Rabu, 09 Oktober 2019 - 06:04:38 WIB
Anak Didik Dilarang Terlibat Aksi Unjuk RasaKategori: Pendidikan - Dibaca: 23 kali

Baca Juga:Hotel Transera Hadir di Pontianak Usung Simplicity HomeMasjid Al-Barokah Tunggu Uluran Tangan DermawanSMK Padjadjaran dan PT Izusu Astar Motor Lakukan Penanaman PohonDana DAK 2012 Kab Blitar Jadi Siluman di RSUD Ngudi Waluyo

Melawi, Jaya Pos

Sesuai dengan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 9 tahun 2019 anak didik tidak di izinkan ikut dalam melakukan demonstrasi unjuk rasa.Hal itu sesuai dengan petunjuk UU nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan Anak.

Sebagaiman perubahan atas UU No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, dalam pasal 15 huruf d menyatakan setiap anak berhak memperoleh perlindungan dari keterlibatan peristiwa yang mengandung kekerasan.

Diteruskan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 82 Tahun 2015 tentang penanggulangan dan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

Pasal 8 ayat (1) huruf c, satuan pendidikan wajib menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi peserta didik dalam kegiatan/pembelajaran sekolah maupun di luar satuan pendidikan. Dan Permen DikBud No 30 Tahun 2017 tentang keterlibatan keluarga dalam penyelenggaraan Pendidikan dengan lanjutan pasal 8 ayat (1) huruf a dan huruf b.

Berkenaan dengan UU dan peraturan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan pencegahan dan langkah penanganan, diantaranya :

1. Memastikan pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru untuk memantau, mengawasi serta menjaga keamanan dan keselamatan peserta didik.
2. Menjalin kerjasama dengan orang tua murid/wali untuk memastikan anak-anak mengikuti proses belajar.
3. Membangun harmonisasi komunikasi dengan peserta didik.
4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dapat menyalurkan pemikiran kritis, bakat dan kreativitas.
5. Memastikan pengurus OSIS untuk tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi informasi yang menyesatkan.

“Hal ini menjadi perhatian khusus bagi guru, orang tua murid/wali serta semua lapisan masyarakat, khusus di lingkungan pendidikan Kabupaten Melawi,” himbau Kadis Dikbud Kabupaten Melawi DRS, Joko Wahyono M,si. (Pangaribuan)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59935)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54223)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51781)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15276)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14547)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14358)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14068)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13626)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13529)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9574)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik