Selasa, 19 November 2019 - 05:42:42 WIB
PENCAPAIAN TARGET PAJAK BPHTB BAPPENDA KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 42 kali

Baca Juga:Jalan Menuju PT Saipem Mulai DikerjakanBupati Indramayu Luncurkan Program Fit For SchoolHUT Harian Jaya Pos Ke 5, Eratkan Kebhinnekaan Tunggal IkaWakil Walikota Serahkan Bantuan Kepada Masyarakat

BOGOR, JAYA POS - Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) merupakan salah satu objek pajak yang dikenakan atas proses transaksi peralihan hak tanah dan atau bangunan melalui jual beli dan proses lainnya.

BPHTB sebagai salah satu potensi objek pajak strategis untuk membiayai pembangunan didukung oleh kerjasama yang baik antara Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BAPPENDA) Kabupaten Bogor melalui Bidang BPHTB dengan para Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) terutama dalam proses input data dan penetapan besaran pajak agar terkoordinasi dengan baik.

BAPPENDA melalui bidang BPHTB terus berkoordinasi dengan para Notaris dan PPAT sehingga kerjasama yang terjalin sa­ngat baik ini mampu mencapai target BPHTB di tahun 2019.

Target BPHTB Perubahan Tahun Anggaran 2019 ditetapkan sebesar Rp. 594.822.500.000,- namun demikian realisasi sampai dengan triwulan III pertanggal 28 Oktober 2019 telah melebihi target yang ditetapkan, dengan pencapaian realisasi sebesar Rp. 614.488.468.360,- atau 103,31%. Hal ini disebabkan karena semakin banyak transaksi seiring pembangunan infrastruktur di wilayah Kabupaten Bogor, yang berakibat langsung terhadap peningkatan perolehan objek pajak baik itu PBB maupun BPHTB.

Selain hal tersebut tercapainya target dikarenakan BAPPENDA melalui bidang BPHTB menggunakan harga transaksi peralihan hak melalui Notaris dan PPAT semaksimal mungkin mendekati atau harga pembelian (real) dan menghindari transaksi dibawah harga pasar.

Jika terjadi transaksi peralihan hak di bawah harga transaksi, maka pihak BAPPENDA me­lakukan verifikasi lapangan sebelum dilakukan validasi, sehingga pencapaian target dapat terpenuhi.

BAPPENDA melalui Bidang BPHTB yang memiliki 3 Sub Bidang yaitu Sub Bidang Pendataan, Sub Bidang Validasi dan Sub Bidang Verifikasi dan Keberatan mengharapkan notaris bisa transparan memberikan akta jual beli dimana transaksi yang dilakukan harus sesuai dengan harga transaksi di lapangan.

Pembiayaan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bogor diantaranya bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) termasuk BPHTB. Untuk itu, BAPPENDA senantiasa berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka meningkatkan pendapatan pajak khusunya untuk pajak BPHTB, sehingga program pembangunan di Kabupaten Bogor dapat terlaksana dengan baik. (ADV/Bos)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60706)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (60529)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52490)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16022)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (15377)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15298)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15076)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14759)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14383)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10298)
Bedah JayaposDemi Untung Banyak, Ketua Panitia Gunakan Tanah Urug Tidak Sesuai SpekPekanbaru, Jaya Pos Meterial tanah urug setidaknya harus memiliki agregat atau daya kerekatan yang sudah ...


Lujeng Sudarto Desak Kejari Bangil Ungkap Aktor Intelektual Kasus DisporaTanpa SP Grop Wilmar Mutasi Karyawan Semena MenaProyek Rehab Bangunan Pelabuhan Diduga MenyimpangPT Adira Finance Pasaman Barat Terkesan Tutup Mata Terhadap Konsumen yang TertipuDugaan SPJ Fiktif di DisdukCapil BukittinggiKegiatan Pembangunan di Desa Gedangrowo Jadi BancakanDana Bumdes Kolelet-Picung Diduga Masuk Kantong Pribadi
Laporan KhususPembangunan Jalan di Provinsi Jambi, Dinas PUPR Terus Berkoordinasi Dengan Kepala BalaiJambi, Jaya Pos Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar MHum memimpin Upacara Hari Bhakti ke-74 PU di lapangan ...


Bupati OKU Hadiri Peringatan Hari Guru Nasional 2019Tingkatkan Kualitas Batik Jambi Rahima Gandeng Desainer Eddy BettyGubernur Jambi Anggarkan Bantuan dan Fasilitasi Kesepakatan PMI, DMI dan LPP TVRI Untuk MasyarakatKecamatan Kurun Juara Umum Festival Tandak Intan KaharinganPemkab Asahan Laksanakan Upacara Peringatan HKN Peringati HKN Ke-55, Pemkab Gumas Gelar Senam Sehat dan Germas Hidup SehatPemkab Tasikmalaya Gelar Upacara HUT Korpri Ke-48