Rabu, 12 Februari 2020 - 07:24:56 WIB
Dewan Kunjungi Proyek 2.2 Milyar, Pelaksana Tuding Bekas PPK Persulit MerekaKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 25 kali

Baca Juga:Rumah 3 Lantai di Kelapagading Dibongkar Pramuka Gugus Depan SMKN 1 Tolitoli Gelar MusyawarahProyek Jembatan Rp 2,2 M Menyalahi AturanKinerja Kajari Simalungun Diragukan

Kayong Utara, Jaya Pos

Belum selesainya proyek rehabilitasi Dermaga Teluk Batang, Kayong Utara senilai 2.2 Milyar hingga tersisa seminggu masa kerja dalam denda, akhirnya proyek itu ditinjau di lokasi pekerjaan oleh Anggota DRPD, Selasa, (4/2). Diantara anggota dewan yang terjun ke lokasi itu adalah, H. Sholeh dari Partai Hanura masuk dalam Komisi 3, Erwansyah politikus PDI-P anggota Komisi 2 serta Herkan Yamani dari P3, anggota Komisi 1.

Ketiga legislator itu berasal dari daerah pemilihan yang sama dimana lokasi proyek itu dikerjakan. “Kami ingin melihat langsung progres pekerjaan itu, karena banyak pertanyaan yang disampaikan ke kami, apalagi ini kebetulan Dapil kami, sehingga kami tekankan untuk dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, sebagai fungsi pengawasan kami, maka kami kesini” kata Erwansyah.

Dari kunjungan itu, dewan melihat kondisi pekerjaan yang masih jauh dari harapan, bahkan Erwansyah mencurigai nilai pekerjaan yang disampaikan sebesar 61 % itu hanya terkesan dipaksakan.”Darimana bisa dikatakan pekerjaan seperti ini disebut 61%, sementara fisiknya saja masih seperti ini” cetus dia.

Pihaknya akan memanggil Dinas Perhubungan sebagai penanggung jawab proyek ini. “Kita mau menanyakan apa yang sebenarnya terjadi, jika karena kurang duit, maka bisa kita bicarakan yang penting proyek ini bisa cepat selesai dan digunakan masyarakat. Jangan main-main dengan duit negara” kata Erwansyah.

Dia tekankan apabila tanggal 11 bulan ini belum selesai sesuai dengan jangka waktu perpanjangan, maka sebagaimana aturan sebaiknya perusahaan ini masukan dalam daftar hitam atau blacklist.

Dari Dinas Perhubu­ngan Kayong Utara, Mulyo Hariono, berjanji akan menyampaikan hasil kunjungan anggota dewan ini ke atasanya, dia juga merasa banyak pertanyaan masyarakat pada dia soal proyek itu. “Saya diperintah Pak Kadis untuk mendampingi anggota dewan disini karena beliau (Kadis) sedang ada kegiatan bersama Bupati. Posisi saya di proyek ini dulunya menjabat sebagai PPHP, terhitung sejak perpanjangan kerja proyek ini, saya belum tau sebagai apa saya disini karena belum menerima SK” katanya.

Ia menerangkan bahwa kontraktor baru mencairkan uang muka sebesar 672 juta saja pada bulan Oktober 2019 walaupun nilai pekerjaannya sudah 61%. Dia tidak menge­tahui bagaimana angka 61% itu diberikan, sebab katanya, pada waktu selesai kontrak tanggal 23 Desember, PPK dan konsultan serta pelaksa­nalah yang berhak menentukan itu.

Sementara itu, perwakilan perusahaan, Samadi mengatakan keterlambatan penyelesaian pekerjaan ini karena kondisi alam, dimana mereka tidak bisa melaksanakan pekerjaan kendala air pasang. Disamping itu, dikatakanya juga, mereka merasa pekerjaan mereka dipersulit oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) waktu itu bernama Saharudin, dimana disebutnya ketika pihaknya mengajukan perubahan jenis pekerjaan ketika selesai pekerjaaan pembongkaran dan hendak melanjutkan ke tahap berikutnya, Saharudin terkesan memperlambat proses itu.

“Kami jadi ragu untuk mengadakan barang dan menambah pekerjaan yang tidak masuk dalam kontrak, sementara kami sudah buat permohonan waktu itu tapi dipersulit Saharudin, setelah dia mundur selaku PPK dan dilanjutkan oleh kepala dinas, baru kami lakukan itu” ujar Samadi.

Mereka berjanji akan menyelesaikan proyek ini dalam waktu yang tersisa. “Mungkin sore ini kami sudah mulai memasang tiang pancang, kita liat keadaan lah, semoga air tidak pasang” kata dia.

Proyek rehabilitasi dermaga itu dikerjakan oleh CV.Transforma Jaya Kontruksi dengan nilai kontrak sebesar Rp 2.2 Milyar, masa kerja selama 75 hari, namun sejak tanggal 24 Desember 2019, proyek itu tidak selesai dan dilanjutkan dengan tambahan waktu selama 50 hari, sehingga diperkirakan tanggal 11 Pebruari 2020, proyek ini harus selesai. (Jaydin)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66725)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60963)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52723)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18450)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16291)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15555)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15270)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14962)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14725)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10937)
Bedah JayaposDiduga Gunakan Dana Desa FiktifMaros, Jaya Pos Wakil Ketua DPD Garda Nusantara Provinsi Sulawesi Selatan, Iswadhy Arifin mengatakan ada ...


Diduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa Sabu
Laporan KhususDesa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiTangerang, Jaya Pos Bergulir semangat reformasi dan demokrasi serta menyikapi segala permasalahan yang ada, ...


Ormas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan Maros