Rabu, 02 Oktober 2019 - 05:28:42 WIB
Gawat! SPBU 14.284.135 Tapung Hulu Prioritaskan Pembeli Gunakan JerigenKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 165 kali

Baca Juga:Anggota DPRD dan Tenaga Honorer Parigi Gelar Konsultasi ke BKNProgram Prona di Pandeglang Diduga Dijadikan Ajang BisnisNginap di Wisma Bonthain, Wakil DPRD Bantaeng Angkat Jempol Pada Bupati Keluarga Terdakwa Diduga Main Mata Dangan Penegak Hukum, Tak Ada Uang Korban pun Tertindas

Pembelian menggunakan jerigen ini dilakukan malam hari, sebagian lampu SPBU bahkan sengaja dimatikan

Pekanbaru, Jaya Pos

Sesuai aturan yang diberlakukan oleh Pertamina, bahwa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dilarang menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar de­ngan cara pengisian terhadap pembeli yang menggunakan jerigen.

Sementara temuan Jaya Pos di SPBU 14.284.135 yang terletak di Jl Lintas Suram-Kasikan Desa Sumber Sari Kecamatan Tapung Hulu, Kab Kampar Provinsi Riau, dimana di SPBU yang satu ini tampak begitu bebas menjual BBM bersubsidi jenis premium dan solar dengan menggunakan jerigen oleh pembeli, dan terkesan ada pembiaran.

Di lapangan, pada tengah malam (20/9) SPBU yang sengaja lampunya dimatikan sebagian, sedang melayani pembeli BBM bersubsidi dengan cara mencor ke jerigen pembeli. Ada dugaan, kegiatan ini kemungkinan setiap malam dilakukan.

Parahnya lagi, konsumen yang membeli BBM bersubsidi jenis premium dan solar, menyusun jerigen yang sudah berisikan BBM bersubsidi ke mobil pick up hingga puluhan jerigen dan ada juga pakai keranjang along-along melangsir dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Dari hasil penelusuran, pada Jumat dini hari (20/9), sekitar pukul 01.11 Wib, puluhan mobil yang terlihat dibelakang SPBU, pembeli yang menggunakan jerigen rata-rata 30 jerigen berisikan BBM bersubsidi per mobil pick up. Mobil pick up yang antri menunggu di belakang SPBU, nampak bergiliran melakukan pengisian jerigen hingga jatah masing-masing terpenuhi.

Dari hasil pantauan Jaya Pos bersama tim selama tiga malam berturut-turut, kegiatan ilegal ini sepertinya dilakukan pembiaran, karena tidak ada pengawasan dari pihak terkait.

Untuk itu, diharapkan agar pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Tapung Hulu agar memantau aktifitas SPBU tersebut, dan segera menghentikan aksi penyalahgunaan BBM bersubsidi dan mengamankan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Untuk konfirmasi lebih lanjut Jaya Pos menyamba­ngi Mapolsek Tapung Hulu, namun salah satu anggota polsek berinisial E berpangkat Bripka tersinggung jika kegiatan tersebut diamankan. Oknum polisi E ini bahkan menendang kursi di ruangan Reskrim sambil mengatakan “tidak ada perintah dari komandan.”

Meski demikian, tak lama kemudian anggota Polsek Tapung Hulu turun ke lokasi SPBU namun dengan kondisi sudah sepi. Sehingga hal ini patut dicurigai, ada oknum polisi menginformasikan ke pihak SPBU untuk segera mengondisikan lokasi, sehingga kuat dugaan ada oknum polisi yang bekap kegiatan tersebut.

Terkait pelanggaran itu, Ketua DPC Gabungan Wartawan Indonesia (GWI) Kabupaten Kampar Robinson Tambunan, meminta Pertamina dan instansi terkait mengambil tindakan tegas terhadap SPBU yang masih melayani pembelian BBM bersubsidi menggunakan je­rigen.

Dirinya jgua meminta kepada pihak Pertamina dan instansi terkait, agar memberikan peringatan keras terhadap pihak SPBU tersebut, hingga dijatuhi sanksi penyegelan karena kejadian ini bukan sekali tetapi sudah setiap malam menjual BBM bersubsidi berupa solar dan bensin kepada konsumen yang menggunakan jerigen.

Menurut Robinson, penyalahgunaan BBM bersubsidi ini telah melanggar Pasal 55 juncto, Pasal 56. UU No 22 tahun 2001, tentang Minyak dan Gas Bumi. dengan ancaman pidana penjara maksimal enam tahun, dan denda maksimal Rp 60 miliar. “Sebab SPBU ini telah terbukti melakukan tindakan penyalahgunaan BBM bersubsidi, maka harus dikenakan sanksi. Bila perlu hingga pencabutan izin usahannya,” sebut Robinson.

Manager SPBU yang ada di Jl Lintas Suram – Kasikan, Desa Sumber Sari, Jasmadi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan bahwa pihaknya juga memikirkan masa depan masyarakat yang jauh di pedesaan.

Sementara menyangkut teguran yang dilakukan oleh piha pertamina nampak jelas diabaikan. “Kami sudah menegur,” jawab Januar selaku pejabat Pertamina Balai Cabang Wilayah Provinsi Riau ketika dihubungi me­lalui telepon seluler, (25/9). (Dh/Nur)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59935)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54223)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51781)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15276)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14547)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14358)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14068)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13626)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13533)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9574)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik