Sabtu, 07 Desember 2019 - 08:01:33 WIB
Proyek Dinas PU di Desa Bulu Cina Diduga SilumanKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 122 kali

Baca Juga:Banjir Masih Menjadi Langganan di Kota DepokRp. 3,3 M, Untuk Raskin Siak, Syamsuar : Mekanisme Penyalurannya Secara GratisDisbudparpora KKA Promosikan Keindahan Anambas Hingga Go InternasionalGuru Berprestasi Juara I Seni Lukis Porseni

Pekerjaan yang seharusnya berada di Desa Bulu Cina namun di lapangan tidak demikian, karena terdapat proyek yang sama di Desa Kota Rantang sepanjang 450 meter.

Deli Serdang, Jaya Pos

Pekerjaan irigasi persawahan sepanjang kurang lebih 1.150 meter di Desa Bulu Cina yang merupakan proyek Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Deli Serdang, diduga tidak sesuai spek. Bukan hanya itu, dari pantauan Jaya Pos, Jumat (1/11/2019) pekerjaan irigasi yang tidak memiliki papan proyek ini juga hanya dikerjakan sepanjang 500 meter.

Anehnya, pekerjaan yang seharusnya berada di Desa Bulu Cina namun di lapangan tidak demikian, karena ter­dapat proyek yang sama di Desa Kota Rantang sepanjang 450 meter.

Atas kejadian tersebut, Ja­ya Pos mencoba melakukan mengkonfirmasi kepada Kepala Desa Bulu Cina, (1/11). Selanjutnya Kades mengajak untuk turun lang­sung ke lokasi pekerjaan.

Setibanya di lokasi per­kerjaan, Kepala Desa Bulu Cina terlihat geram setelah melihat hasil perkerjaan tersebut. Alasannya karena saat pengerjaan berlangsung, campuran semen dan pasir tidak seimbang.

Dengan geram dirinya memanggil kepala tukang yang berada di lokasi perkerjaan. “Lihat pekerjaanmu, tidak becus, campurannya lebih banyak pasir daripada semen. Warga kami sangat rugi, kenapa saya bilang begitu, setelah kamu kerjakan, kalian semua pulang, dan dua bulan kemudian parit yang kalian kerjakan hancur. lalu, sama siapa kami harus mengadu sedangkan pekerjaan sudah serah terima semuanya,” ucapnya geram.
“Untung ada wartawan sebagai sosial kontrol di desa kami, menyampaikan hal ini kepada saya,” tambahnya.

Di tempat berbeda, Kepala Desa Kota Rantang Ngatino membenarkan telah memerima proyek itu. “Tidak (akan) ada orang yang menolak jika diberi. Itu kan dikasih mereka, siapa menolak pemberian orang, saya kan gak salah, ya saya terima,” ucap Ngatino.

Menyikapi hal ini, Ketua LSM ICW Sumatera Utara Ir Rudi Limbong mengatakan bahwa perkerjaan tersebut sudah menyalahi atauran. “Tidak ada papan proyek, itu sudah jelas salah, panjang pekerjaan 1.150 meter lebih kurang, itupun kalau ada. Saya lihat sampel ini, sudah tidak betul lagi, banyak korupsinya. Apalagi pekerjaan saluran irigasi itu dipindahkan ke desa lain, itu sudah melanggar hukum. Pemborong harus bertanggungjawab atas hal itu,” ucapnya.

Sehari berselang, warga masyarakat Desa Bulu Cina lalu mendatangi kediaman Wakil Ketua DPRD Kabupaten Deli Serdang, Amit Damanik dengan maksud mendesak agar irigasi tersebut dilanjutkan pekerjaannya. (Horas/Tim)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66753)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60963)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52723)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18451)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16292)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15556)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15270)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14963)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14726)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10937)
Bedah JayaposMurkayani S, Terdakwa Penipuan CPNS Dituntut 2 Tahun 6 Bulan PenjaraPekanbaru, Jaya Pos Kasus penipuan yang menjerat Murkayani yang sudah berlangsung 6 tahun lalu, yaitu pada ...


Diduga Gunakan Dana Desa FiktifDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan Mulus
Laporan KhususKPP Pratama Bukittinggi Bersinergi dengan Pemko PadangpanjangPadangpanjang, Jaya Pos Walikota Padangpanjang Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano menerima tamu dari ...


Desa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021