Sabtu, 10 November 2012 - 06:46:17 WIB
Panen Raya Cabe Merah Keriting di Kecamatan DayunKategori: Riau - Dibaca: 380 kali

Baca Juga:Lurah Kutoanyar Kab Tulungagung Mainkan Dana 84 Juta PertahunDua Regulasi Menteri Picu Keresahan ImportirKepala Sekolah SMK 6 Perkapalan Bulukumba Kerjakan Proyek "Siluman" Senilai Miliaran RupiahOknum di SDN 1 Suka Mulia Diduga Lakukan Pungli

Siak, Jaya Pos

Wakil Bupati (Wabup) Siak H Alfedri bersama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistanak) Kab Siak, Hj Rubiati dan Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Amin Budyadi melakukan panen raya cabe merah, di Desa Dayun Kecamatan Dayun. Turut hadir pada kesempatan tersebut Camat Marwoto dan kepala desa Dayun.

Terobosan budidaya tanaman cabe merah yang dilakukan anggota kelompok tani di Eri Ersada ini sangat tepat, ketika harga cabe tinggi yakni mencapai Rp 20 ribu/kilogram. “Kami berharap agar budidaya tanaman cabe ini bisa dikembangkan dan terus di tingkatkan lagi produksinya,” kata Wabup.

Wabup mengungkapkan bahwa untuk bantuan penanaman cabe di areal lebih kurang 1 hektar  yang merupakan dana bantuan sosial yaitu dana APBN sebesar Rp10 juta langsung pada kelompok tani, sekitar 30 hektar yang dibantu oleh Bansos. “Banyak juga bantuan lain dari APBN baik di bidang perternakan, perikanan dan pertanian,” ujarnya.

“Kita juga banyak membantu dalam sektor pertanian secara luas tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi petani, dan untuk memajukan petani sesuai dengan visi di tahun 2011-2016 yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Siak sejahtera, sehat dan cerdas di dalam masyarakat yang agamis dan sejahtera,” katanya.

Dalam penanggulangan kemiskinan, pemkab tingkatkan pada masyarakat yang belum mapan sekitar 17 ribu Kelapa Keluarga (KK) yang rentan pada angka kemiskinan dan diantaranya sekitar 6.900 KK tergolong kurang mampu. Hal ini adalah bagian dari penanggulangan kemiskinan sehingga alokasi anggaran dalam bidang pertanian diupayakan untuk ditingkatkan dari tahun sebelumnya baik dalam bidang perkebunan peternakan, pertanian, serta perikanan.

“Pada kesempatan ini akan kami kenalkan replanting kebun sawit pada 15 desa dan luas 15 hektar yang akan kita laksanakan nantinya. Inilah usaha kita bagaimana mengalokasi anggaran dimana anggaran semakin besar untuk penangulangan kemiskinan di masa yang akan dating,” ujarnya.

Wabup mengharapkan, Dayun merupakan sentral produksi untuk sayur-sayuran, disamping agar masyarakat dapat memanfaatkan perkarangan rumahnya dengan bercocok tanam.

Wabup juga menyerahkan secara simbolis bibit sayur-sayuran, sapi sebanyak 45 ekor untuk Kecamatan Dayun terdiri dari dua desa, yaitu Desa Merangkai sebanyak 23 ekor dan Desa Lubuk Tilam 22 ekor, serta mesin hand tractor 1 unit.AD


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (112974)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (81894)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (14205)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (9497)Dilaporkan Ke KPK, Pejabat DKI Korupsi Tanah Rp 49 Miliar (8105)Masyarakat Tapanuli Tengah Demo Didepan Kantor KPK Minta Ketua KPK Tangkap Bonaran Situmeang (7977)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (7320)Harian JAYA POS (6519)Demo di Kantor Bupati Tapteng, Minta Bonaran Situmeang Segera Ditangkap (6345)Demo di Jakarta dan Tapteng Desak Tangkap Bonaran Situmeang (6093)
Bedah JayaposDiduga Proyek Bermasalah 3 LSM Laporkan ke KPKBantaeng, Jaya Pos Kegiatan reklamasi proyek dari Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga ...


Kejaksaan Akan Usut Dugaan Korupsi PDAM TirtaweningProyek peningkatan Sistem Lalu Lintas Kapal di Dumai, Publik Pertanyakan Bentuk Proyek dan KeberadaaAhli Waris Keluarga Tiga Menteng, Menuntut Pembayaran Ganti Rugi Lahan SDN No 14 dan 41Putihkan 5.000 Ha Sawit Ilegal Milik PT. BGA Group, Pejabat Ketapang Diisukan Terima Fee Rp 40 M52 unit Perumahan Dibangun PT Erminta Diduga Tanpa IMBButuh Perhatian Kapoldasu, Pemerasan dan Perampokan Marak di JalinsumDiduga Manager PT. PAL Main dengan Mafia Tanah
Laporan KhususJokowi - JK deklarasikan kemenangannya di Sunda KelapaJakarta, Jaya Pos Setelah Komisi Pemilihan Umum Pusat Jakarta, Selasa Malam, menetapkan Joko Widodo dan ...


"Ida Hinadenggan ni Angka na Sarohai"Tradisi Budaya Mudik Tradisi Mudik Bagi Kaum PerantauQuck Count dari Berbagai Lembaga Survei, Pasangan Jokowi-JK Unggul SementaraKelompok Tani Pribumi Kalbar Dukung Jokowi-JK Jadi Presiden RIGerakan Batak Bersatu Dukung Jokowi-JKBudaya Adat Totokng Simpang Pasir Dukung Jokowi-JKPuisi Gejolak Asmara & Kaca Oleh: Sarah Engeline Joseph.