Kamis, 01 November 2012 - 07:32:01 WIB
Karyawan BRI Pacitan Lecehkan dan Hina Profesi WartawanKategori: Jawa Timur - Dibaca: 11 kali

Baca Juga:Dinas PSDA Simalungun Sengsarakan Warga ?Gedung Baru Harapan BaruPT Pos Gandeng GarudaSatpol PP Tingkatkan Wawasan dan Kesamaptaan

Pacitan, Jaya Pos

Berlagak sok jagoan dan seperti preman yang tidak  mencerminkan seorang pelayan masyarakat pada akhirnya merusak citra Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Ali, karyawan BRI cabang Pacitan secara terang-terangan dengan jiwa sombongnya meremehkan salah satu awak media sekaligus menantangnya. Kejadian ini bermula saat Ali, menelepon TT, salah satu wartawan hendak menanyakan masalah anak buahnya bernama Widodo dan Hendrik. TT menolak pertemuan itu dikarenakan waktu sudah malam dan sudah saatnya istirahat. Tetapi, Ali memaksa TT untuk bertemu pada malam itu juga. Akhirnya, TT persilahkan karyawan BRI itu menemuinya di rumahnya.

Sebenarnya, TT mengaku hanya konfirmasi kepada anak buah Ali bernama Widodo terkait masalah yang dialami oleh Widodo sendiri. Tetapi, Ali yang malah merasa sangat berkepentingan merasa bahwa Widodo adalah anak buahnya dan nomor telepon Widodo yang ada pada wartawan awal berasal dari Ali.

Ali yang ditemani seorang pemuda tinggi besar, sempat berulang kali menanyakan duduk permasalahan Widodo pada TT, tapi berulang kali TT menolak untuk memberitahu.

Merasa tidak ditanggapi pertanyaannya, Ali pun menelepon Widodo untuk segera dating. Berselang kemudian, Widodo datang. “Saya tahu siapa yang berdiri dibelakang sampeyan, sampeyan dapat informasi ini dari mana?” tanya dia.

Padahal, sesuai dengan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers pasal 1 ayat 10 dan juga Kode Etik Jurnalis pasal 7 jelas disebutkan bahwa wartawan memiliki hak tolak untuk menyebutkan identitas narasumber, jadi untuk identitas nara sumber harus dirahasiakan.

Merasa tidak ditanggapi pertanyaannya oleh TT, Ali pun emosi, “Sampeyan hanya sebatas wartawan, apa to sebenarnya manfaatnya wartawan itu?” ungkap Ali meremehkan wartawan.  “Disini saya melihat indikasi lain, saya lihat sampeyan itu berdiri bukan sebagai wartawan,” Ali menuduh.  

Jengkel karena masih tidak ditanggapi, Ali pun mengajak TT duel. “Hati-hati kalau bicara, aku hanya mengingatkan, mau berlindung dibalik Pers dan sebagainya? Kalau kamu laki-laki model apapun saya layani, aku tidak bicara orang BRI, kamu gak sah bicara wartawan,” tantang Ali.

Sungguh karyawan yang tidak punya etika dan sopan santun, kelakuannya bak preman jalanan. Apakah itu ciri seorang karyawan BRI? Ataukah BRI salah menyeleksi karyawannya? Tentunya, ini harus menjadi atensi bagi pemimpin BRI, bagaimana perilaku dan etika seorang karyawan harus bisa jadi panutan.

Sampai saat ini kepala cabang BRI kabupaten pacitan  yang hendak dikonfirmasi tidak bias menemui rekan wartawan. Sementara korban pelecehan saudara teteg akan pelaporkan ke dewan press dan polres pacitan, sedangkan beberapa persatuan wartawan seluruh pacitan akan mengelar demo ke kantor BRI kabupaten pacitan. JTM 02


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4679)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2991)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1085)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (660)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (605)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (468)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (337)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (297)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (289)
Bedah JayaposAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiGresik, Jaya Pos APBDes Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik Jawa Timur jadi sorotan. Pasalnya ...


Bendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya Mandiri
Laporan KhususDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SADepok, Jaya Pos Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok mengelar acara Workshop penyusunan ...


Memperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui Online