Minggu, 01 Desember 2019 - 06:44:38 WIB
Pengoperasian IPA Hibah Dari Ditjen Cipta Karya Diresmikan Bupati TrenggalekKategori: Jawa Timur - Dibaca: 75 kali

Baca Juga:Lokasi Pasar Dipindah, Warga Datangi DPRDAnggaran Sosialisasi Kesbangpol Rp 100 JutaTapal Batas Kabupaten Tasikmalaya dan Garut Jadi SorotanRekomendasi Organda Picu Maraknya Angkutan Ilegal

Trenggalek, Jaya Pos

Pengoperasian Instalasi Pengolahan Air (IPA) bantuan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya, diresmikan oleh Bupati Trenggalek, Senin (25/11/2019) .

Instalasi bantuan dari Ditjend Cipta Karya Kementrian PUPR tersebut berada di Dusun Tumpak Mulyo Desa Ngares, Kecamatan Trenggalek. IPA dengan  pendanaan dari pinjaman negara Hungaria ini dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk kemudian diserahkan kepada Perumda Tirto Wening Trenggalek.

Sebagaimana disampaikan Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin bahwa tujuan adanya bantuan instalasi pengolahan air ini sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Bendungan dan Pogalan. 

“IPA ini untuk pemenuhan air minum bagi warga sesuai dengan standar prinsip 3K (kualitas, kuantitas dan kontinuitas) yang terjaga,” ungkapnya pada jaya pos.

Menurutnya, keberadaan IPA di Trenggalek harus banyak disyukuri karena sudah dapat dirasakan kebermanfaatannya. Apalagi Trenggalek mendapatkan 2 instalasi sekaligus. Padahal masih banyak daerah, baik itu provinsi atau kabupaten lain yang belum mendapatkan bantuan tersebut.
“Cukup beruntung karena tidak semua daerah mendapatkan bantuan ini. Alhamdulillah kita mendapatkan dua titik instalasi,” imbuhnya.

Menurut Bupati Trenggalek, yang akrab disapa Gus Ipin itu, adanya instalasi pengelolaan air dimaksud untuk menambah kapasitas  pendistribusian air minum kepada masyarakat. Dengan mesin otomatis kapasitas besar, alat ini mampu menghasilkan 40 liter air minum perdetik, untuk 3.200 pelanggan. 

“Sebenarnya, sudah ada existing lama dengan kapasitas 50 liter perdetik namun masih dilakukan secara manual, sehingga bila digabung dengan IPA ini nantinya dapat menghasilkan  90 liter perdetik, cukup untuk pendistribusian air kepada 7.200 pelanggan,” sebutnya.

Disebutkannya, dengan asumsi itu maka Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) akan bisa mencukupi kebutuhan dari beberapa wilayah, diantaranya Kecamatan Trenggalek, Pogalan,  Tugu dan Karangan. 

“Kita punya PR (pekerjaan rumah_red) untuk pelayanan air bersih kepada masyarakat. Sampai sejauh ini baru 77,7% masyarakat yang dilayani pelayanan air bersih baik dari PUDAM, Pamsimas atau program yang lainnya,” ujar Gus Ipin.

Sebenarnya, sambung suami dari Novita Hardiny ini bahwa target dari  Presiden Joko Widodo untuk ‘coverage’ (cakupannya) bisa terpenuhi 100%. Namun, semua tidak pula semudah membalik telapak tangan. Proses dan progress harus melalui perjalanan panjang. Ini adalah salah satu program hasil terobosan baru Pemerintah  RI yang menggandeng beberapa negara, salah satunya Hongaria khususnya dalam hal penyediaan air bersih.

“Ini adalah sebuah capaian yang cukup luar biasa, karena ketika dulu saya masuk di pemerintahan, pemenuhan layanan air bersih di Kabupaten Trenggalek masih 30%,” kenangnya.

Kedepan, masih kata dia, pihaknya akan tetap mengusulkan lagi penambahan instalasi pengolahan air karena masih ada beberapa sumber air yang masih memungkinkan untuk dikelola. Bagusnya lagi, hasil dari IPA ini sudah layak minum, kedepan tinggal disiapkan lagi jaringan khusus sehingga tidak tercampur dengan jaringan lama. “Semoga tidak lebih kapasitas sehingga masih bisa kita layani,” harap bupati yang juga pengusaha tersebut. 

Direncanakan, seluruh fasilitas pelayanan publik di Trenggalek, seperti alun-alun, taman-taman, stadion dan lainnya punya ‘keeping water’ yang bisa langsung dikonsumsi. Sehingga ketika masyarakat beraktivitas dan memerlukan air minum, sudah tersedia.

“Jadi nanti, pas kita jalan-jalan, berolahraga atau aktivitas lainnya tidak perlu capek-capek mencari air minum. Langsung ada tempat minum gratis di tempat-tempat tersebut,” pungkasnya. (HWi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (67010)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60968)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52727)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18477)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16296)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15559)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15273)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14966)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14730)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10946)
Bedah JayaposKepala Inspektorat Sumbar Pecat Oknum ASN, Diduga Tilep Dana Masjid Raya Rp 1.5 MPadang, Jaya Pos Setelah menjabat enam tahun sebagai bendaharawan, akhirnya terungkap kebobrokan oknum ASN ...


Kasus YP Galuh Kini di Polda, KPK Diminta MensupervisiProyek Peningkatan Jalan Utama BPTP Babel Diduga MenyimpangMurkayani S, Terdakwa Penipuan CPNS Dituntut 2 Tahun 6 Bulan PenjaraDiduga Gunakan Dana Desa FiktifDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal Mutu
Laporan KhususKajati Jabar Hadiri Pencanangan WBK/ WBBM di Kejari Kabupaten BandungKab Bandung, Jaya Pos Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati Jabar) Ade Eddy Adhyaksa menyaksikan ...


Empat Tahun Pimpin Tanah Datar, Duet Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma Bertabur PrestasiMTQ OKI Ke 29, Syiar Al QurKPP Pratama Bukittinggi Bersinergi dengan Pemko PadangpanjangDesa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu Dipertahankan