Selasa, 13 Agustus 2019 - 06:38:14 WIB
Subang Menjadi Percontohan Program Desa DigitalKategori: Jawa Barat - Dibaca: 16 kali

Baca Juga:Puluhan Miliar Dana Tunjanan Sertifikasi Ratusan Guru Diduga DiselewengkanHUT HARIAN JAYA POS KE-VProses Pemilihan Kades Sritanjung Tarempa, Kemenangan Fadli Diduga Tidak Sah Guru Yang Lulus Sertifikas di Pungli Oleh Kepala UPTD Rejotangan

Sesuai dengan Perpres Nomor 39 tahun 2019, Subang menjadi skala prioritas Pemerintah Pusat dalam penerapan program Desa Digital di tahun 2019.

Subang, Jaya Pos

Di tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat masuk skala prioritas menjadi salah satu kabupaten yang dipilih Peme­rintah Pusat dalam penerapan program Desa Digital.

Menurut Tenaga Ahli Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Irman Mailandi bahwa Kabupaten Subang sebelumnya sudah ada 3 desa yang dipasang visat, yakni Desa Cikadu, Cirangkong dan Bantarsari Kecamatan Cijambe atas dukungan Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi.

“Benar, Subang menjadi skala prioritas Pemerintah Pusat dalam penerapan program Desa Digital di tahun 2019. Hal tersebut sesuai dengan Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data di tingkat pusat, Kominfo, Kemendagri, Kemenpan RB, BPSdan Badan Geopasial,” ujar Irman ketika sosialisasi program Desa Digital di Subang, Selasa (6/8).

Selain itu yang menjadi skala prioritas, kata Irman, Subang juga memiliki banyak wilayah yang sulit dijangkau oleh operator-operator telekomunikasi milik swasta, sehingga pemerintah pusat memandang perlu Subang menjadi salah satu prioritas.

“Kabupaten Subang sendiri kan wilayahnya memiliki geografis pegunungan, dataran dan pantai, sehingga penerimaan sinyal provider milik swasta banyak wilayah yang blank spot, juga sebagai penguatan program sebelumnya yang diinisiasi Raja Galuh Pakuan, yakni pemasangan visat di 3 desa yang menjadi kawasan desa berbasis rempah,” terangnya.

Pemerintah juga melalui dana Universal Service Obligasion (USO) yang bisa digunakan dan ditampung oleh Kemenkominfo melalui BAKTI, yang berkewajiban menyediakan sarana telekomunikasi di wilayah yang jangkauan sinyal internetnya kurang, bahkan sama sekali tidak ada sinyalnya.

Dana USO itu salah satunya sudah kami terapkan di Desa Cirangkong, Cikadu dan Bantarsari, yang saat ini sudah menjadi kawasan desa berbasis rempah. “Disana kita pasangkan masing-masing desa 1 unit visat,” lanjutnya.

Dikatakannya, terkait skala prioritas program Desa Digital yang tadi disosialisasikan di Aula Leksi Jl. Ukong Sutaatmadja Subang, tidam sedikit Kadea yang ikut dalam sosialisasi, yang mersepon baik bahkan ada sejumlah Kades yang ingin belajar langsung ke Desa Mandalamekar Tasikmalaya, yang menjadi percontohan nasional dalam program Desa Digital tersebut.

“Inisiatif para kades tadi saya apresiasi, artinya respons positif, sekaligus para kades itu sudah memiliki keinginan untuk maju beberapa langkah kedepan. InsyaAllah akan saya fasilitasi tinggal, menunggu waktu yang tepat dari para kades untuk hadir ke desa Mandalamekar,” kata Irman.(@bh)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51496)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49435)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14978)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13806)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13302)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11865)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9275)
Bedah JayaposMaladministrasi Pelayanan Mutasi Kendaraan di Samsat Kota Bekasi Semakin ParahBekasi, Jaya Pos Pelayanan mutasi kendaraan di Samsat Kota Bekasi sarat dengan maladministrasi, dimana ...


Punya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorPengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres