Jumat, 14 Februari 2020 - 07:29:58 WIB
Pemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 29 kali

Baca Juga:Harian Jaya PosPembagian Beras Raskin di Tanjab Barat Selalu Timbulkan MasalahRumah 3 Lantai di Kelapagading Dibongkar Pramuka Gugus Depan SMKN 1 Tolitoli Gelar Musyawarah

Kuala Kurun, Jaya Pos

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2021 yang digagas oleh Badan Perencanaan Pembangun­an Daerah dan Penelitian Pe­ngembangan (Bappeda Litbang) setempat, digelar di aula Bappeda litbang, Selasa (04/02/20).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gumas Drs Yansiterson MSi ini dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Dae­rah (OPD) dan camat serta perwakilan OPD dari ma­sing-masing instansi.

Plt Kepala Bappeda Litbang Gunung Mas Eligato SAP MSi mengatakan bahwa forum konsultasi publik tersebut melibatkan seluruh komponen pemerintah daerah dan stakehol­der terkait, untuk memperoleh masukan dan saran terhadap rancangan awal RKPD Kabupaten Gunung Mas.
”Tujuan dari forum ini yakni untuk mendapatkan ma­sukan penting dan saran dalam rangka penyempurnaan terhadap rancangan awal RKPD kabupaten Gunung Mas tahun 2021,″ terang Eligato.

Sementara itu, Bupati Gunung Mas yang diwakili Sekretaris Daerah Yansiterson dalam sambutannya mengajak semua yang hadir agar bersama-sama melakukan pembahasan dan penjaringan aspirasi untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD.

”Untuk panduan kepada seluruh perangkat daerah dalam menyusun rancangan renja dan berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan dalam kurun waktu 1 tahun, yang harus disusun menggunakan pendekatan teknokratis dan partisifasif,” ucapnya.

Sebagai salah satu tahap dalam perumusan isu strategis daerah, menurut Yansiterson, analisis permasalahan pembangunan harus menemukan pendalaman akar dari masalah tersebut, permasalahan inilah yang akan menjadi prioritas pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun akar permasalahannya, menurutnya, yakni belum meratanya pembangunan dan pemenuhan infrastruktur dan aksebilitas antar wilayah, dan belum optimalnya pengembangan perekonomian pada sektor unggulan daerah, inilah yang harus menjadi perhatian ma­sing-masing.

“Maka dari itu saya menegaskan, untuk mencapai target indikator diperlukan upaya dan kerja keras kita semua, dengan melalui sinergitas, sinkronisasi dan harmonisasi program kegiatan pembangunan daerah, baik dalam perencanaan, penganggaran pelaksanaan maupun pengendaliannya,” jelasnya.

Dia berharap, agar hasil Musrenbang RKPD Kabupaten di kecamatan dapat diukur tingkat keberpihakannya terhadap kepentingan masyarakat, dengan melihat apa saja program dan kegiatannya,

“Dan secara khusus kepada perangkat daerah teknis yang terkait dengan kegiatan prioritas dan pelayanan publik, saya minta untuk bisa memetakan program dan kegiatan berdasarkan potensi dan kondisi masing masing wilayah kecamatan dan melakukan evaluasi program dan kegiatan yang sudah dijalankan, sehingga nantinya dalam penyusunan perencanaan kedepan dapat tergambar dan terukur,” tegas Yansiterson. (Kominfosp/Mandau)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66722)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60963)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52723)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18450)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16291)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15555)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15270)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14962)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14725)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10937)
Bedah JayaposDiduga Gunakan Dana Desa FiktifMaros, Jaya Pos Wakil Ketua DPD Garda Nusantara Provinsi Sulawesi Selatan, Iswadhy Arifin mengatakan ada ...


Diduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa Sabu
Laporan KhususDesa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiTangerang, Jaya Pos Bergulir semangat reformasi dan demokrasi serta menyikapi segala permasalahan yang ada, ...


Ormas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan Maros