Minggu, 01 September 2019 - 08:02:07 WIB
DPKP Kalteng Gelar Raker Teknis Pendaftaran Tanah di GumasKategori: Kalimantan Tengah - Dibaca: 47 kali

Baca Juga:Tata Ruang Lingkungan Hidup Jaksel Petieskan Disposisi WalikotaHarga Bawang Anjlok Petani Cibogor MenjeritBupati Labuhan Batu Dilaporkan ke KPKPetani Gula Butuh Bantuan Pemkab

Kuala Kurun, Jaya Pos

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Provinsi Kali­mantan Tengah (Kalteng), menggelar rapat kerja teknis (rakernis) pendaftaran tanah di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Damang Batu, Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Selasa (27/8).

Selain diikuti 70 orang terdiri dari camat, lurah kepala desa se-Kabupaten Gumas, raker tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S Ampung, Kepala BPN Kab Gumas Hartono, Kepala Dinas Kehutanan dan Pertanahan Gumas Rody Aristo Robinson, serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengatakan, rakernis tersebut adalah dalam rangka menuntaskan program strategi nasional yang tertuang dalam “Nawa Cita” Pemerintah Joko Widodo bidang Agraria, yaitu mendaftakan tanah warga dan aset pemerintah. Supaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Mas bersama-sama de­ngan Pemerintah Provinsi Kalimantan tengah dan kantor pertanahan Kabupaten Gunung Mas.

Karena menurut Wakil Bupati, kesadaran masyarakat di desa mendaftarkan tanahnya masih kurang, sebab masih banyak yang tidak memiliki SPT. Se­hingga ketika lahan mereka yang mau diganti rugi oleh perusahaan perkebunan sawit, sering terjadi konflik, karena titik koordinatnya tidak jelas. “Artinya dengan ada­nya penertiban pertanahan seperti ini, supaya tidak ada lagi warga yang lalai untuk mendaftar tanahnya,” tuturnya.

Menurut Wakil Bupati, rencana pemindahan ibukota negara ke Kalimantan jelas ada dampaknya. Dan Kabupaten Gunung Mas, dipastikan menjadi daerah penyangga. Karena menurutnya, ibukota itu, kebutuhannya banyak terutama pangan. “Kita jangan jual lahan, peluang kita untuk memproduksi bahan pangan maupun bahan-bahan baku lainnya termasuk industri-ndustri akan dikembangkan di wilayah kita ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Disperkimtan Kalteng Leonard S Ampung mengatakan bahwa peningkatan jumlah penduduk saat ini berdampak pada keperluan akan tanah untuk hunian dan permukiman. Sehingga perlu dilakukan pengaturan maupun penyelenggaraan urusan pertanahan oleh pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota.

Oleh karena itu, menurutnya pendaftaran tanah memiliki peran penting dalam penyelengaraan urusan pemerintah bidang pertanahan. Dengan adanya legalitas dan kepastian hukum atas tanah tersebut secara tidak langsung akan memberikan dampak.

“Selain itu pendaftaran tanah juga berkontribusi terhadap penda­patan daerah melalui pajak bumi dan bangunan yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dan kemajuan daerah, sehingga apabila dimanfaatkan dengan baik, kegiatan pendaftaran tanah akan memberikan banyak manfaat,” tandasnya.

Selain itu, dalam rakernis ter­sebut Ketua Panitia Raker Maslin dalam laporannya menyampaikan bahwa rakernis tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas dari perangkat desa dan mensinkronisasi penyelenggaraan Bidang Pertanahan di Kabupaten Gunung Mas.
(Kominfosp/Mandau)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59935)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54223)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51781)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15276)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14547)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14358)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14068)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13626)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13529)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9574)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik