Jumat, 27 September 2019 - 06:03:58 WIB
Sidang PTUN Ke 8 Antara Walikota dan Mantan Dirut PD Pasar ManadoKategori: Sulawesi Utara - Dibaca: 57 kali

Baca Juga:Mall Ramayana Garut Langgar Jam kerja, Dinsosnakertrans Terkesan Main MataJuara LSS Tingkat Nasional SDN Suryakencana CBM TasyakuranKunjungan Plt Gubsu Ke Asahan Disambut Antusias Pedagang Pasar TradisionalSejumlah Petinggi Dishub Kab Pandeglang Diduga Bermain "Sabun"

Manado, Jaya Pos

Dalam sidang ke delapan, perkara Nomor 14, yang diketuai Majelis Hakim Anang Suseno Hadi SH MH, dan para anggota Alfarisi SH MH, Irfan Tahir SM MH, Salan K dengan agenda keterangan saksi, dan saksi ahli diperdengarkan.

Sementara itu di tempat terpisah, Eugenius Nusje Paransi SH MH, sebagai saksi ahli memberikan keterangan terkait kehadirannya di persidangan tersebut. Menurut Paransi, berdasarkan permintaan penggugat, di instansinya di fakultas hukum sehingga pimpinannya (dekan) mengeluarkan surat tugas untuk memberikan keterangan ahli dalam persidangan perkara No 14.

Dijelaskan bahwa terkait proses pemberhentian, itu diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, yang mengatur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), di dalamnya ketika sudah berakhir meninggal dunia atau mengundurkan diri, atau ada pemberhentian sewaktu-waktu, dalam perkara tersebut, untuk alasan pertama dan kedua tidak masuk karena penggugat tidak ada permintaan itu, kecuali alasan ketiga, pemberhentian sewaktu-waktu tetapi wajib disertai dengan alasan. Tentunya alasan yang tertuang dalam satu surat keputusan (SK) semua diatur dalam aturan ketentuan pemerintah No 54 tahun 2017 tentang BUMD. Kemudian ada keputusan Menteri Dalam Negeri No 50 tahun 1999, dan sebagai ahli memberikan pandangan.

Sedangkan mantan Dirut PD Pasar Manado Ferry Keintjem merasa tidak terima dengan Surat Keputusan (SK) Walikota Manado SK No 42, tanggal 25 Januari 2019 karena dinilai tidak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, seperti diungkapkan saksi ahli tentang pengangkatan dan pemberhentian dari SK Walikota Manado.

Pada sidang ke 8, Kamis (19/9), mantan Dirut PD Pasar Ferry Keintjem hadirkan saksi, dan saksi ahli. “Iya, untuk melengkapi bukti tambahan, saya hadirkan saksi, dan saksi ahli.” terang Ferry.

“Inti dari gugatan, saya melihat ada pelanggaran secara administrasi dilakukan oleh penerbit dengan proses pemberhentian seperti Dirut PD Pasar Manado tidak sesuai aturan, memang kewenangan itu tentunya dari pemegang saham atau pemilik, tetapi seperti dikatakan oleh saksi ahli, namun harus mencantumkan alasan, kenapa diberhentikan? Sebab sesuai SK yang saya terima isinya tidak mencantumkan alasan apapun, karena saya berhenti dengan hormat. Dengan begitu saya adukan upaya hukum lewat lembaga PTUN dan nantinya hakim yang akan menilai,” terang­nya.

Berbeda dengan penjelasan Semmy Mananona SH MH, kuasa hukum Vecky Lumentut menyebutkan bahwa keterangan saksi, fakta dari penggugat tidak menyentuh pada pokok perkara, karena hanya menguraikan tentang peran dari Ferry selaku penggugat. jika dia sebagai direksi, siapa pun itu, tetap melaksanakan tugasnya.

Jika dia tidak menjalankan tugasnya, artinya dia bukan sebagai pimpinan dan dia harus manjalankan tugas sebagai pimpinan dan tetap melakukan pembenahan di setiap pasar-pasar di wilayahnya. Karena salah satu objek perkara adalah proses pemberhentian.

Di tempat yang sama, Stenly Suwuh yang dikonfirmasi terkait pengangkatan dirinya sebagai dirut yang baru, mengatakan bahwa dua bulan sebelum, dilantik dirinya telah dipanggil walikota. “Saya dipanggil Walikota untuk wawancara dan katanya harus ikut fit and proper test,” terangnya.(BL)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59935)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54223)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51781)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15276)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14547)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14358)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14068)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13626)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13530)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9574)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik