Minggu, 28 Oktober 2012 - 10:06:24 WIB
Kinerja P2T Pemkot Jakut AmburadulKategori: Jakarta - Dibaca: 497 kali

Baca Juga:Proyek Parkir RSUD Sidoarjo Sarat Permainan , Pemenang Proyek Ancam Pukul WartawanSudah 3 Kali Kajari Dumai Berganti, Proses Hukum Dugaan Pidana Korupsi DipertanyakanKorupsi Anggaran Pansus DPRD Kota Bandung, Ebet Hidayat Diancam 20 Tahun PenjaraTerdakwa Hasan Saputra Diminta Segera Ditahan

Jakarta, Jaya Pos

Rencana pembangunan jalan tol akses ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Kalibaru, sudah melenceng jauh dari skedul (jadwal) semula. 2 obyek lahan yang sejatinya sudah dan harus segera dibebaskan untuk pemasangan tiang pancang jalan tol yakni yang terletak di  Tanah Merdeka Kel Kalibaru Cilincing  dan lahan yang dihuni oleh 37 pedagang kios kaki lima binaan Kopkar TPK Koja, ternyata belum dilaksanakan.

Kinerja Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Pemkot Adm Jakarta Utara  lamban dan terkesan melakukan pembiaran pasca pembayaran  terhadap 21 KK warga Tanah Merdeka Kalibaru Cilincing dengan menghabiskan anggaran sebesar berkisar 3 milyar yang bersumber dari APBN.

Sementara  puluhan warga Kalibaru yang lain masih menunggu dan berharap-harap cemas, oleh karena pada saat ini muncul pemilik tanah yang sebenarnya dan lebih berhak atas tanah tersebut yakni Abdul Rachman Cs  Umi Kulsum dengan No girik Leter C 562 diterbitkan oleh Kelurahan Semper Barat Cilincing.

Mengingat masalah ini sudah masuk ke ranah hokum, para ahli waris satu diantaranya H Marjuki mewakili ahli waris lainnya lantas memberikan kuasa kepada Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) Jakarta Utara.

Oleh Ketua AWDI Jakarta Utara Wahab Joni SSos dan Joni Samosir SH, perkara  ini diboyong ke kantor hukum “Law Firm” John & Hans Associates yang beralamat di Jl Imam Bonjol No 61 Jakarta Pusat. Secara juridis formal, masalah tanah Merdeka Kalibaru yang tengah dipersengketakan oleh sejumlah warga sudah berada di tangan kuasa hukum H Marjuki.  

Saat dikonfirmasi di kantornya, Ketua AWDI Jakarta Utara Wahab SSos didampingi  Joni Samosir SH menjelaskan, sebagai gebrakan dan langkah awal kuasa hukum H Marjuki dari kantor hukum John & Hans Associates melayangkan surat somasi kepada Panitia Pengadaan Tanah Pemkot Jakut dengan tembusan kepada Gubernur DKI, Badan Pertanahan DKI, Pengguna Anggaran (PU) isi surat tersebut mengisyaratkan agar pihak P2T dan Pengguna Anggaran (PU) tidak melakukan pembayaran kepada warga atau kepada siapapun, selanjutnya agar menitipkan uang tersebut lewat Pengadilan Negeri Jakarta Utara (Konsinyasi)”. “Nanti siapa yang lebih berhak atas uang titipan tersebut karena hal ini jauh lebih adil dan transparan,” ujar Joni serius.

Komentar yang disampaikan oleh Ketua AWDI Jakarta Utara Wahab Joni SSos  bahwasanya P2T Jakarta Utara tidak melaksanakan mekanisme sebagaimana diatur oleh Undang-Undang No 2/2012 pasal 47 yang berbunyi: bahwa pelepasan obyek pengadaan tanah dapat dilaksanakan paling lambat 60 hari kerja sejak penetapan lokasi pembangunan utuk kepentingan umum. Namun pihak P2T tidak melaksanakannya, jadi tak ubahnya dengan memandulkan dan mengkebiri undang-undang tersebut.

Harap-harap cemas juga datang dari 37 pedagang kios Binaan Kopkar TPK Koja. Para pedagang ini didampingi oleh kuasa hukum dari Kantor Hukum Jamaluddin Lamanda SH MH dan rekan, beberapa waktu lalu diundang oleh  Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Tol Pelabuhan Tanjung Priok Ir Bambang Nurhadi MSc, diantara yang hadir saat itu dari PT Pelindo II Cabang Tanjung Priok P2T Pemkot Jakarta Utara, Kopkar TPK Koja, KP3 Pelabuhan Tanjung Priok  dan Pejabat Pembuat Komitmen (PU Pengguna Anggaran) di Jl. Birah II Blok S Jakarta Selatan Kantor Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan Pelabuhan Tanjung Priok.

Ir Bambang Nurhadi menjelaskan, secara teknis mekanisme pembangunan jalan tol akses ke Tanjung Priok kepada undangan yang hadir, seraya berharap kepada masing-masing pihak untuk bisa  bersinergi oleh karena bilamana jalan tol akses ke Pelabuhan Tanjung Priok ini cepat selesai, kemacetan yang selama ini terjadi akan lebih cepat bisa teratasi selanjutnya kata Bambang “terkait tuntutan 37 pedagang  kios binaan Kopkar TPK Koja dengan besaran ganti rugi 66 juta per kios kata Bambang akan dibicarakan dalam rapat pertemuan selanjutnya dengan semua pihak terkait, oleh karena pihaknya hanya bertanggung jawab dalam hal teknis, bukan dalam hal pembiayaan atau pendanaan. “Minimal 2 kali pertemuan lagi segalanya bisa terealisasi,” terang Bambang.Bud


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60706)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (60529)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52490)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16022)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (15377)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15298)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15076)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14759)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14383)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10298)
Bedah JayaposDemi Untung Banyak, Ketua Panitia Gunakan Tanah Urug Tidak Sesuai SpekPekanbaru, Jaya Pos Meterial tanah urug setidaknya harus memiliki agregat atau daya kerekatan yang sudah ...


Lujeng Sudarto Desak Kejari Bangil Ungkap Aktor Intelektual Kasus DisporaTanpa SP Grop Wilmar Mutasi Karyawan Semena MenaProyek Rehab Bangunan Pelabuhan Diduga MenyimpangPT Adira Finance Pasaman Barat Terkesan Tutup Mata Terhadap Konsumen yang TertipuDugaan SPJ Fiktif di DisdukCapil BukittinggiKegiatan Pembangunan di Desa Gedangrowo Jadi BancakanDana Bumdes Kolelet-Picung Diduga Masuk Kantong Pribadi
Laporan KhususPembangunan Jalan di Provinsi Jambi, Dinas PUPR Terus Berkoordinasi Dengan Kepala BalaiJambi, Jaya Pos Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar MHum memimpin Upacara Hari Bhakti ke-74 PU di lapangan ...


Bupati OKU Hadiri Peringatan Hari Guru Nasional 2019Tingkatkan Kualitas Batik Jambi Rahima Gandeng Desainer Eddy BettyGubernur Jambi Anggarkan Bantuan dan Fasilitasi Kesepakatan PMI, DMI dan LPP TVRI Untuk MasyarakatKecamatan Kurun Juara Umum Festival Tandak Intan KaharinganPemkab Asahan Laksanakan Upacara Peringatan HKN Peringati HKN Ke-55, Pemkab Gumas Gelar Senam Sehat dan Germas Hidup SehatPemkab Tasikmalaya Gelar Upacara HUT Korpri Ke-48