Sabtu, 14 Maret 2020 - 06:48:10 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 94 kali

Baca Juga:Jalan Nagari Lakitan Timur Penghasil Beras Rusak ParahDisorot Media, Baliho Bupati dan Wabup Tasikmalaya DigantiDiduga Tidak Sesuai Bestek, Pelebaran dan Rehabilitasi Jalan KH Muchtar TabraniWalikota dan Irbanko Takut, Sita Damayanti Empat Bulan Pelajari Sekaligus Petieskan Surat Warga

Pekanbaru, Jaya Pos

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu Terpadu (DPMSPT) atau yang lebih dikenal dengan Mal Pelayan Terpadu (MPP) Kota Pekanbaru merayakan ulang tahun perdana, Rabu (11/3/20) dimulai pukul 09.00 wib. Perayaan ulang tahun MPP Kota Pekanbaru digelar di halaman kantor MPP, Jl Jend Sudirman.

Rangkaian acara pada perayaan HUT MPP, sekaligus meresmikan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang sebelumnya berkantor di Jl Mustapa Sari Kecamatan Bukit Raya, saat ini berada di Jl Jend Sudirman, eks kantor Walikota Pekanbaru.

Hadir pada acara tersebut, Menpan RB Dr Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri Jenderal (Purn) Tito Karnavian diwakili Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH selaku Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Wakil Gubernur Riau Brigjen (Purn) Edinatar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi dan sejumlah pejabat Riau lainnya.

Pada kesempatan tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara- Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan, Mal Pelayanan Publik dirancang sebagai bagian dari perbaikan menyeluruh dan transformasi tata kelola pelayanan publik. “Penyederhanaan prosedur untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” sebutnya.

Menurut Tjahjo, dari semula pelayanan publik yang ada di Indonesia, Mal Pelayanan Pekanbaru yang terbaik di Indonesia. “Kita harus bangga, MPP Pekanbaru adalah contoh pusat pelayanan publik yang ada di seluruh Indonesia,” katanya.

Kemudian iapun mengingatkan, MPP  selain peningkatan inovasi dalam berbagai jenis layanan, kualitas layanan juga harus ditingkatkan untuk melayani penduduk kota Pekanbaru yang saat ini mencapai 1.2 juta jiwa.

Mantan Menteri Dalam Negeri ini menilai, MPP Pekanbaru memberi pengaruh positif bagi investasi. MPP harus berinovasi secara terintegritas sesuai perkembangan teknologi untuk mendukung investasi Indonesi.

Tjahjo mengakui, dirinya merasa sangat bahagia dan bangga pada momen ini, karena saat ini MPP terbaik itu ada di Sumatera, yaitu di Pekanbaru.  “Saya sangat merasa bangga pada momen ini karena  MPP terbaik itu ada di Sumatera yaitu di Pekanbaru,” ujarnya.

Karena itulah, Kumolo berharap, Pada Pemerintak Kota Pekanbaru  secara khusus jajaran  MPP Pekanbaru yang saat ini  sebagai contoh pelayanan bagi Indonesia  harus terus berbenah dan berinovasi.

Ia  juga menekankan kepada pemerintah kota dalam hal ini Walikota  Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT untuk bekerja sama serta   menggandeng pihak-pihak terkait lainnya, seperti perbankan dan lembaga lain untuk ikut masuk dalam peran pelayanan di MPP. “MPP tidak bisa berdiri sendiri, harus bersinergi de­ngan seluruh stake hol­der untuk bisa memberi pelayanan maksimal,” katanya.

Ia memberi RSPAD se­bagai contoh kongkrit. Dimana RSPAD adalah rumah sakit institusi militer. Kendati sebagai rumah sakit militer namun bisa menjadi rumah sakit dengan kualitas pelayanan terbaik. Dan terbaik di Indonesia juga saat ini. “Jadi, mari bersinergi untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” himbau Tjahjo.

Wakil Gubernur Riau Brigjend (Purn) Edi Natar Nasution memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pekanbaru atas capaian MPP yang mampu meraih predikat sebagai OPD terbaik nasional dan merupakan percontohan bagi pelayanan di Indonedia. “Saya bangga atas prestasi yang dicapai oleh Pemkot Pekanbaru, MPP mampu mencapai prestasi yang saat ini menjadi percontohan di Indonesia. Tentunya akan berdampak pada pertumbuhan investasi yang lebih baik bagi bangsa kita,” ujar Natar.

Senada dengan itu, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT menyebutkan, kehadiran Mal Pelayanan Terpadu Pekanbaru dirancang untuk mempermudah akses layanan perizinan. Hal ini juga untuk  mendorong iklim investasi yang positif sehingga para investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri semakim mudah dalam mengurus izin.

“Peningkan pelayanan di MPP mendukung peningkatan investasi yang berdampak pada peningkatan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Menteri PAN RB memberikan piagam momen HUT Perdana MPP. Piagam diterima langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT didampingi M Jamil, selaku Kepala Dinas DPMPSPT dan sejumlah pejabat lainnya.

Menpan RB juga memberikan potongan nasi tupeng perayaan ultah MPP kepada Walikota Pekanbaru Firdaus, kemudian kepada M Jamil.
Usai acara Menteri PAN RB didampingi Dirjen Dukcapil Prof Zudan Arif Fakhrullah, Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjend Pol Agung Setia Imam Efendi, Walikota Pekanbaru Firdaus, Wakil Walikota Ayat Cahyadi, Sekda M Noer, Kepala DPMPTSP Muhammad Jamil dan Kepala Dinas Dukcapil Irma Novrita meninjau langsung stan pelayanan di MPP dan Disduk Capil.

Tjahjo Kumolo menyempatkan diri untuk berdialog dengan para petugas setiap stand pelayanan di MPP maupun di stand pelayanan Distarduk. Begitu juga dengan masyarakat yang datang dalam berbagai urusan, Tjahjo Kumolo menyempatkan diri untuk berdialog. 

Pada momen tersebut Kepala Dinas Penanaman Modadal Pelayanan Satu Pintu Terpadu memberikan paparan secara terinci setiap stand pelayanan yang ada di MPP kepada Menpan RB dan rombongan. 

Menpan RB sangat antusias memperhatikan setiap detail pelayanan di MPP tersebut. Demikian juga dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Irma Novrita SSos MSi mengajak Menteri untuk melihat layanan di OPD nya. Irma juga memaparkan setiap detail pelayanan. Bahkan Kapolda Riau Irjend Pol Agung Setia Imam Efendi menyempatkan diri untuk membuka aplikasi Dasboard Lancang Kuning di salah satu Stand MPP.

Usai meninjau fasilitas dan layanan MPP di setiap stand, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian dalam Negeri yang mewakili Mendagri Tito Karnavian, Prof Zudan Arif Fakhrullah, kagum dan  memuji komitmen Walikota Pekanbaru  sebagai pusat layanan terlengkap dan terbaik.

Ia juga menyempatkan diri berdialog langsung kepada sejumlah pengunjung di pelayanan Distarduk. “Mal Pekanbaru luar biasa. Ini adalah jawaban dari kebutuhan masyarakat atas pelayanan publik. Saya sudah masuk ke dalam MPP dan melihat setiap detail,” katanya.
Usai meninjau fasilitas dan layanan di Mal Pelayanan Terpadu Kota Pekanbaru, sekitar pukul 11.30 wib Menpan RB bersama rombongan, berangkat ke Jakarta.(Tun)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72279)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61055)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52810)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20586)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16393)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15662)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15311)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14831)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11332)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya