhan PLN kerap di keluhkan masyarakat di desa desa.

Salah satunya desa Nanga Nyuruh di kecamatan Ella Kabupaten Melawi. Akses kedesa ini sangat jauh dari perkotaan, untuk di aliri PLN mungkin menunnggu untuk beberapa tahun untuk mendapatkan PLN bahkan bisa tidak masuk PLN sampai dua puluh tahun lagi.

Mengingat perlunya penerangan listrik di desa kami,kata Manto Petus,salah seorang warga, kepada media ini waktu ketemu di Nanga Pinoh selasa tanggal 6/8/2019,Kepala Desa Nyuruh [kiun]bersama masyarakat tahun 2019/2019 sepakat membangun Tenaga listrik dengan memamfaatkan aliran sungai kecil memba­ngun Pembangkit listrik tenaga mikro hidro [PTMH].

Dengan menggunakan dana DD dikerjakan bergotong royong de­ngan masyarakat. Kebetulan PTMH] salah satu program Pemerintah pusat untuk solusi listrik di desa desa.

Saya,sebagai warga setempat lanjut Petrus, yang pernah di latih di teknis listrik PTMH,di percaya masyarakat pengadaan pelaksanan pembangkit listrik dimaksud,mengerjakan proyek desa ini kurang lebih satu tahun dengan mendatangkan bantuan teknis dari luar kal Bar.Puji Tuhan Program Desa Nanga nyuruh penngadaan listrik desa ini bisa terselesaikan sesuai rencana dan target.

PTMH energi terbaru era ini,dengan tenaga air sebesar 50 liter/detik di ketinggian bendungan elevasi 100 m dengan perhitungan P=h xqxg xn mengeluarkan daya 35 kw.

Sedangkan turbin yang kami gunakan Turbin pelton.Jenis Turbin Pelton sangat cocok potensi alam setempat Listrik di desa Nanga nyuruh, sudah semua di aliri listrik PTMH (listrik desa setempat) dan ditambah pelanggan di dusun rambuk dengan jumlah pelanggan sebanyak 35 kepala keluarga ditambah dengan kantor kantor Pemerintah desa tersebut.

Petrus melanjutkan kompirmasih nya,Bupati Kabupaten Melawi Panji,S,Sos di dampingi Ketua TP PKK Nurbetty Panji,SE,sudah pernah meninjau langsung ke lapangan,Pak Bupati mengatakan sangat Bangga karya anak desa seperti ini. Meperdayakan Alam sekitar adalah bukti desa sudah mampu mandiri. Dana desa yang di salurkan ke Desa kalau di gunakan se suai kebutuhan progres desa akan bsangat ber manfaat seperti yang di lakukan desa Nanga Nyuruh ini.Saya sebagai bupati dan yang lahir dan besar di desa terpencil,Bangga dan sangat mendukung,imbuh beliau,timpal nya.

Alexius dari politisi Nasdem DPD Kabupaten Melawi ditempat yang sama ,yang sudah melihat langsung Program pembangkit Listrik desa ini,membenarkan aliran listrik di desa Nanga Nyuruh menyala siang malam.

Satya sendiri sudah dari sana,kebetulan desa tersebut dapil Pemilihan saya waktu mencaleg.Pembangkit Listik pemfaatan Alam lingkungan setempat seperti ini menjadi inspirasi bagi saya sebagai caleg terpilih.

Selain Pemaamfaatan alam juga sangat efektif membangun desa,seta ramah lingkungan dan hemat energi.Ini salah satu bukti kemajuan Pemeikiran masyarakat desa di bidang teknologi dan harus kita dukung.tamabahnya.(Pangaribuan)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51496)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49435)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14978)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13806)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13302)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11865)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9275)
Bedah JayaposMaladministrasi Pelayanan Mutasi Kendaraan di Samsat Kota Bekasi Semakin ParahBekasi, Jaya Pos Pelayanan mutasi kendaraan di Samsat Kota Bekasi sarat dengan maladministrasi, dimana ...


Punya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorPengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres