Jumat, 06 September 2019 - 07:29:35 WIB
Pilkada Ketapang Diprediksi Bakal SeruKategori: Kalimantan Barat - Dibaca: 342 kali

Baca Juga:Para Saksi Memberatkan H. Suparman, Hj Tottih Menunggu Putusan Bijak Hakim PN Jaktim Dinkes KKA Pupuk Calon Masa Depan Yang SehatDijanjikan Jadi Model Siswi SMA Rela Difoto BugilAir PDAM Terpaksa Digilir

Ketapang, Jaya Pos

Perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang tahun depan diprediksi bakal seru. Sebab dari beberapa tokoh-tokoh yang diprediksi maju sudah mulai melakukan komunikasi politik ke jajaran elit partai baik di tingkat pusat, provinsi dan penggurus partai tingkat kabupaten.

Para penantang bupati petahana, Martin Rantan diprediksi bisa lebih dari tiga pasangan. Hal ini bisa dilihat dari upaya beberapa tokoh lokal dan tokoh yang berdomisili dari luar Ketapang. Sosialisasi dan pencitraan diri terus dilakukan oleh mereka mulai dari segmen millenial hingga masyarakat yang bermukim di pedesaan.

Dalam pandangan anggota DPRD Kabupaten Ketapang dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Iin Solinar, ketika dimintai komentarnya disela-sela paripurna pengesahan APBD di kantor DPRD Ketapang pada Senin lalu mengatakan bahwa fenomena tokoh masyarakat serta tokoh politik untuk maju mencalonkan diri sebagai kepala daerah adalah hal yang lumrah dan biasa dalam siklus demokrasi.

Namun dikatakanya karena mungkin beberapa faktor. Diantaranya, karena pe­mimpin yang telah ada saat ini dianggap masyarakat belum mampu bekerja maksimal menuntaskan segala janji-janji politik yang tercantum dalam visi dan misinya lima tahun yang lalu ketika maju sebagai bupati. “Masyarakat sudah mulai paham dan sadar bahwa pentingnya memilih pemimpin yang memiliki komitmen yang jelas dalam membangun kesejahteraan masyarakat,” kata legislator dapil Ketapang satu ini.

Dilanjutkan pengusaha dan politikus ini, keinginan beberapa tokoh tersebut maju sebagai kandidat bupati diyakininya bukan karena mengejar kekuasaan semata, tetap niat membangun dengan adil dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah pondasi utama yang tertanam dalam diri mereka. “Bagi saya, siapapun itu selama memiliki niat baik membangun Ketapang dan memiliki track record yang bagus pasti didu­kung,” katanya.

Namun dalam hal ini, menurutnya dirinya bukanlah penentu untuk menentukan seseorang maju atau tidak sebagai kandidat bupati. “Semuanya tergantung pada mekanisme partai, karena katanya dia sudah tidak lagi memegang posisi apapun dalam struktural PAN di Provinsi Kalimantan Barat,” jelas Iin.

“Saat hanya kader dan anggota biasa saja di PAN, jabatan ketua partai tingkat kabupaten sudah saya serahkan kepada orang yang lebih layak,” ujar pria tambun ini.

Ketika disinggung soal namanya disebut-sebut, sambil berlalu mengatakan: “wah, itu belum saya pikirkan, saya hanya mengikuti irama air dan ketentuan Tuhan Yang Maha Esa saja, semuanya telah saya pasrahkan dan saya masih belum memikirkan hal itu,” pungkas Iin Solinar.

Sementara menurut aktivis senior yang juga mantan anggota DPRD Ketapang H Raden Zainudin, fenomena lima tahunan ini adalah sesuatu yang lumrah dan biasa. Namun dirinya meminta masyarakat untuk cerdas, teliti dan jangan mudah tertipu dengan pola dan ragam tebar pesona mereka. Karena menurutnya, jika salah memilih pemimpin, akan berkibat pada masyakat selaku pemegang mandat yang menentukan kemaslahatan kabupaten Ketapang.

“Pemimpin, terutama bupati itu pemegang hak mutlak untuk menentukan Ketapang lima tahun kedepan, di tangan dialah masyarakat bisa merasakan dampak dari cara dan pola dia memimpin, karena Ketapang perlu pemimpin yang amanah, taat azas dan aturan, jangan kita memilih pemimpin yang memiliki pola pikir mementingkan kelompok dan golongan saja,” terang Bang Haji Zai, sapaan akrabnya.

Upaya sosialisasi guna pengenalan diri tidak hanya dilakukan oleh tokoh-tokoh yang keseharianya bertempat tinggal di Kabupaten Ketapang saja, bahkan beberapa nama yang bertempat tinggal diluar Ketapang pun sudah mulai bermunculan untuk mencoba menggapai peruntungan di jalur politik sebagai kepala daerah.

Dengan bermodalkan dukungan keluarganya yang berdomisili di Ketapang, beberapa nama mulai santer disebut-sebut dan sudah berani memperkenalkan diri. Pola dan strategi yang dilakukan dengan mengaku bahwa dia lahir di tanah Kayong (sebutan Ketapang) dan memiliki orang tua serta keluarga di Ketapang namun bekerja diluar Ketapang. “Siapapun boleh maju, asal mampu dan bisa diterima masyarakat Ketapang,” ujarnya.(MS)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (67482)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60973)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52732)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18486)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16302)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15565)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15277)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14969)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14750)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10951)
Bedah JayaposTerkesan Kongkalikong, Baru Hitungan Bulan Dikerjakan Sudah AmburadulKualatungkal, Jaya Pos Kurangnya pengawasan pekerjaan jalan setapak beton oleh konsultan pengawas dan dinas ...


Penggunaan ADD/DD Tertutup, Pembangunan Semenisasi Desa Talang Danto Hitungan Hari Sudah RusakKepala Inspektorat Sumbar Pecat Oknum ASN, Diduga Tilep Dana Masjid Raya Rp 1.5 MKasus YP Galuh Kini di Polda, KPK Diminta MensupervisiProyek Peningkatan Jalan Utama BPTP Babel Diduga MenyimpangMurkayani S, Terdakwa Penipuan CPNS Dituntut 2 Tahun 6 Bulan PenjaraDiduga Gunakan Dana Desa FiktifDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang Disunat
Laporan KhususPemkab Asahan Laporkan LKPD 2019 Ke BPK Provinsi SumutKisaran, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan me­nyerah­kan Laporan Keuangan ...


Syafril Miliki 9 Anak Sarjana Salah Satunya Wabup SijunjungKajati Jabar Hadiri Pencanangan WBK/ WBBM di Kejari Kabupaten BandungEmpat Tahun Pimpin Tanah Datar, Duet Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma Bertabur PrestasiMTQ OKI Ke 29, Syiar Al QurKPP Pratama Bukittinggi Bersinergi dengan Pemko PadangpanjangDesa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan Korupsi