Kamis, 05 September 2019 - 07:05:03 WIB
CCTV di Pekanbaru Mati Total di 35 TitikKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 161 kali

Baca Juga:Dijanjikan Jadi Model Siswi SMA Rela Difoto BugilAir PDAM Terpaksa DigilirUjian Paket C Diduga Ajang Cari UntungTata Ruang Lingkungan Hidup Jaksel Petieskan Disposisi Walikota

Pekanbaru, Jaya Pos

Proyek pengadaan CCTV di Kota Pekanbaru dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Pekanbaru pada tahun 2018 lalu melalui APBD Kota.

Kegiatan ini terlaksana untuk mendukung fasillitias penunjang program Walikota Pekanbaru DR Firdaus MT yang menjadikan Kota Pekanbaru sebagai “Smart City”. Namun sangat disayangkan karena kondisinya saat ini tidak berfungsi.

Berdasarkan dokumen Rencana Umum Pengadaan (RUP) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru tahun 2018 lalu, ada dua kegiataan pengadaan, hal itu dibenarkan oleh Fauzan selaku Kepala Seksi Infrastruktur Dinas Kominfo Kota Pekanbaru.

“Ya, memang ada pengadaan dan pemasangan CCTV, tetapi yang kami lakukan pada tahun lalu (2018) tadinya direncanakan dua kegiatan yaitu untuk pengadaan jasa sewa CCTV sebesar Rp 930 juta, volume 15 UT.

“Kemudian yang kedua sebesar Rp 300 juta untuk pengadaan CCTV Outdoor 20 set. Memang tadinya kita mau sewa juga jasa ATCS sebanyak 15 UT dengan Spek Eropa, 36 kali zoom ternyata peminat tidak ada, lalu kemudian anggaran dirasionalisasi, karena anggaranna tidak ada. Kemudian dilaksanakanlah pengadaan kamera CCTV sebanyak 20 set dengan kemam­puan 25 kali zoom sebanyak 20 titik, dengan nilai kegiatan Rp 300 juta, itulah yang kami laksanakan, sementara kegiatan yang Rp 930 juta tidak terlaskana,” kata Pauzan membantah kalau sewa CCTV 15 UT tidak dilaksanakan.

Pantauan Jaya Pos di lapangan, kamera pengawas tersebut dipasang secara semrawut. Ada yang ditempel di tiang lampu merah, di tiang listrik Penerangan Jalan Umum (PJU), bahkan ada yang di atas tiang reklame. Kamera-ka­mera pengawas yang berbasis ATCS ini, pusat kontrol berada di kantor Dinas Kominfo.

Ke 35 titik CCTV tersebut diketahui mati setelah Jaya Pos mencoba mengakses melalu situs CCTV Pekanbaru.co.id. Kamera CCTV yang diketahui tidak berfungsi tersebut terletak di Jembatan Siak III, Awal Bros Jl Sudirman, Menara Telkom, Sp Mall SKA, Jl Soekarno Hatta-Arifin Acmad, depan Mall Pekanbaru, Jl Sudirman, Halte Telkom Ahmad Dahlan-Jl Durian, Jl Lobak-Jl Melati, Sp Subrantas dan Jl Garuda Sakti Jl. M Yamin-Ahmad Yani, Jl Jendral Sudirman –Jl T Tambusai, Jl Riau-Rumbai, Sudirman Square, Ramayana-Sukaramai, Simpang Marpoyan-Pasir Putih, Batrai Q Marpoyan, Labersa-Parit Indah, Pasar Bawah, Sp Durian–Soekarno Hatta, Jl Harapan Raya, Jl Kelapa Sawit, Jl Bukit Barisan, Jembatan Siak-1, Jl Air Hitam, kantor Walikota, Rumah Dinas Walikota, Teminal Akap, Simpang Palas, Tugu Songket, Simpang Bandara SSK II, Pelabuhan Sungai Duku, Bank Riau Pasar Pusat.

Kepala Seksi Infrastruktur Dinas Kominfo dan Persandian Kota Pekanbaru, Fauzan, kembali membantah. Menurutnya, ke 35 titik jaringan CCTV yang tidak dapat difungsikan bukan karena kerusakan atau faktor lain akan tetapi akibat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru tidak mampu membayar tagihan internet ke pihak IndiHome. “Memang sudah satu bulan ini tidak berfungsi, tetapi tidak semua ada yang hidup, jadi bukan karena rusak, tetapi karena tagihan internetnya belum dibayar,” ungkap Pauzan kepada Jaya Pos. di kantornya, belum lama ini, (RM)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66237)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60951)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52714)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18421)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16278)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15539)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15261)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14951)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14706)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10931)
Bedah JayaposKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraKab Bandung, Jaya Pos Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung setor uang pengganti dari 3 terdakwa ...


Diduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa SabuDaud Pasaribu SH, : Fakta Persidangan, Objek Perkara Merupakan Harta Warisan Ibu Sinap Untuk PoniyemDewan Kunjungi Proyek 2.2 Milyar, Pelaksana Tuding Bekas PPK Persulit MerekaMerasa Dirugikan, Afrets Elat Melaporkan Keluarga Tumbel ke Polresta ManadoTerkait Dugaan Jual Beli Proyek Aspirasi, Sekjen LSM Pekan 21 Tantang Anggota DPRD Maros-RDP
Laporan KhususDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaMuba, Jaya Pos Rapat Audiensi Pim­pinan DPRD dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Musi ...


Siap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan MarosEbid Diana Putra: Kita Akan Wujudkan Masyarakat SejahteraPemkab Sukabumi Kembali Pertahankan Opini WTPBupati Gumas Lantik 12 Pejabat Struktural Kecamatan ManuhingDPRD Minta Kecamatan Terus Miliki Inovasi Baru Untuk Kemajuan Muba