Selasa, 13 Agustus 2019 - 06:24:04 WIB
Produk 'Lala and Lilo' Karya Mahasiswa UNM Akan Diproduksi MassalKategori: Pendidikan - Dibaca: 62 kali

Baca Juga:Puluhan Miliar Dana Tunjanan Sertifikasi Ratusan Guru Diduga DiselewengkanHUT HARIAN JAYA POS KE-VProses Pemilihan Kades Sritanjung Tarempa, Kemenangan Fadli Diduga Tidak Sah Guru Yang Lulus Sertifikas di Pungli Oleh Kepala UPTD Rejotangan

Malang, Jaya Pos

Produk ‘Lala and Lilo’ karya mahasiswa Universitas Negeri Malang (UNM) akan diproduksi massal dan kemudian bakal diperke­nalkan kepada orangtua dan guru TK sebagai media pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia prasekolah yang memiliki tingkat efek­tifitas dan efisiensi lebih baik.

Dalam press release­nya yang diterima media ini, Selasa (6/8), Indra Nur­dien Hakim selaku Anggota Tim Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro UNM mengungkapkan, terciptanya produk ini berawal dari permasalahan yang didapatkan dari studi lapangan pada salah satu TK di kota Malang, Jawa Timur.

Sepulang dari studi la­pangan tersebut, Indra dan kawan-kawan mendapatkan permasalahan yang kemudian menjadi alasan tercipta­nya produk ‘Lala and Lilo’. Kalau pada umumnya produk itu tercipta hanya lewat sebuah inovasi, beda halnya dengan ‘Lala and Lilo’ yang tercipta karena ada sebuah permasalahan dan ingin menciptakan inovasi produk yang bermanfaat dan dapat diterima masyarakat.

Menurut Indra, ‘Lala and Lilo’ memang sengaja diciptakan sebagai buku bercerita berbahasa Inggris berbunyi untuk anak prasekolah. Tapi tidak menutup kemungkinan produk ini nantinya akan melebarkan sayap merangkap di sektor tingkatan lainnya.

Indra menjelaskan, ‘Lala and Lilo’ ini bukan buku bercerita berbahasa Inggris berbunyi pertama kalinya yang diciptakan. Sebelum­nya telah ada produk serupa akan tetapi tidak berfokus kepada anak usia prasekolah.

“Penelitian ini juga berdasarkan sumber data yang saya temukan. Buku itu menggunakan tombol yang diletakkan pada buku. Selain itu, penggunaan tombol yang diletakkan pada buku tidak efisien untuk anak usia prasekolah,” imbuhnya.

Kelemahan-kelemahan itulah yang dijadikan oleh mahasiswa bimbingan Hasti Rahmaningtyas SPd MA ini dimanfaatkan sebagai kelebihan dan akan diperkenalkan ke TK di seluruh Indonesia.

Menggunakan aplikasi android sebagai pengeluaran suara, ia menilai media pembelajaran tersebut memiliki tingkat keamanan yang lebih baik terhadap anak prasekolah.

Selain itu, dalam aplikasi android juga terdapat 10 tombol yang berisi suara tiap halaman guna memudahkan penggunaan bagi anak prasekolah.
Berdasarkan kajian yang cukup mendalam, maka ‘Lala and Lilo’ akan diproduksi masal yang kemudian bakal diperkenalkan kepada orangtua dan guru TK sebagai inovasi media pembelajaran baru yang memiliki tingkat efektivitas dan efisiensi lebih baik.

Dengan demikian, diharapkan ‘Lala and Lilo’ mampu mengoptimalkan pembelajaran bahasa Inggeris untuk anak usia prasekolah di seluruh Indonesia.
“Produk ini juga diperkenalkan melalui media sosial, dan juga website yang telah dipersiapkan. Media yang kita miliki saat ini yaitu instagram @lalalilo_project, dan juga website https://lalalilopublishing.wixsite.com/childbook,” pungkas Indra Nurdien Hakim. (John/Nas)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66285)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60952)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52715)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18422)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16278)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15540)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15262)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14952)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14708)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10931)
Bedah JayaposProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKetapang, Jaya Pos Proyek Peningkatan Jalan Pelang-Batu Tajam yang dilaksanakan oleh PT Marga Mulya senilai ...


Kejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa SabuDaud Pasaribu SH, : Fakta Persidangan, Objek Perkara Merupakan Harta Warisan Ibu Sinap Untuk PoniyemDewan Kunjungi Proyek 2.2 Milyar, Pelaksana Tuding Bekas PPK Persulit MerekaMerasa Dirugikan, Afrets Elat Melaporkan Keluarga Tumbel ke Polresta Manado
Laporan KhususKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanCatatan Aliman Tua Limbong (Wartawan Jaya Pos) Menurut beberapa sumber penelitian, para ilmuwan, setelah ...


DPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan MarosEbid Diana Putra: Kita Akan Wujudkan Masyarakat SejahteraPemkab Sukabumi Kembali Pertahankan Opini WTPBupati Gumas Lantik 12 Pejabat Struktural Kecamatan Manuhing