Minggu, 28 Oktober 2012 - 10:25:26 WIB
Bupati Indramayu Luncurkan Program Fit For SchoolKategori: Pendidikan - Dibaca: 382 kali

Baca Juga:HUT Harian Jaya Pos Ke 5, Eratkan Kebhinnekaan Tunggal IkaWakil Walikota Serahkan Bantuan Kepada MasyarakatNyambi Jual Ganja, Oknum Mahasiswa Diringkus PolisiKinerja P2T Pemkot Jakut Amburadul

Indramayu, Jaya Pos

Kesadaran akan pentingnya kesehatan harus ditanamkan sedini mungkin. Sejak kecil, anak-anak harus diajarkan dan dibiasakan untuk menjaga kesehatan. Tidak perlu dengan masalah yang rumit, yang membuat kening berke­rut, tetapi dapat juga melalui hal yang kecil yang mungkin terkesan sepele, namun memberikan dampak yang cukup besar bagi kesehatan.

Demikian dikatakan Bupati Indramayu, Hj Anna Sophanah saat meluncurkan program Fit For Shool yang ditandai dengan mencuci tangan dan menyikat gigi secara bersama-sama dengan para pelajar SDN Margadadi Indramayu.

Dikatakan, dengan memperkenalkan dan menanamkan sedini mungkin pelajaran tentang kesehatan, penyakit ringan, sedang, maupun berat khususnya pada anak-anak diharapkan dapat dicegah.

Meski demikian, ujar orang nomor satu Indramayu itu, menanamkan kesadaran pada anak-anak tentunya tidak mu­dah. “Minimnya pengetahuan yang dimiliki anak-anak, serta kesadaran maupun pemikirannya yang masih belum matang, membuat anak-anak mudah tergoda terhadap ajakan yang kadangkala negatif,” katanya.

Untuk itu, tandasnya, para orang tua diharapkan dapat membimbing, mengawasi dan mengarahkan, serta memberikan contoh yang baik bagi anak-anak.

“Kita berharap anak-anak tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang hebat sesuai dengan harapan. Namun tentunya kita tidak boleh hanya sekedar memberi nasehat kepada mereka sementara kita sendiri melakukan hal yang bertentangan dengan apa yang kita ajarkan kepada mereka,” pintanya.

Dijelaskan, meskipun penge­tahuan dan pemikirannya sederhana, anak-anak sesungguhnya memiliki logika dan sikap kritisnya sendiri terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, lanjutnya, sebagai teladan bagi anak-anak sudah sepantasnya para orang tua untuk terlebih dahulu memperbaiki diri, karena perilaku orang tua menjadi contoh dan panutan bagi anak-anaknya.

“Anak ibarat se­lembar kertas putih. Kalau kita mengisinya dengan baik, ma­ka baik pula hasilnya. Begitu juga sebaliknya. Kalau kita memberi contoh bu­ruk, maka anak pun dengan mudah meniru perilaku buruk itu,” tandasnya.

Menurut Bupati Hj. Anna, program Fit for School ini suatu program yang terkesan sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa, tidak hanya bagi anak-anak, tapi juga bagi mas­yarakat, bangsa dan negara.

Sementara itu Panitia Penyelenggara Dra. Hj. Sri Bekti K, M.Si mengatakan, program Fit For School ini merupakan buah kerjasama antara TP UKS Propinsi Jawa Barat dengan Germani Internasional Development (GIZ). Di Kabupaten Indramayu terdapat 6 sekolah yang mendapatkan bantuan program tersebut yakni SDN Margadadi IV, V, VI, VI,VII, SDN Pabean Udik I, dan MI PUI Sindang dengan jumlah siswa 2.187 orang.

Pada kesempatan itu turut hadir perwakilan dari GIZ Mr. Zuan Alfonco, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Prof DR Wahyudi Zarkasyi dan lainnya. Seusai peluncuran program, Bupati Indramayu menyempatkan untuk melakukan cuci tangan dan menggosok gigi bersama dengan anak-anak sekolah.JR Manalu


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (67010)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60968)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52727)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18477)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16296)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15559)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15273)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14966)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14729)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10946)
Bedah JayaposKepala Inspektorat Sumbar Pecat Oknum ASN, Diduga Tilep Dana Masjid Raya Rp 1.5 MPadang, Jaya Pos Setelah menjabat enam tahun sebagai bendaharawan, akhirnya terungkap kebobrokan oknum ASN ...


Kasus YP Galuh Kini di Polda, KPK Diminta MensupervisiProyek Peningkatan Jalan Utama BPTP Babel Diduga MenyimpangMurkayani S, Terdakwa Penipuan CPNS Dituntut 2 Tahun 6 Bulan PenjaraDiduga Gunakan Dana Desa FiktifDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal Mutu
Laporan KhususKajati Jabar Hadiri Pencanangan WBK/ WBBM di Kejari Kabupaten BandungKab Bandung, Jaya Pos Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati Jabar) Ade Eddy Adhyaksa menyaksikan ...


Empat Tahun Pimpin Tanah Datar, Duet Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma Bertabur PrestasiMTQ OKI Ke 29, Syiar Al QurKPP Pratama Bukittinggi Bersinergi dengan Pemko PadangpanjangDesa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu Dipertahankan