Senin, 24 Februari 2020 - 06:25:44 WIB
Kepala Inspektorat Sumbar Pecat Oknum ASN, Diduga Tilep Dana Masjid Raya Rp 1.5 MKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 60 kali

Baca Juga:Terkait DAC 2010 Sekdakab Tulungagung Didatangi Penyidik PolresPenyalahgunaan Narkoba Meningkat, BNK Majalengka MandulPat Gulipat Sertifikat di BPN SidoarjoPutusan PN Pangkep Kecewakan Korban

Padang, Jaya Pos

Setelah menjabat enam tahun sebagai bendaharawan, akhirnya terungkap kebobrokan oknum ASN di Kantor Gubernur Sumatera Barat yang ber­inisial RTN . Diduga oknum tersebut tilep dana senilai Rp 1.5 miliar. Dana itu bersumber dari sumbangan Masjid Raya serta Badan Amil Zakat (BAZ).

Terbongkarnya sikap prilaku oknum yang bobrok itu, diakhir tahun 2019. Karena pengurus masjid menemukan kejanggalan penggeluaran keuangan masjid, sehingga pengurus langsung mempertanyakan ke Sekretariat Pemerintah Provinsi (Pemprov) karena masjid raya tersebut masih dibawah penggelolaan Pemprov melalui Bina Biro Mental dan Kesra Sekretariat Provinsi (Setdaprov). .

Sejak tahun 2013 , oknum RTN diberi amanah jabatan tersebut sebagai bendahara. Selain menggelola dana APBD, termasuk sumbangan untuk Masjid Raya Sumatera Barat dan dana Badan Amil Zakat, sehingga jabatan oknum over lapping.

Kepala Inspektorat Provinsi Sumbar, H.Mardi jelaskan pada wartawan dana senilai Rp 1.5 milliar terdiri dari pos dana BAZ, sumbangan masjid dan APBD. Oknum RTN tidak bisa mempertanggung jawabkan dana tersebut. Setelah adanya laporan dari penggurus masjid, Inspektorat langsung menindak lanjuti dengan mengintrogasi oknum.

“Berdasarkan pengakuan RTN saat diperiksa Inspektorat dengan jujur mengaku dana sumbangan digunakan keperluan pribadi dan untuk berfoya- foya. Dan, Inspektorat telah merekomendasikan dan menyarankan pada pengurus masjid untuk ditindaklanjuti proses hukum, karena terindikasi pengelapan,” ungkap H. Mardi.

Sementara pengurus mas­jid, Yulius Said pada war­tawan mengaku tidak tau banyak, adanya indikasi pengelapan dana bantuan masjid, “Selama ini saya hanya melaporkan keuangan setiap shalat Jum”at . Dan data sumbangan yang sudah ma­suk ke masjid raya selama ini, data tersebut adanya di Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov dan oknumlah yang menggelola keuangannya sejak tahun 2013,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial, Pro­vinsi Sumbar, H.Jumadi saat dihubungi lewat whatsapp- nya, Kamis (20/2), melalui pesan singkatnya Jumadi berkomentar, sejak diketahui hal perbuatan tersebut langsung diproses untuk dinonaktifkan sebagai bendahara di Biro Bintal dan Kesra.

Konfirmasi dengan Kepala Inspektorat Provinsi Sumbar H. Mardi lewat whatshapp nya Kamis (20/2), “Sanksi yang diberikan pada oknum atas perbuatan bejatnya, telah dipecat dari jabatannya selaku bendahara sesuai aturan kepegawaian dan nanti setelah diproses penegak hukum dan diputus pengadilan dia pasti diberhentikan dari Aparat Sipil Negeri (ASN),” tegas Mardi .(YET)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73334)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61078)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52832)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20939)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16417)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15682)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15320)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15017)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14850)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11443)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya