Sabtu, 10 November 2012 - 06:46:17 WIB
Panen Raya Cabe Merah Keriting di Kecamatan DayunKategori: Riau - Dibaca: 577 kali

Baca Juga:Lurah Kutoanyar Kab Tulungagung Mainkan Dana 84 Juta PertahunDua Regulasi Menteri Picu Keresahan ImportirKepala Sekolah SMK 6 Perkapalan Bulukumba Kerjakan Proyek "Siluman" Senilai Miliaran RupiahOknum di SDN 1 Suka Mulia Diduga Lakukan Pungli

Siak, Jaya Pos

Wakil Bupati (Wabup) Siak H Alfedri bersama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistanak) Kab Siak, Hj Rubiati dan Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Amin Budyadi melakukan panen raya cabe merah, di Desa Dayun Kecamatan Dayun. Turut hadir pada kesempatan tersebut Camat Marwoto dan kepala desa Dayun.

Terobosan budidaya tanaman cabe merah yang dilakukan anggota kelompok tani di Eri Ersada ini sangat tepat, ketika harga cabe tinggi yakni mencapai Rp 20 ribu/kilogram. “Kami berharap agar budidaya tanaman cabe ini bisa dikembangkan dan terus di tingkatkan lagi produksinya,” kata Wabup.

Wabup mengungkapkan bahwa untuk bantuan penanaman cabe di areal lebih kurang 1 hektar  yang merupakan dana bantuan sosial yaitu dana APBN sebesar Rp10 juta langsung pada kelompok tani, sekitar 30 hektar yang dibantu oleh Bansos. “Banyak juga bantuan lain dari APBN baik di bidang perternakan, perikanan dan pertanian,” ujarnya.

“Kita juga banyak membantu dalam sektor pertanian secara luas tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi petani, dan untuk memajukan petani sesuai dengan visi di tahun 2011-2016 yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Siak sejahtera, sehat dan cerdas di dalam masyarakat yang agamis dan sejahtera,” katanya.

Dalam penanggulangan kemiskinan, pemkab tingkatkan pada masyarakat yang belum mapan sekitar 17 ribu Kelapa Keluarga (KK) yang rentan pada angka kemiskinan dan diantaranya sekitar 6.900 KK tergolong kurang mampu. Hal ini adalah bagian dari penanggulangan kemiskinan sehingga alokasi anggaran dalam bidang pertanian diupayakan untuk ditingkatkan dari tahun sebelumnya baik dalam bidang perkebunan peternakan, pertanian, serta perikanan.

“Pada kesempatan ini akan kami kenalkan replanting kebun sawit pada 15 desa dan luas 15 hektar yang akan kita laksanakan nantinya. Inilah usaha kita bagaimana mengalokasi anggaran dimana anggaran semakin besar untuk penangulangan kemiskinan di masa yang akan dating,” ujarnya.

Wabup mengharapkan, Dayun merupakan sentral produksi untuk sayur-sayuran, disamping agar masyarakat dapat memanfaatkan perkarangan rumahnya dengan bercocok tanam.

Wabup juga menyerahkan secara simbolis bibit sayur-sayuran, sapi sebanyak 45 ekor untuk Kecamatan Dayun terdiri dari dua desa, yaitu Desa Merangkai sebanyak 23 ekor dan Desa Lubuk Tilam 22 ekor, serta mesin hand tractor 1 unit.AD


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (116546)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (87981)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (42728)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (26222)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (24751)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (22530)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (19586)Gurame PJTV Ajang Penyaluran Artis Penyanyi (16785)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (14565)Dilaporkan Ke KPK, Pejabat DKI Korupsi Tanah Rp 49 Miliar (12374)
Bedah JayaposTerkait Kasus Gas Elpigi 3 KG, Andar Minta Megawati Batalkan Rapidin Cabup SamosirSamosir, Jaya Pos Dugaan kasus bisnis ilegal gas 3 kg yang melibatkan Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Samosir ...


Polres Bogor Selidiki Dugaan Korupsi Lelang Megaproyek GOR PakansariBank BNP Digugat, Tabungan Nasabah Raib Rp 2,3 MPenyebab Anggota Dewan Segel Kantor DPRD OKUProyek Bandara Rahadi Oesman Ketapang TA 2014 Senilai Rp 19 Miliar Diduga DikorupsiPengadaan Mamin Diduga Fiktif di Dinsos Provinsi JatimDana Pemeliharaan Pamsimas Diduga Ditilep Oknum DesaLanggar PP Nomor 109 Tahun 2012, Perusahaan Rokok Pasang Baliho Tanpa Pesan 'Merokok Membunuhmu'
Laporan KhususBayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn Oleh : Alexander Sibarani (Wartawan Harian Jaya Pos) Atas pengakuan Ira pula, diketahui selain penganiayaan, ...


KPUD Musi Rawas Lantik 597 Anggota PPSJelang Pilkada, PPK Se-Kabupaten Musi Rawas dilantikDPD KNPI Lamteng Gelar Audiensi Dengan DPRD KabupatenAku Pulang Membawa Anak Haram (Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn 5)Tanam Pohon, Lingkungan Asri Kerja NyamanBupati Padang Pariaman Diusulkan Dapat Satya Lencana Pembangunan Koperasi dan UMKMAku Kabur Menghindari Nafsu Setan Majikanku (Nestapa Pahlawan Devisa Dinegeri Orang Bgn 4)