Kamis, 15 Agustus 2019 - 07:19:48 WIB
Unggulkan Inovasi, Sedyo Mulyo Nominator Lomba Desa NasionalKategori: Sumatera Selatan - Dibaca: 25 kali

Baca Juga:Polsek Cengkareng Diduga Paksakan Kasus ke Ranah HukumEskavator Senilai Rp 1,3 Miliar Milik Dinas PU Ketapang TerkuburPuluhan Miliar Dana Tunjanan Sertifikasi Ratusan Guru Diduga DiselewengkanHUT HARIAN JAYA POS KE-V

Kayuagung, Jaya Pos

Berbagai inovasi tatakelola desa menghantarkan Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, termasuk nominator desa terbaik di tingkat nasional.

Kepala Desa Sedyo Mulyo Suyadi me­ngatakan, arah kebijakan yang dia lakukan di desanya mendorong peningkatan gotong-ro­yong, semangat membangun, dan memotivasi warganya untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

“Kami hanya ingin memberi layanan terbaik kepada masyarakat desa, juga agar menumbuhkan rasa memiliki, saling gotong-royong dan menjaga persatuan dan kesatuan karena desa kami ini multi etnis,” Ungkap Suyadi saat paparan dalam rangka penilaian lomba desa tingkat Nasional di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (6/7).

Untuk melayani masyarakat jelas Suyadi, desanya telah melakukan berbagai inovasi antara lain pengelolaan air bersih oleh BUMDes yang sudah dinikmati lebih dari 100 KK di desa tersebut. Selain air bersih, Pemdes Sedyo Mulyo juga berhasil menata ruang publik menjadi destinasi wisata.
“Saya ingin warga betah di desa, jadi kita buat ruang publik agar mereka bisa berekreasi, saling berinteraksi juga memantau pergaulan anak muda,” tukasnya.

Menjaga interaksi antar warga, menurut Suyadi penting mengingat desa yang didiami lebih kurang 1.650 jiwa ini terdiri dari suku, etnis beragam.
Dalam membangun desa, tambah Suyadi melibatkan TP PPK desa. Ibu-ibu PKK ini menginisiasi warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk lahan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

“Agar masyarakat mengerti pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan melalui obat-obatan tradisional warisan leluhur,” ujar pria eks trasmigrasi dari Boyolali ini. Sebelumnya Desa Sedyo Mulyo berkompetisi dengan 23 ribu desa terbaik lainnya se regional Sumatera.

Kasubdit Evaluasi Perkembangan Desa Wilayah 1 Kementerian Dalam Negeri, sekaligus Tim penilai Lomba Desa Tingkat Nasional Muhammad Yani H utamada ST MT mengungkapkan, timnya telah melakukan penilaian administratif juga penilaian langsung ke lapangan. “Kami sudah turun ke lapangan bahkan berdiskusi dengan kepala desa dan masyarakat setempat,” ujarnya.

Apapun hasil penilaian menurut Yani, Sedyo Mulyo harus lebih baik lagi dalam menata desa dan pelayanan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati OKI HM Djakfar Shodiq bersama Ketua TP PKK OKI Hj Lindasari Iskandar yang mendampingi langsung penilaian desa di Kemendagri. Dia merasa bangga dengan capaian Desa Sedyo Mulyo dalam melayani masyarakat. “Saya dan masyarakat OKI bangga dengan Desa Sedyo Muyo masuk nominasi lomba desa nasional, saya berharap Sedyo Mulyo menjadi juara nasional untuk mengharumkan nama Kabupaten Ogan Komering Ilir di kancah nasional,” ungkap Shodiq.

Ketua TP PKK OKI Hj Lindasari Iskandar berharap Desa Sedyo Mulyo bisa menjadi juara 1 tingkat nasional. Karena kalau dilihat dari segi fisik sangat luar biasa dengan kemandirian dapat membangun desa. “Masyarakatnya mandiri dan gotongroyongnya tinggi, tapi penilaian ini tidak hanya segi fisik saja juga segi administrasi. Jadi untuk administrasi agar bisa ditingkatkan lagi,” pintanya.

Lindasari mengimbau agar Desa Sedyo Mulyo terus melakukan pembinaan dan pengawasan secara berkelanjutan sehingga kedepan akan semakin baik lagi.(Toyo)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51496)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49434)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14978)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13806)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13302)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11865)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9275)
Bedah JayaposMaladministrasi Pelayanan Mutasi Kendaraan di Samsat Kota Bekasi Semakin ParahBekasi, Jaya Pos Pelayanan mutasi kendaraan di Samsat Kota Bekasi sarat dengan maladministrasi, dimana ...


Punya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorPengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres