Sabtu, 22 Februari 2020 - 06:49:19 WIB
MTQ OKI Ke 29, Syiar Al QurKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 174 kali

Baca Juga:Pat Gulipat Sertifikat di BPN SidoarjoPutusan PN Pangkep Kecewakan KorbanPembanguna Bandara Incluve Civil Ranai Mulai DilelangRenovasi Jembatan Ogan Satu Baturaja Bermotif Iklan Telkomsel

Kayuagung, Jaya Pos

Beragam cara dilakukan untuk memperkokoh syiar keislaman di tengah masyarakat. Termasuk Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Menariknya kegiatan ini justru berlangsung di kecamatan dan tidak dilakukan di pusat kota.

Pada tahun 2020 ini, MTQ tingkat Kabupaten OKI digelar di Pondok Pesantren Al Furqon Desa Pampangan Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan dan dibuka langsung oleh Bupati OKI H Iskandar SE, pada Rabu (19/2).

Gelaran MTQ kali ini mengambil tema mensyiarkan Al Qur’an sebagai rahmatan lil alamin. ‘’Kita syiarkan Al qur’an sebagai kitab rahmat bagi seluruh alam, agar rahmat-Nya itu senantiasa menaungi kita sebagai warga masyarakat OKI,” ujar Bupati OKI H Iskandar SE.

Dalam MTQ ini, ada delapan belas kecamatan yang mengirimkan kafilah yang akan melaksanakan dan menunjukkan syiar keagamaan dan syiar keislaman.

Bupati Iskandar mengatakan, selain MTQ tidak dilakukan di pusat kota melainkan di pedesaan agar semarak keagamaan terasa hingga desa-desa.
‘’Ketika dibacakan lantunan ayat suci Al qur’an tadi, saya teringat gebyar acara luar biasa dan MTQ ini jadi kebanggaan umat Islam,’’ imbuh Iskandar.
Hal ini menunjukkan MTQ semakin mengokohkan pribadi muslim. Selain itu, Iskandar juga menyorot dampak sosial kemasyarakatan atas digelarnya kegiatan ini termasuk dampak ekonomi bagi warga sekitar.

“Bukan sekadar seremonial atau rutinitas dilakukan setiap saat. Ada fungsi sosial dengan diinapkannya para kafilah di rumah-rumah warga serta dampak ekonomi bagi warga sekitar,” imbuhnya.

‘’Mari gebyarkan MTQ di tahun selanjutnya, bukan hanya jadi juara melainkan silaturahim, kolaborasi, dan kebersamaan serta peningkatan kualitas keimanan yang akan dituju,’’ kata Iskandar.

Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda OKI, Syamsudin SHi mengatakan, selain jadi ajang syiar Al qur’an gelaran MTQ juga untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah di Kabupaten OKI.

“Sebagai tuan rumah tentu Kecamatan Pampangan merasa berbangga bersama masyarakat, kami akan sekuat tenaga melayani semua kafilah,” ujar dia.

Syamsudin juga berterimakasih atas dukungan dan peran kolaborasi dan silaturahmi dari semua pihak atas penyelenggaraan MTQ kali ini. “Nilai kebersamaan persaudaraan dan persaudaraan muncul. Bahkan tahun ini dukungan dari berbagai sponsor dunia industri dan usaha berkolaborasi,” sebutnya.

Senada, pimpinan Ponpes Al Furqon Pampangan KH Khoiri HZ yang mengaku terhormat telah dipercaya sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten OKI 2020. “Kami akan berusaha memberi yang terbaik dan tentu menjadi tuan rumah yang baik,” tandasnya. (Adv Diskominfo Kab OKI)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73344)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61079)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52833)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20941)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16418)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15683)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15320)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15017)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14851)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11444)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya