Minggu, 18 Agustus 2019 - 06:27:41 WIB
Maknai Hari Raya Idul Qurban, STIKes Muhammadiyah Ciamis Berbagi Dengan MasyarakatKategori: Pendidikan - Dibaca: 87 kali

Baca Juga:Menanti Lepasnya Topeng Kadiskominfo Anambas, Lagi-lagi, Borok Lama KS TerkuakJamkesda dan Jampersal di Inhu Tak Jelas, Kepala Dinas Kebakaran JenggotPolsek Cengkareng Diduga Paksakan Kasus ke Ranah HukumEskavator Senilai Rp 1,3 Miliar Milik Dinas PU Ketapang Terkubur

Ciamis, Jaya Pos

Keluarga besar STIKes Muhammadiyah Ciamis dalam memaknai Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M mencoba berbagi dengan sesama lewat penyaluran daging hewan qurban ke masyarakat sekitar kampus yang berada di Kelurahan Linggasari dan Kelurahan Ciamis bertempat di kampus, Jl KH Ahmad Dahlan.

Setiap tahun, prosesi penyembelihan hewan qurban selalu disambut antusias warga sekitar kampus yang memadati tempat penyembelihan hewan qurban di belakang kampus.

Holisoh (56) bersama lainnya selalu menanti acara yang disebut Lebaran Haji ini, dan selalu kebagian daging hewan qurban yang dibagikan pihak kampus.

Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis H Dedi Supriadi SSos SKes MMKes didampingi Ketua Panitia Pelaksana Penyerahan Hewan Qurban H Asep Gunawan SKep Ners MPd yang merupakan Wakil Ketua III di Bidang Kemahasiswaan di sela pemotongan hewan qurban, Selasa (13/8) kepada Jaya Pos mengatakan, makna dari hari raya Idul Adha atau ibadah qurban pada hakikatnya adalah penyembelihan nafsu duniawi, nafsu hewani yang ada pada diri manusia.

Sebagaimana dijelaskan Ali Syariati bahwasannya dalam simbol qurban bermakna kemusnahan dan kematian ego manusia. Berqurban berarti menahan diri dan berjuang melawan godaan ego. “Muhammad Ali (1874-1951) seorang musafir modern, memaknai qurban sebagai tindakan kerendahan hati dan kesabaran dalam penderitaan dan ketakjuban kepada Ilahi,” kata H Dedi.

Yang menarik untuk dicermati adalah sejarah ritual qurban itu sendiri. Pemaknaan ibadah qurban selama ini selalu disandarkan kepada sosok laki-laki yakni Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Padahal, dalam sejarah itu ada sosok manusia yang nyaris diabaikan perannya, mereka adalah Siti Sarah da Siti Hajar.

Begitupun sosok Siti Hajar, sosok perempuan yang luar biasa melahirkan seorang Ismail yang kelak menjadi Nabi. Siti Hajar berhasil mendidik anaknya menjadi seorang pemuda yang taat dan sholeh. Sehingga tatkala sang ayah memintanya untuk menyembelihnya karena Allah, Ismail tanpa tedeng aling-aling langsung menyanggupinya. Sebuah pengorbanan yang luar biasa, pengorbanan yang sulit ditemui pada masa sekarang ini. “Sebuah pengorbanan karena kecintaannya kepada Allah SWT,” kata H Dedi.

Makna yang bisa diambil, tandas H Dedi, dalam rangka mensyukuri dan mentafakuri pengurbanan yang sudah dilakukan oleh Nabi Ibrahim dengan mengurbankan anak­nya sekaligus sebagai ajang pembelajaran kepada para siswa tentang makna-makna sebuah pengorbanan, meskipun pada pelaksanaannya di jaman sekarang tidak harus seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, tetapi dengan cara para mahasiswa menyebar ke masyarakat sekitaran kampus untuk membagikan daging qurban sebagai refleksi peduli sesama dengan cara berbagi.

Senada diutarakan Pengurus Badan Pembina Harian STIKes Muhammadiyah Ciamis H Ismar. Menurutnya, kisah Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Siti Hajar ini memberikan pelajaran yang luar biasa tentang ketaatan seorang abid kepada sang Khaliq, kecintaan yang tiada bandingannya, yang tidak bisa diukur dengan apapun. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66893)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60966)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52725)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18462)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16293)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15558)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15273)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14966)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14728)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10946)
Bedah JayaposKasus YP Galuh Kini di Polda, KPK Diminta MensupervisiBandung, Jaya Pos Dugaan korupsi dana bantuan/hibah Gubernur Jawa Barat (Jabar) kepada Yayasan Pendidikan ...


Proyek Peningkatan Jalan Utama BPTP Babel Diduga MenyimpangMurkayani S, Terdakwa Penipuan CPNS Dituntut 2 Tahun 6 Bulan PenjaraDiduga Gunakan Dana Desa FiktifDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas Negara
Laporan KhususEmpat Tahun Pimpin Tanah Datar, Duet Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma Bertabur PrestasiTanah Datar, Jaya Pos Sudah banyak hal yang diperbuat duet ini untuk Tanah Datar maju, sejahtera dan ...


MTQ OKI Ke 29, Syiar Al QurKPP Pratama Bukittinggi Bersinergi dengan Pemko PadangpanjangDesa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas Muba