Kamis, 13 Februari 2020 - 07:06:51 WIB
Ebid Diana Putra: Kita Akan Wujudkan Masyarakat SejahteraKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 20 kali

Baca Juga:Pembagian Beras Raskin di Tanjab Barat Selalu Timbulkan MasalahRumah 3 Lantai di Kelapagading Dibongkar Pramuka Gugus Depan SMKN 1 Tolitoli Gelar MusyawarahProyek Jembatan Rp 2,2 M Menyalahi Aturan

Sijunjung, Jaya Pos

Tujuh Program Prioritas Pemerintahan Nagari Palaluar Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat dibawah pimpinan Ebid Diana Putra, segera direalisasikan demi terwujudnya masyarakat sejahtera yang madani, inovatif, rele­jius, dan berbudaya.

Wali Nagari Palaluar Ebid Dia­na Putra yang ditemui Jaya Pos di ruang kerjanya, Kamis (6/2/2020) lalu, membenarkan bahwa saat ini ia memfokuskan kepada 7 program prio­ritas Pemerintahan Nagari Palaluar, dalam upaya adanya kesingkronan antara program kerja dengan visi yang diusung dalam menjalankan amanah dari masyarakat, yang telah memilihnya untuk memimpin Palaluar untuk 3 tahun ke depan.

Ketujuh Program Prioritas Pemerintahan Nagari Palaluar tersebut, seperti nagari dalam angka, konvergensi stunting, pembangunan SDM (akhlak dan karakter), teknologi budidaya kambing, pengembangan BUMNag, sarana olahraga, dan nagari wisata.

Menurut Ebid Diana Putra yang dilantik tanggal 3 Desember 2019 lalu itu, ketujuh program Wali Nagari bakal terwujud menjadi kenyataan, jika aparat nagari, ninik mamak, pemuda-pemudi, tokoh masyarakat, bundo kandung, dan ulama mau mendukung dan bekerja sama. “Segala bentuk rencana dan program kerja akan dapat terealisasi kalau semua lampisan masyarakat ikut mendu­kung dan mau bekerja sama,” tegasnya.

Secara rinci,Wali Nagari menjelaskan bahwa yang dituju oleh ketujuh program kerjanya itu, seperti nagari dalam angka, yaitu Nagari Palaluar dapat dipetakan secara geografis maupun kelembagaan, menciptakan profil nagari, dan mendata masyarakat rantau persuku (suku dalam nagari Palaluar ada 6 suku warganya, di antaranya Cibadak, Caniago, Patopang, Batu Kambing, dan Cimalagi).

Program prioritas kedua yaitu, konvergensi stunting, dengan cara menciptakan generasi emas, meng­aktifkan kader kesehatan nagari, melawan virus stunting, dan memberi pemahaman pada masyarakat tentang perilaku hidup sehat, dengan cara tidak dibenarkan buang air besar sembarangan, buang sampah pada tempatnya.

Hal ini akan diterbitkan dalam Peraturan Nagari nantinya. Seterusnya, soal pembangunan SDM, bakal dibangun PAUD setiap jorong (5 jorong), gerakan didikan subuh dan program ke empat teknologi budidaya kambing, sehingga orang datang ke Palaluar nanti ada tujuan tertentu, yaitu datang untuk membeli ternak kambing.

Dalam hal pengembangan BUMNag, Palaluar akan membangun pasar ternak, peternak ayam petelur, pendistribusian beras, dan pangkalan LPG. Program keenam pembangunan sarana olah raga. Seiring dengan itu, nagari sudah menganggarkan dana pembangunan sarana olah raga, sehingga pemuda-pemudi bisa menyalurkan bakat dan juga hal ini dapat meminimalisir penyakit masyarakat.

Terakhir menciptakan Nagari Wisata, dalam hal ini Pemerintahan Nagari Palaluar akan membuka wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, dan wisata agro. Namun di mana lokasinya, wali nagari belum mau menyebutkannya. “Pokoknya nanti pasti diberitahu,” ujarnya lagi.

Obyek wisata ini akan menunjang pembangunan nagari, sebab orang yang datang tentu pasti nanti akan meninggalkan uang, sehingga akan mengenjot pendapatan asli nagari (PAN). “?Dengan cara itu, orang kian mengenal Palaluar dan sudah jelas kegiatan pembangunan akan meningkat di segala bidang,” pungkas Ebid Diana Putra.(Can)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66725)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60963)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52723)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18450)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16291)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15555)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15270)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14962)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14725)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10937)
Bedah JayaposDiduga Gunakan Dana Desa FiktifMaros, Jaya Pos Wakil Ketua DPD Garda Nusantara Provinsi Sulawesi Selatan, Iswadhy Arifin mengatakan ada ...


Diduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa Sabu
Laporan KhususDesa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiTangerang, Jaya Pos Bergulir semangat reformasi dan demokrasi serta menyikapi segala permasalahan yang ada, ...


Ormas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan Maros