Minggu, 01 September 2019 - 08:02:07 WIB
DPKP Kalteng Gelar Raker Teknis Pendaftaran Tanah di GumasKategori: Kalimantan Tengah - Dibaca: 77 kali

Baca Juga:Tata Ruang Lingkungan Hidup Jaksel Petieskan Disposisi WalikotaHarga Bawang Anjlok Petani Cibogor MenjeritBupati Labuhan Batu Dilaporkan ke KPKPetani Gula Butuh Bantuan Pemkab

Kuala Kurun, Jaya Pos

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Provinsi Kali­mantan Tengah (Kalteng), menggelar rapat kerja teknis (rakernis) pendaftaran tanah di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Damang Batu, Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Selasa (27/8).

Selain diikuti 70 orang terdiri dari camat, lurah kepala desa se-Kabupaten Gumas, raker tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S Ampung, Kepala BPN Kab Gumas Hartono, Kepala Dinas Kehutanan dan Pertanahan Gumas Rody Aristo Robinson, serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengatakan, rakernis tersebut adalah dalam rangka menuntaskan program strategi nasional yang tertuang dalam “Nawa Cita” Pemerintah Joko Widodo bidang Agraria, yaitu mendaftakan tanah warga dan aset pemerintah. Supaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Mas bersama-sama de­ngan Pemerintah Provinsi Kalimantan tengah dan kantor pertanahan Kabupaten Gunung Mas.

Karena menurut Wakil Bupati, kesadaran masyarakat di desa mendaftarkan tanahnya masih kurang, sebab masih banyak yang tidak memiliki SPT. Se­hingga ketika lahan mereka yang mau diganti rugi oleh perusahaan perkebunan sawit, sering terjadi konflik, karena titik koordinatnya tidak jelas. “Artinya dengan ada­nya penertiban pertanahan seperti ini, supaya tidak ada lagi warga yang lalai untuk mendaftar tanahnya,” tuturnya.

Menurut Wakil Bupati, rencana pemindahan ibukota negara ke Kalimantan jelas ada dampaknya. Dan Kabupaten Gunung Mas, dipastikan menjadi daerah penyangga. Karena menurutnya, ibukota itu, kebutuhannya banyak terutama pangan. “Kita jangan jual lahan, peluang kita untuk memproduksi bahan pangan maupun bahan-bahan baku lainnya termasuk industri-ndustri akan dikembangkan di wilayah kita ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Disperkimtan Kalteng Leonard S Ampung mengatakan bahwa peningkatan jumlah penduduk saat ini berdampak pada keperluan akan tanah untuk hunian dan permukiman. Sehingga perlu dilakukan pengaturan maupun penyelenggaraan urusan pertanahan oleh pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota.

Oleh karena itu, menurutnya pendaftaran tanah memiliki peran penting dalam penyelengaraan urusan pemerintah bidang pertanahan. Dengan adanya legalitas dan kepastian hukum atas tanah tersebut secara tidak langsung akan memberikan dampak.

“Selain itu pendaftaran tanah juga berkontribusi terhadap penda­patan daerah melalui pajak bumi dan bangunan yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dan kemajuan daerah, sehingga apabila dimanfaatkan dengan baik, kegiatan pendaftaran tanah akan memberikan banyak manfaat,” tandasnya.

Selain itu, dalam rakernis ter­sebut Ketua Panitia Raker Maslin dalam laporannya menyampaikan bahwa rakernis tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas dari perangkat desa dan mensinkronisasi penyelenggaraan Bidang Pertanahan di Kabupaten Gunung Mas.
(Kominfosp/Mandau)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (67471)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60973)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52732)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18486)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16302)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15565)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15277)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14969)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14750)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10951)
Bedah JayaposTerkesan Kongkalikong, Baru Hitungan Bulan Dikerjakan Sudah AmburadulKualatungkal, Jaya Pos Kurangnya pengawasan pekerjaan jalan setapak beton oleh konsultan pengawas dan dinas ...


Penggunaan ADD/DD Tertutup, Pembangunan Semenisasi Desa Talang Danto Hitungan Hari Sudah RusakKepala Inspektorat Sumbar Pecat Oknum ASN, Diduga Tilep Dana Masjid Raya Rp 1.5 MKasus YP Galuh Kini di Polda, KPK Diminta MensupervisiProyek Peningkatan Jalan Utama BPTP Babel Diduga MenyimpangMurkayani S, Terdakwa Penipuan CPNS Dituntut 2 Tahun 6 Bulan PenjaraDiduga Gunakan Dana Desa FiktifDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang Disunat
Laporan KhususPemkab Asahan Laporkan LKPD 2019 Ke BPK Provinsi SumutKisaran, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan me­nyerah­kan Laporan Keuangan ...


Syafril Miliki 9 Anak Sarjana Salah Satunya Wabup SijunjungKajati Jabar Hadiri Pencanangan WBK/ WBBM di Kejari Kabupaten BandungEmpat Tahun Pimpin Tanah Datar, Duet Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma Bertabur PrestasiMTQ OKI Ke 29, Syiar Al QurKPP Pratama Bukittinggi Bersinergi dengan Pemko PadangpanjangDesa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan Korupsi