Selasa, 25 Februari 2020 - 07:35:56 WIB
Syafril Miliki 9 Anak Sarjana Salah Satunya Wabup SijunjungKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 45 kali

Baca Juga:Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba di Kecamatan Bulok DigelarBantuan Sapi Digelontorkan, Bau Tidak Sedap Limbah Kotoran Sapi Resahkan Warga Terkait DAC 2010 Sekdakab Tulungagung Didatangi Penyidik PolresPenyalahgunaan Narkoba Meningkat, BNK Majalengka Mandul

Sijunjung, Jaya Pos

Pendidikan bagi anak harus menjadi prioritas, sebab dengan ilmu si anak akan bisa menentukan masa depannya masing-masing. Hal ini pulalah yang dilakukan Syafril (80), bapak dari sembilan anak yang berhasil mengantarkan putra-putrinya menjadi sarjana dan sukses dalam bidang masing-masing. 

Ketika ditanya tentang keberhasilannya, mantan Kepala Kantor Departemen Pendidikan (Kandep) tingkat kecamatan (saat ini sudah ditiadakan), ini mengatakan, soal pendidikan bagi anak-anak adalah hal yang menjadi keharusan, sebab tanpa pendidikan maka anak akan bingung di hari tuanya, karena tidak memiliki apa-apa. Namun sebaliknya, jika si anak sudah bermodal ilmu, keterampilan, dan akhlak baik, akan mudah menentukan masa depannya,” ujarnya ketika ditemui Jaya Pos, belum lama ini.

Syafril dengan latar belakang seorang guru yang dulunya tamatan SGB (Sekolah Guru Bantu) dan kemudian dilajutkan dengan SGA (Sekolah Guru Atas), termasuk seorang bapak yang dibilang berhasil dalam mendidik anak-anaknya sehingga kesembilan anaknya sarjana dan seluruhnya bekerja. 

Berbicara pengalaman masa lalu, H Syafril yang berawal jadi guru tahun 1960an itu betistrikan Roslidar yang juga guru. Dari hasil perkawinannya itu, ia punya anak 7 orang  putra-putri. Dari sini, Syafril mengarungi kehidupan bersama, dengan prestasi kerjanya yang terus naik. Betapa tidak, dari guru menjadi pemilik sekolah, dan menjadi Kandep di Sumpur Kudus tahun 1992 dan terakhir bertugas di Kupitan dengan jabatan sama hingga pensiun tahun 1997.

Dalam mengarungi kehidupan bahtera rumah tangga, tahun 1986 istrinya meninggal dunia, dengan meninggalkan 7 putra-putri. Mengingat hari tua akan ditempuh, Syafril atas izin anak-anaknya, menikah lagi dengan mempersunting gadis desa bernama Erdawati, kelahiran 1968.

Syafril yang kini berusia 80 tahun dengan kondisi sehat, dan suatu obat mujarab baginya, sehubungan kesembilan putra-putrinya tidak ada yang tidak menempuh pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Bahkan anak-anaknya banyak yang sudah menduduki kursi jabatan yang tinggi. 

Kesembilan anak H Syafril yang memiliki gelar akademik  di depan dan belakang namanya itu, seperti dari istri pertamanya, Ifnaldi SPd,  Noviandri SIP MPd, Kapten Kafeleri Rifolmi, Feri Desmarera SH,  Dra Rina Devita Eka Putri MM, Arival Boy (saat ini Wabup Sijunjung), Helda AMd. Dan dua orang dari istri mudanya yaitu Elza Wira Traysea SKom dan Erlambang Nuangga, tamatan D1 Komputer. 

Berbicara tentang keberhasilan H Syafril dalam memimpin keluarga, ia mengutarakan, hal yang dilakukan dalam mendidik anak-anak adalah mengutamakan pendidikan mereka, disiplin dan menanamkan nilai agama dan adat. “Akan lebih penting membatasi pergaulan mereka sebelum dewasa, karena kebebasan akan berdampak buruk dan merusak kepribadian anak-anak kita nantinya,” kata bapak yang dijadikan masyarakat luas sebagai inspirator dalam melahirkan generasi yang berkualitas dan bermar­tabat.(Can)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73339)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61078)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52832)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20939)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16417)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15682)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15320)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15017)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14850)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11443)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya