Kamis, 19 Maret 2020 - 07:12:02 WIB
Disnakan Ciamis Sosialisasi Makan Ikan Sejak DiniKategori: Pendidikan - Dibaca: 39 kali

Baca Juga:AKP H Dedi Budiana SH MH: Tingkatkan Pola Pikir Anggota Ciptakan Polisi Profesional dan ModernDiduga Banyak Proyek Fiktif dan Kongkalikong, Kadis PURT Pangkep Takut Buka Mulut3 Orang Mengaku Wartawan Tilep Uang 2,5 jutaBawa Dua Badik Untuk Jaga Diri, Tukang Parkir Digelandang Polisi

Ciamis, Jaya Pos

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ciamis sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di RA Arrohman, Jl Citapen Bangunsirna Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, Selasa (10/3).

Tampak hadir Ketua Darma Wanita Kabupaten Ciamis sekaligus Ketua Forikan Hj Kania Herdiat, Darma Wanita Disnakan, Kepala KUA Kecamatan Baregbeg, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Baregbeg dan Tim Penggerak PKK Desa Sukamaju serta Pengawas RA Kecamatan Baregbeg.

Kepala Disnakan Kabupaten Ciamis Drs H Syarief Nurhidayat MSi selepas kegiatan sosialisasi kepada para awak media mengatakan, Gemarikan merupakan bagian dari program optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan kegiatan promosi atas hasil produksi perikanan unggulan daerah yang bersumber dari APBD Kabupaten Ciamis TA 2020.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat, khususnya anak PAUD, TK dan orang tua siswa tentang manfaat konsumsi ikan sejak usia dini. Objek sosialisasi ini anak TK dan PAUD, sebab anak-anak usia dini (rentang 0-8 tahun) disebut masa Golden Age atau usia emas, di fase inilah 80% proses kecerdasan terbentuk, baik fisik maupun otak anak,” kata H Syarief.

Dikatakannya, dari Gemarikan ini diharapkan dapat mendongkrak Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Ciamis, yang relevan dengan peningkatan produktivitas masyarakat, sehingga masyarakat gemar mengkonsumsi ikan sebagai menu utama sehari-hari. “Semoga apa yang kita laksanakan, dapat menambah pengetahuan mengenai manfaat gizi ikan bagi anak, guru dan orang tua siswa, guna mendukung pencapaian visi Ciamis, yaitu mantapnya kemandirian perekonomian sejahtera untuk semua. Masyarakat bisa sejahtera apabila anak tumbuh sehat, kuat, cerdas, salah satunya dengan mengkonsumsi ikan,” kata H Syarief.

Senada diungkapkan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Ciamis Hj Kania Herdiat bahwa kalau makan ikan itu enak, mudah didapat, harganya murah dan baik untuk kesehatan. “Kelebihan makan ikan kandungan gizi ikan ada asam lemak yang tidak jenuh, penyerapan lebih tinggi dari pada daging, ini sangat penting untuk perkembangan sel-sel otak, biar anak jadi pintar,” ungkapnya.

Hj Kania berpesan pada para orang tua, agar menu makanan di meja diperhatikan, satu minggu sekali di meja harus ada ikan, biar gizi anak bagus. “Saya berharap info gemarikan ini disebarluaskan lagi ke tetangga, saudara-saudara kita, dan yang lainnya,” pesan wanita yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang menjadi komponen utama dalam hal penyediaan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, kompetitif serta berkarakter maka pembangunan dan pembinaan fisik serta mental harus dimulai dari keluarga, pemberian nutrisi dan gizi yang baik pada anak harus dimulai sejak dari dalam kandungan hingga usia balita dimana perkembangan fisik dan mental anak pada fase ini pesat sekali.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72295)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61055)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52810)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20590)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16393)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15662)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15311)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14831)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11333)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya