Rabu, 24 Oktober 2012 - 08:15:52 WIB
Kunjungan Plt Gubsu Ke Asahan Disambut Antusias Pedagang Pasar TradisionalKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 351 kali

Baca Juga:Sejumlah Petinggi Dishub Kab Pandeglang Diduga Bermain "Sabun"LSM Komnas Akan Laporkan Kepala Puskesmas Tulangan ke KejakasaanYBS Peringati HUT Nabi Khong Hu ChuKaraoke Tanpa Izin Diduga Marak di Kediri, Polsek Ngadiluwih Tak Berdaya Menertibkannya

Tanjungbalai, Jaya Pos

Kunjungan Plt Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST dalam acara grebek pasar tradisional Provinsi Sumatra Utara di Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan disambut warga bersama para pedagang.

Kepada sejumlah pedagang di Pasar Air Joman Gatot Pujo Nugroho mengutarakan pentingnya ber KB untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan oleh si ibu juga si anak pun bisa terawat oleh ibu dengan baik. Turut hadir dalam acara tersebut, rombongan, Bupati Asahan Drs Taupan Gama Simatupang, Kepala BKKBN Provinsi Sumatra Utara Drg Wiwidiyono M.Kes dan Deputi BKKBN pusat Drs Hardianto.

“Merencanakan jumlah anak merupakan suatu hal yang terpenting bagi keluarga, kesehatan agar kehidupan anak kelak jauh lebih baik dari kita,” tutur Gatot melanjutkan. Sedangkan untuk menghadapi jaman era globalisasi pada tahun 2015 ini, Gatot juga memberikan resep untuk menghadapinya. Menurutnya, anak ini perlu memiliki kesehatan dan dibekali dengan pendidikan yang berkualitas agar bisa bersaing dan persaingan itu bukan di dalam negeri saja. “Kita harus menganggarkan 20% untuk biaya pendidikan anak kita dari besarnya anggaran yang kita peroleh. Pastikan anak kita memperoleh pendidikan yang baik,” jelasnya.

Sedangkan Kepala BKKBN Sumatera Utara, Drg Wiwidiyono M.Kes kepada sejumlah pedagang menerangkan betapa penting untuk ber KB. Menurutnya, anak 2 cukup lebih baik untuk memperoleh kesejahteraan. Hal senada juga dikemukan oleh Drs Hardianto, Deputi BKKBN Pusat. Dijelaskan, setelah Negara Cina, India, Amerika Serikat, Indonesia peringkat No 4 terbanyak di dunia, dari hasil sensus pada tahun 2010 jumlah penduduk Indonesia sekitar 2.45 juta.

Menurutnya, angka kematian pada ibu melahirkan berjumlah 228/100.000 lebih tinggi setelah Negara Thailand dan Fhilipina. Sedangkan untuk angka kelahiran bayi/bulannya sebanyak 350 ribu, totalnya bayi lahir di Indonesia/harinya berjumlah 2500 bayi.

Di Sumatera Utara bayi lahir setiap jamnya sebanyak 64 bayi. Secara biologis bagi perempuan yang terlalu muda hamil alat reproduksinya berfungsi namun secara medis itu belum berfungsi. Jika dengan usia terlalu tua melahirkan resikonya tinggi bisa menyebabkan meninggal dan terlalu sering atau terlalu rapat melahirkan juga bisa mengakibatkan kesengsaraan dan kematian. “Hanya dengan program KB hal itu bisa diatasi salah satunya dengan menggunakan alat kontrasepsi,” jelas Hardianto.

Menanggapi hal itu, Plt Gubernur Sumatera Utara di hadapan para undangan mengutarakan, tempat pedagang merupakan sebagai tempat strategis untuk memberikan informasi KB dan tujuan KB itu sendiri bukan untuk mengatasi kelahiran tetapi untuk membatasi angka kelahiran.

Dengan angka kelahiran rata-rata jumlah anak 3-9/Kepala Keluarga (KK) anggka itu dikatakan Gatot masih tinggi untuk menekan perkembangan jumlah penduduk hingga mencapai angka 2-4 anak secara nasional, generasi yang berencana harus dikembangkan untuk sebagai juru kampanye (jurkam) program KB.

“Indonesia tahun ini memiliki usia produktif terbaik menempati angka yang menguntungkan dibandingkan negara luar. Dengan memasuki jaman era globalisasi anak kita harus memiliki bekal ilmu, salah satu yang terpinting bagi generasi muda harus bisa menguasai bahasa daerah, bahasa Indonsesia yang baik dan bahasa asing, agar bisa bersaing di dunia tingkat internasional,” jelasnya.

Gatot Pujo juga memberikan sejumlah bantuan secara simbolis kain sarung kepada kaum dhuafa sebanyak 397 orang. Termasuk menyerahkan bantuan modal usaha untuk 10 UKM sebesar Rp 4 juta, penyerahan 100 bibit pohon, penyerahan induk ikan mas, benih ikan, pakan ikan, bantuan uang Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Perikanan Budidaya (PUMP-PB) serta menyerahkan SK pencantuman gelar Sarjana (SI), Pasca Sarjana (S2) dan SK Pensiunan di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Asahan Tuturnya.KN


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72067)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61052)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52806)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20560)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16391)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15656)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15308)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14830)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11323)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya