Selasa, 10 September 2019 - 06:36:29 WIB
Berpakaian Adat Jawa Ratusan ASN Trenggalek Diambil Sumpah Oleh BupatiKategori: Jawa Timur - Dibaca: 63 kali

Baca Juga:Jembatan Gantung Melang Butuh RehabilitasiHarga SIM di Satpas Polres Bojonegoro Melambung TinggiKasus Pelecehan Seks Terhadap Anak Dibawah Umur MenghawatirkanPara Saksi Memberatkan H. Suparman, Hj Tottih Menunggu Putusan Bijak Hakim PN Jaktim

Trenggalek, Jaya Pos

Dalam balutan nuansa adat Jawa, Bupati Trengga­lek Mochammad Nur Arifin, Rabu (4/9) melantik ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari unsur fungsional maupun struktural yang dibagi dalam 3 golongan ruang jabatan, yaitu eselon 4, eselon 3 dan eselon 2.

Kali ini, Bupati melantik 204 pejabat, meliputi 7 pejabat tinggi pratama, 57 pejabat administrator, 124 pejabat pengawas dan 16 pejabat fungsional diantaranya pengawas sekolah, penilik, guru dan auditor.

Bupati muda yang kerap disapa Gus Ipin itu mengatakan, jika pakaian adat Jawa memang sengaja ia perintahkan dipakai oleh para peserta pelantikan sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian terhadap tradisi budaya.

Selain itu, penggunaan pakaian (istilah lainnya ‘ageman’) adat Jawa tersebut juga sekaligus sebagai sarana menyampaikan pesan moral kepada para pejabat agar bisa ‘njawani’ atau memahami secara profesional baik ‘empan, papan’ (penerapan fungsi tugas sesuai tempatnya) dalam konteks yang lebih luas.

“Secara substansial, para pejabat sebagai pelayan masyarakat itu harus mengerti dan memahami ‘empan_papannya’ baik terhadap pimpinan, rekan kerja maupun masyarakat yang dilayani,” jelasnya.

Soal pelantikan yang dilaksanakan tidak seperti biasanya yaitu di luar ruangan, tepatnya di ruas Jl Hasyim Asy’ari atau di akses lingkar alun-alun sisi selatan dibawah patung Garuda Pancasila, itu juga bukannya tanpa alasan.

Menurut Gus Ipin, pihaknya ingin menunjukkan dan memperkenalkan kepada masyarakat luas siapa saja para pejabat Trenggalek yang mendapatkan posisi tugas baru.

“Sebenarnya, ini lebih kepada pesan moral bahwa kami ingin menunjukkan kepada masyarakat agar tahu siapa saja pelayanan mereka, apa program-program kerja maupun tugas dari fungsinya,” sambung suami Novita Hardiny itu.

Beberapa kali prosesi protokoler, pada masa kepemimpinannya ini sengaja dia selenggarakan sedikit berbeda dari kebiasaan-kebiasaan pendahulu. Menurutnya, ini adalah sebagai salah satu bentuk tanggungjawabnya dalam menerapkan standar transparansi publik.

Bahkan, dicontohkan sejak proses dan tahapan awal dari para pejabat strategis utamanya eselon 2, mulai pengumuman lelang sampai tes wawancara disiarkan secara langsung melalui saluran channel Youtube.

“Saya ingin membiasakan segala hal itu transparan, utamanya yang berkaitan dengan pelayanan publik. Segala bentuk informasi, harus bisa dan mudah diakses masyarakat luas,” tandasnya.(HWi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59701)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52465)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51552)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15042)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14310)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14134)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13852)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13359)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12427)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9332)
Bedah JayaposPembangunan Infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya Disinyalir Ada KongkalikongDharmasraya, Jaya Pos Pembangunan yang sudah selesai maupun yang tengah berjalan di Kabupaten Dharmasraya ...


Eksekusi bergaya premanisme, Hendra Laporkan ACC Finance ke BPSK Bukittinggi Kasus Tanah Kas Desa RancaudikTerkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RAB
Laporan KhususBupati H Ade Sugianto Melantik Direktur Operasional Pd BPR Artha Galunggung Kabupaten TasikmalayaTasikmalaya, Jaya Pos Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S. IP melantik Direktur Operasional PD Bank ...


Pemdes Sukaramai Jalin Kerjasama Dengan Praktisi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tentang PerikaKetua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliPolsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik