Kamis, 19 Maret 2020 - 08:29:13 WIB
Kapolres Melawi : Cuka Kayu Solusi KarhutlaKategori: Kalimantan Barat - Dibaca: 39 kali

Baca Juga:AKP H Dedi Budiana SH MH: Tingkatkan Pola Pikir Anggota Ciptakan Polisi Profesional dan ModernDiduga Banyak Proyek Fiktif dan Kongkalikong, Kadis PURT Pangkep Takut Buka Mulut3 Orang Mengaku Wartawan Tilep Uang 2,5 jutaBawa Dua Badik Untuk Jaga Diri, Tukang Parkir Digelandang Polisi

Melawi, Jaya Pos

Polres Melawi, Polda Kalbar melalui Satbinmas Polres Melawi menggelar kegiatan sosialisasi pembuatan cuka kayu untuk membuka lahan tanpa membakar. Mengambil tempat di Aula Tri Brata Mapolres Melawi, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H, Kamis (12/3/2020).

Kegiatan ini merupakan program ‘Polisi Sahabat Petani’. Dengan tema “Mari Kita Jaga Alam, Maka Alam Akan Jaga Kita”. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kabag Ops Polres Melawi Kompol Dedy F. Siregar, S.I.P., M.A.P, Kasat Binmas AKP TP. Marbun, Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Melawi, Tim DaOps Manggala Agni Sintang, Penyuluhan Pertanian Lapangan Kabupaten Melawi, Para Bhabinkamtibmas dan Masyarakat Kelompok Tani Kecamatan Nanga Pinoh.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi,dalam.kesempatan tersebut, menyampaikan :”Penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), saat ini dianggap lebih strategis diatasi dengan upaya memperkuat pencegahan daripada upaya penanganan seperti yang selama ini dilakukan.

Melalui pengembangan produk cuka kayu ini diharapkan dapat mengurangi potensi pembakaran lahan. Melalui teknologi sederhana yang dikembangkan oleh Manggala Agni Daerah Opwerasi Pontianak ini, limbah biomassa yang dihasilkan dari pembersihan lahan dapat dikelola dengan baik dan menghasilkan produk yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Program pemanfaatan alam cuka kayu, “Saya berharap, para Bhabinkamtibmas dan masyarakat kelompok tani dapat menyampaikan serta mempraktekkan kembali di desanya masing-masing dan disosialisasikan secara menyeluruh kepada masyarakat cara membuat cuka kayu yang kegunaannya untuk menjadikan pupuk tanaman. Selain pupuk, juga dapat digunakan sebagai pestisida, pengental karet, obat luka hingga sebagai bahan pengawet makanan,” ungkapnya.

“Pembuatan cuka kayu ini merupakan salah satu alternatif usaha masyarakat desa dalam praktek pembukaan lahan ditingkat tapak yang bermanfaat dan sekaligus dapat menekan potensi terjadinya Karhutla,” jelasnya.

Pada acara program ‘Polisi Sahabat Petani, tersebut Kapolres Melawi ramah terhadap masyarakat ini menekankan, nantinya yang akan ditunjuk sebagai pilot projek kepada kelompok tani yang dibina oleh para Bhabinkamtibmas. kepada masyarakat kelompok tani setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan dapat diimplementasikan di desanya masing-masing dan dibantu oleh para Bhabinkamtibmas untuk disosialisasikan kemasyarakat secara menyeluruh.

”Semua pihak harus serius mengatasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), baik yang disengaja (berladang) maupun tidak disengaja (faktor alam). Polri juga beberapa hari yang lalu sudah meluncurkan aplikasi “Lancang Kuning” diharapkan para Bhabinkamtibmas dan relawan dapat mendownloadnya (aplikasi), melalui aplikasi ini, diharapkan dapat dengan segera mengatasi kebakaran hutan dan lahan secara khusus di Kabupaten Melawi ini,” tuntas Kapolres.

Selanjutnya, praktek pembuatan cuka kayu olah Manggala Agni DaOps (Daerah Operasi) dibelakang Aula Tri Brata Mapolres Melawi, disaksikan oleh seluruh peserta dan para Bhabinkamtibmas serta dilakukan dialog dan tanya jawab selama kegiatan pembuatan cuka kayu berlangsung.(Pangaribuan)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72284)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61055)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52810)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20587)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16393)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15662)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15311)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14831)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11333)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya