Jumat, 15 November 2019 - 07:08:38 WIB
Gerakan Bersih Sungai Brantas Bersama Wabup dan Gubernur JatimKategori: Jawa Timur - Dibaca: 28 kali

Baca Juga:Wakil Walikota Serahkan Bantuan Kepada MasyarakatNyambi Jual Ganja, Oknum Mahasiswa Diringkus PolisiKinerja P2T Pemkot Jakut AmburadulProyek Parkir RSUD Sidoarjo Sarat Permainan , Pemenang Proyek Ancam Pukul Wartawan

Mojokerto, Jaya Pos

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Pa­rawansa, membahas PR (pe­kerjaan rumah) bersama terkait masalah popok bekas yang dibuang sembarangan ke sungai. Dirinya menaksir jumlah sampah popok di Jawa Timur mencapai kisaran 2,4 juta setiap harinya.

Hal tersebut disampaikan pada acara Adopsi Sungai Brantas Gerakan Aksi Bersih Sungai Tahun 2020 di Taman Brantas Indah (TBI) Kabupaten Mojokerto. “Jika di Jawa Timur ada 800 ribu anak-anak yang pakai popok, sehari ganti tiga kali, artinya ada 2,4 juta sampah popok. Kalau separuhnya dibuang ke sungai, itu masalah serius,” kata Khofifah.

Khofifah juga menegaskan akan terus berkoordinasi, dan membuat kerjasama baik swasta maupun dae­rah lain termasuk Jawa Tengah yang memiliki problem yang sama. Khofifah bahkan menyatakan telah menyusun kerjasama dengan investor dari Inggris, terkait inovasi popok ramah lingkungan. Popok tersebut nantinya bisa dipakai hingga beberapa kali, sehingga diharapkan memberi dampak positif terhadap ekosistem lingkungan.

“Kita juga koordinasi de­ngan Bapak Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, terkait Sungai Bengawan Solo. Permasalahannya sama de­ngan kita (sampah popok di sungai). Kita terus bangun partnership dengan dunia industri juga,” tambah Khofifah.

Di akhir arahan, orang nomor satu di Jawa Timur ini menyerukan gerakan sebar biji buah. Menurutnya, lebih baik untuk tidak membuang biji buah begitu saja. Ia ber­bagi tips kebermanfaatan biji buah, untuk kelangsungan alam terutama sumber daya air.

“Kalau makan buah, bijinya ja­ngan dibuang langsung. Lebih baik disimpan, lalu di­keringkan. Nanti bisa kita sebar di tempat-tempat gersang. Jika bijinya tumbuh, kita telah ikut memelihara ketersediaan sumber air di bumi Jawa Timur,” tandasnya.

Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, hadir pada acara ini dan menjelaskan bahwa Pemkab Mojokerto sendiri akan terus bersinergi dengan unsur pemerhati lingkungan. Wabup setuju, jika permasalahan buang sampah popok di sungai harus diatasi segera.

Menurutnya, anggapan di masyarakat terkait buang sampah popok harus di sungai, perlu diluruskan dengan sosialisasi dan edukasi yang mengena.
“Masyarakat sudah kadung percaya, buang sampah popok bayi di sungai agar bayi tidak ‘suleten’ dalam tradisi lokal. Biar adem, gitu kepercayaannya. Ini yang harus diluruskan. Mesti ada sosia­lisasi dan edukasi. Sungai itu sumber air, tidak boleh dicemari,” kata wabup.

Wabup juga menginfomasikan agenda bersih-bersih sungai bersama Aliansi Air, bertajuk River to River Journey. Kegiatan ini digelar tanggal 5-7 November. Kegiatan diikuti kurang lebih 2.500 relawan, yang melakukan lari estafet sejauh 88 km sepanjang hulu hingga hilir untuk aksi bersih-bersih sungai.

Pembukaan acara diawali penyerahan santunan oleh Gubernur Khofifah kepada 20 orang pemulung sampah, wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, dilanjutkan penyerahan drop box sampah pada Ponpes Al Istiqomah Desa Mojokarang Kecamatan Dlanggu, serta penanaman 500 batang bibit pohon trembesi di sepanjang bibir Sungai Brantas.

Gubernur Khofifah bersama Wabup Pungkasiadi, serta tamu pen­t­ing lainnya seperti Walikota Mojo­kerto Ika Puspitasari beserta Wakil Walikota Mojokerto Ahmad Rizal Zakaria, kemudian melanjutkan kegiatan susur Sungai Brantas menggunakan perahu karet.

Pada aksi susur sungai, dilakukan penebaran 50.000 benih ikan jenis Sengkaring, Baderbang, Uceng, Muraganting, Betik, Nilem Ireng, Nilem Abang, Wader Pari, dan Wader Cakul. Susur sungai finish di DAM Lengkong/Rolak 9.

Kegiatan diakhiri kunjungan pameran pengelolaan sampah lingkungan, oleh Komunitas Lingkungan Bank Sampah Induk Kota Mojokerto, Sahabat Lingkungan, dan Konsorsium Lingkungan, di halaman kantor Perum Jasa Tirta.(Ad)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60706)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (60524)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52490)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16022)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (15377)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15298)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15076)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14758)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14382)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10298)
Bedah JayaposDemi Untung Banyak, Ketua Panitia Gunakan Tanah Urug Tidak Sesuai SpekPekanbaru, Jaya Pos Meterial tanah urug setidaknya harus memiliki agregat atau daya kerekatan yang sudah ...


Lujeng Sudarto Desak Kejari Bangil Ungkap Aktor Intelektual Kasus DisporaTanpa SP Grop Wilmar Mutasi Karyawan Semena MenaProyek Rehab Bangunan Pelabuhan Diduga MenyimpangPT Adira Finance Pasaman Barat Terkesan Tutup Mata Terhadap Konsumen yang TertipuDugaan SPJ Fiktif di DisdukCapil BukittinggiKegiatan Pembangunan di Desa Gedangrowo Jadi BancakanDana Bumdes Kolelet-Picung Diduga Masuk Kantong Pribadi
Laporan KhususPembangunan Jalan di Provinsi Jambi, Dinas PUPR Terus Berkoordinasi Dengan Kepala BalaiJambi, Jaya Pos Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar MHum memimpin Upacara Hari Bhakti ke-74 PU di lapangan ...


Bupati OKU Hadiri Peringatan Hari Guru Nasional 2019Tingkatkan Kualitas Batik Jambi Rahima Gandeng Desainer Eddy BettyGubernur Jambi Anggarkan Bantuan dan Fasilitasi Kesepakatan PMI, DMI dan LPP TVRI Untuk MasyarakatKecamatan Kurun Juara Umum Festival Tandak Intan KaharinganPemkab Asahan Laksanakan Upacara Peringatan HKN Peringati HKN Ke-55, Pemkab Gumas Gelar Senam Sehat dan Germas Hidup SehatPemkab Tasikmalaya Gelar Upacara HUT Korpri Ke-48