Sabtu, 16 November 2019 - 05:33:58 WIB
COTR Kejayan Berhasil Exsplore Budaya NusantaraKategori: Jawa Timur - Dibaca: 55 kali

Baca Juga:HUT Harian Jaya Pos Ke 5, Eratkan Kebhinnekaan Tunggal IkaWakil Walikota Serahkan Bantuan Kepada MasyarakatNyambi Jual Ganja, Oknum Mahasiswa Diringkus PolisiKinerja P2T Pemkot Jakut Amburadul

Pasuruan, Jaya Pos

Event rutin Carnival On The River (COTR) ke 10 resmi digelar siswa SMAN 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan, di Sungai Complong. Selain berkampanye cinta lingkungan, gelaran fashion mengapung di atas sungai itu untuk mengeksplorasi budaya nusantara, Minggu (27/10).

Pantauan jaya pos, kegiatan ini diikuti 35 group, masing-masing group beranggotakan belasan siswa, dua siswi berperan bak model yang menampilkan aneka jenis pakaian budaya nusantara di atas ra­kit, sementara yang lain mengendalikan rakit dan menggerakkannya.

Selanjutnya, rakit-rakit dari bambu yang ditopang jirigen maupun ban dalam mobil tersebut disulap bak catwalk mengapung yang membawa gadis-gadis berpakaian dari bahan daur ulang. Para mo­del cantik tersebut tidak hentinya tersenyum dan melambaikan ta­ngan ke para penonton. Gesture yang mereka tampilkan bak seorang putri.

Setiap group yang melaju dari garis start mendapat tepuk ta­ngan dan terikan pemberi semangat dari ratusan penonton yang sudah menanti dari bibir sungai. Sejak pagi, Carnival On The River menyedot perhatian ratusan siswa dan warga.

“Tahun ini merupakan tahun ke 10 gelaran Carnival On The River. Temanya adalah Dasa Pesona Nusantara dan tentu tetap menjadi daya tarik warga Pasuruan sejak pagi hari sudah memadati area Sungai Complong,” ujar Edy Susanto, Ketua Panitia.

Carnival On The River itu melintasi 1 kilometer aliran Sungai Complong. Pesertanya mulai dari Paud, SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Pasuruan serta peserta umum.

“Dari jumlah puluhan itu, peserta akan dipilih yang terbaik berdasarkan kreativitas, tematik dan keindahan. Rata-rata dalam pembuatannya, satu rakit membutuhkan waktu antara 2-3 bulan. Karena itu, kami mengharapkan ada suprort dari Pemkab Pasuruan. Sehingga kedepannya, acara ini semakin meriah dan lancar,” kata Edy Susanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, H Iswahyudi mewakili Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf berterima kasih kepada pada SMAN 1 Kejayan yang memiliki inovasi menggelar even tersebut. Ia merasa bangga dengan pihak sekolah yang bekerja keras, sehingga pagelaran tersebut bertahan hingga tahun ke sepuluh.

Tentunya, even tahunan tersebut diharapkan terus dikembangkan, sehingga bisa menjadi ikon daerah. “Ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena dengan kegiatan ini, tentu pelajar bisa terus mengasah kreativitasnya dan menumbuhkan kecintaan, yakni pada lingkungan terutama sungai. Harapan kami kegiatan seperti ini juga akan menambah potensi wisata di Kabupaten Pasuruan,” ujar H Iswahyudi.(A.za/wir)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60706)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (60525)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52490)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16022)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (15377)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15298)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15076)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14759)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14382)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10298)
Bedah JayaposDemi Untung Banyak, Ketua Panitia Gunakan Tanah Urug Tidak Sesuai SpekPekanbaru, Jaya Pos Meterial tanah urug setidaknya harus memiliki agregat atau daya kerekatan yang sudah ...


Lujeng Sudarto Desak Kejari Bangil Ungkap Aktor Intelektual Kasus DisporaTanpa SP Grop Wilmar Mutasi Karyawan Semena MenaProyek Rehab Bangunan Pelabuhan Diduga MenyimpangPT Adira Finance Pasaman Barat Terkesan Tutup Mata Terhadap Konsumen yang TertipuDugaan SPJ Fiktif di DisdukCapil BukittinggiKegiatan Pembangunan di Desa Gedangrowo Jadi BancakanDana Bumdes Kolelet-Picung Diduga Masuk Kantong Pribadi
Laporan KhususPembangunan Jalan di Provinsi Jambi, Dinas PUPR Terus Berkoordinasi Dengan Kepala BalaiJambi, Jaya Pos Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar MHum memimpin Upacara Hari Bhakti ke-74 PU di lapangan ...


Bupati OKU Hadiri Peringatan Hari Guru Nasional 2019Tingkatkan Kualitas Batik Jambi Rahima Gandeng Desainer Eddy BettyGubernur Jambi Anggarkan Bantuan dan Fasilitasi Kesepakatan PMI, DMI dan LPP TVRI Untuk MasyarakatKecamatan Kurun Juara Umum Festival Tandak Intan KaharinganPemkab Asahan Laksanakan Upacara Peringatan HKN Peringati HKN Ke-55, Pemkab Gumas Gelar Senam Sehat dan Germas Hidup SehatPemkab Tasikmalaya Gelar Upacara HUT Korpri Ke-48