Kamis, 22 Agustus 2019 - 06:10:56 WIB
H Sargianto Ikuti Diklat Bimtek Penyusunan Produk Hukum DesaKategori: Riau - Dibaca: 42 kali

Baca Juga:Kabid Perizinan Tertentu Sidoarjo Diduga “Peras” Pengusaha Rp 100 JutaPembangunan Lanjutan RSU Daya Makassar Menuai Sorotan, Aparat Hukum Diminta Segera BertindakPSB Marak Jual-Beli Bangku ?Semua Anggota DPR Ikut Main Proyek

Pekanbaru, Jaya Pos

Sehubungan banyaknya Aparatur Desa maupun warga desa yang belum menyadari pentingnya Peraturan Desa dan ketidaktahuan akan penyusunan peraturan desa, juga menjadi faktor penghambat sebuah desa untuk tidak mempunyai peraturan desa.

Dalam penyelenggaraan, keberadaan Pemerintahan Desa merupakan bagian dari Pemerintah Daerah. Oleh karenanya dalam rangka tertib administrasi penyelenggaraan pemerintahan desa perlu dibentuk regulasi di desa berupa produk hukum desa yang terdiri dari Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa dan Keputusan Kepala Desa.

Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintah, kepentingan/wewenang masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, adapun hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demi menjalankan prinsip pemerintah yang baik (Good Governance), maka harus diperlukan peraturan desa. Secara umum peraturan desa adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh kepala desa setelah dibahas dan disepakati bersama BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

Oleh sebab itu, dalam penyusunan peraturan desa harus didasari oleh undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 111 tahun 2014 tentang pedoman Teknis Peraturan Desa.

Pada 30 Juli s.d 2 Agustus lalu, telah diselenggarakan Pelatihan Bimbingan Teknis Pemantapan Penyusunan Produk Hukum Desa yang diadakan di Gol­den View Hotel, Jln Bengkong Laut -Tj, Buntung, Kec. Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Berdasarkan Surat Dirjen Bina Pemeritahan Desa No 005/4925/BPD tertanggal 9/7/2019 mengirimkan utusan dari beberapa Kabupaten. Kabupaten Kampar mengirimkan perwakilannya sebanyak 3 orang yang terdiri dari 2 orang utusan PMD dan 1 orang utusan dari Desa Bukit Kemuning yaitu H. Sargianto selaku Ketua BPD Desa Bukit Kemuning pada Selasa (30/07) pukul 20.00 Wib.

Acara Pelatihan Bimbingan Teknis Pemantapan Penyusunan Produk Hukum Desa dibuka oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa.
Tujuan diadakannya Pelatihan Bimbingan Teknis Pemantapan Penyusunan Produk Hukum Desa ini bertujuan agar aturan dan hukum tersebut dapat terlaksana di desa-desa.

Sargianto mengatakan bahwa dengan terpilih nya dirinya sebagai Ketua BPD oleh PMD Kab. Kampar, Ia merasa perlu mengikuti Bimbingan Teknis ini.
Diakuinya bahwa dirinya masih minim dalam Ilmu Pemerintahan di bidang BPD. Dengan mengikuti Bimbingan Tekhnis Pemantapan Penyusunan Produk Hukum Desa ini, dirinya mengharapkan akan mendapatkan pemahaman lebih banyak dalam penyusunan dan pembuatan produk hukum di desa. (TIM)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59701)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52465)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51552)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15042)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14310)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14134)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13852)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13359)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12427)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9332)
Bedah JayaposPembangunan Infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya Disinyalir Ada KongkalikongDharmasraya, Jaya Pos Pembangunan yang sudah selesai maupun yang tengah berjalan di Kabupaten Dharmasraya ...


Eksekusi bergaya premanisme, Hendra Laporkan ACC Finance ke BPSK Bukittinggi Kasus Tanah Kas Desa RancaudikTerkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RAB
Laporan KhususBupati H Ade Sugianto Melantik Direktur Operasional Pd BPR Artha Galunggung Kabupaten TasikmalayaTasikmalaya, Jaya Pos Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S. IP melantik Direktur Operasional PD Bank ...


Pemdes Sukaramai Jalin Kerjasama Dengan Praktisi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tentang PerikaKetua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliPolsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik