Jumat, 01 November 2019 - 06:50:08 WIB
PN Pekanbaru Menolak Gugatan Hotman Simanjuntak Atas Sengketa Lahan di Jl Cipta KaryaKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 152 kali

Baca Juga:Kadindik Kab. Tangerang ‘Restui" Pungli di SMPN 1 Kelapa DuaTerkait Kasus Judi Leng, Kajari Simalungun Akan Diperiksa Pihak Kejatisu Bantuan RTLH Tidak Tepat Sasaran, Rumah Rusak Tidak TerakomodirDiperlakukan Semena-mena, Penyidik Polsek Cengkareng Dilaporkan Warga ke Propam dan Kapolda

Pekanbaru, Jaya Pos

Berlian Siagian melaporkan Hotman Simanjuntak dengan Laporan Polisi No LP/242/XII/2010/Dit. Reskrimum ter­tanggal 16 Desember 2010 tentang dugaan tindak pidana penipuan dan/atau pengelapan sebagai mana dimaksud dalam rumusan pasal 378 jo 372 KUHPidana, terhadap tanah yang berukuran 17 x 30 M2 yang dahulu terletak di RT I, RK I, Kedesaan Simpang Baru, Kec. Kampar, Daerah tingkat II Kampar, saat ini masuk Wilayah RT 02 RW 01, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru dimana dalam proses penyidikan telah menetapkan terlapor Hotman Simanjuntak sebagai tersangka.

Namun, dari pihak terlapor (Hotman Simanjuntak) melakukan seribu cara untuk mengantisipasi langkah hukum pelapor dengan cara mengirimkan gugatan ke Pengadilan Negeri Pekanbaru pada tahun 2016, dengan No 73/Pdt.G/2016/PN.PBR, putusan pada Pengadilan Negri, Pengadilan Tinggi, hingga Mahkama Agung RI yang dimenangkan oleh Berlian Siagian dan Halasan Mangunsong dan berlanjut dengan melakukan gugatan ulang pada tanggal 01 Februari 2019 dengan gugatan No. 23/Pdt.G/2019/PN.PBR.

Maka dilakukan Sidang Lapangan terkait gugatan atas lahan tersebut oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kota Pekanbaru. Pada saat Sidang Lapangan Perkara Gugatan No. 23/Pdt.G/2019/PN.PBR tersebut, kuasa hukum Berlin Siagian, Jaka menjelaskan bahwa dalam sidang lapangan tersebut Hotman Simanjuntak menunjukan lokasi yang berbeda dengan objek gugatanya dan dihadapan Majelis Hakim pemeriksa perkara.

Memasuki babak akhir kasus ini, dilakukan sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Pekanbaru. Sidang Putusan Nomor 23/Pdt.G/2019/PN.Pbr antara Hotman Simanjuntak melawan Berlin Siagian dan Halasan Simangunsong dibacakan pada oleh Majelis Hakim yang diketuai oleh Asep Koswara, Rabu (09/10).

Dalam putusan yang dibacakan tersebut, Majelis Hakim secara jelas dan tegas menyatakan bahwa Gugatan Penggugat (Hotman Simanjuntak) dinyatakan tidak dapat diterima dengan mengabulkan eksepsi tergugat 2 Halasan Simangunsong.

Adapun eksepsi yang dikabulkan berdasarkan fakta persidangan adalah eksepsi mengenai discualification in person yang menyatakan bahwa Penggugat (Hotman simanjuntak) tidak memiliki legal standing dalam menggugat karena sudah terbukti bahwa bidang tanah dimaksud telah dijual dan beralih kepada Sdr Wodie.

Dengan dikabulkannya eksepsi tersebut maka Majelis Hakim tidak mempertimbangkan lagi pokok perkara dalam konpensi serta Gugatan Rekonpensi yang diajukan oleh Tergugat 2 Halasan Simangunsong.

“Dengan terbuktinya bahwa Hotman tidak memiliki legal standing lagi dalam menggugat, maka otomatis gugatan tidak akan menghalangi proses penyidikan di Polda Riau dan justru putusan ini menguatkan posisi Hotman Simanjuntak sebagai tersangka, karena benar dia telah menjual bidang tanah milik Berlin dan Halasan kepada orang yang bernama Wodie, dengan kata lain Hotman Simanjuntak telah jelas melakukan penggelapan atas bidang tanah dengan menjualnya kepada orang lain (Wodie),” ujar Bagan sinaga SH bersama Tim Lawyer Daud pasaribu SH kuasa hukum Halasan Mangunsong.

“Bahwa andaikan hakim hendak mempergunakan lembaga hukum ini, hakim pidana ini tidak terikat pada putusan hakim perdata yang bersangkutan seperti dinyatakan dalam peraturan Mahkamah Agung No.1 tahun 1956. Dalam amar putusannya majelis hakim mengakomodir tentang laporan tergugat 1 di Polda Riau dengan mengacu pada “prejudicieel geschil,“ ujar Jaka M SH, kuasa hukum tergugat 1 Berlin Siagian.

Saat ini Berlin dan Halasan tinggal menunggu tindak lanjut dari Polda Riau dalam penyidikan laporan Berlin terhadap Hotman sampai kepada tersangka dijebloskan ke dalam tahanan. (AH)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60719)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (60716)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52499)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16037)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (15433)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15312)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15092)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14774)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14396)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10313)
Bedah JayaposBPD Tak Kujung Dilantik Desa Balongbendo Terancam LumpuhSidoarjo, Jaya Pos Warga Desa Balongbendo Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo Re­sah, pasalnya ...


Demi Untung Banyak, Ketua Panitia Gunakan Tanah Urug Tidak Sesuai SpekLujeng Sudarto Desak Kejari Bangil Ungkap Aktor Intelektual Kasus DisporaTanpa SP Grop Wilmar Mutasi Karyawan Semena MenaProyek Rehab Bangunan Pelabuhan Diduga MenyimpangPT Adira Finance Pasaman Barat Terkesan Tutup Mata Terhadap Konsumen yang TertipuDugaan SPJ Fiktif di DisdukCapil BukittinggiKegiatan Pembangunan di Desa Gedangrowo Jadi Bancakan
Laporan KhususSemarak Festival Bunga Dan Buah Nusantara 2019Bogor, Jaya Pos Euforia acara Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2019 yang telah berakhir pada Minggu ...


Pembangunan Jalan di Provinsi Jambi, Dinas PUPR Terus Berkoordinasi Dengan Kepala BalaiBupati OKU Hadiri Peringatan Hari Guru Nasional 2019Tingkatkan Kualitas Batik Jambi Rahima Gandeng Desainer Eddy BettyGubernur Jambi Anggarkan Bantuan dan Fasilitasi Kesepakatan PMI, DMI dan LPP TVRI Untuk MasyarakatKecamatan Kurun Juara Umum Festival Tandak Intan KaharinganPemkab Asahan Laksanakan Upacara Peringatan HKN Peringati HKN Ke-55, Pemkab Gumas Gelar Senam Sehat dan Germas Hidup Sehat